Butuh Strategi Cerdik, Gini 5 Tips Agar Bisnis Sewa Apartemen Hasilkan Banyak Uang!

4 menit
sewa apartemen
Bisnis sewa apartemen. (Shutterstock)

Sewa apartemen menjadi salah satu bisnis yang kini banyak dilirik para pengusaha untuk menghasilkan pundi-pundi kekayaan. Pasalnya, tak bisa dipungkiri kalau banyak masyarakat urban yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen dibanding kost atau kontrakan.

Pasalnya, tinggal di apartemen dianggap lebih privacy dan umumnya menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari tempat gym hingga kolam renang.

Untuk kisaran harga sewa apartemen pun beragam. Ada yang murah di bawah Rp 5 juta per bulan. Namun ada juga yang harga sewanya di atas Rp 10 juta. Tergantung dari lokasi dan fasilitas yang ditawarkan.

Jadi, semakin strategis lokasi dan semakin mewah apartemennya, maka harganya pun tentu saja akan semakin mahal.

Peluang meraup kekayaan dari sewa apartemen ternyata juga dimanfaatkan oleh banyak orang. Mereka membeli unit apartemen untuk mendapat keuntungan dengan disewakan.

Meski begitu, menjalankan bisnis sewa apartemen itu bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus kamu perhatikan. Salah satunya adalah strategi yang cerdik agar kamu bisa menghasilkan banyak uang dari bisnis sewa apartemen.

Bagaimana caranya? Berikut lima di antaranya: 

Baca juga: Jadi Girlband Terkaya di Korea, Begini Potret Apartemen Mewah Blackpink Seharga Rp 24 Miliar

1. Lokasi strategis

sewa apartemen
Pilih lokasi yang strategis. (Shutterstock)

Saat memutuskan untuk menjalankan bisnis sewa apartemen, maka hal penting yang harus kamu perhatikan adalah memiliki lokasi yang strategis.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa semakin strategis lokasinya, maka semakin besar pula biaya sewa apartemen yang bisa kamu patok.

Beberapa faktor seperti fasilitas, pembangunan daerah dan lokasi merupakan faktor penting dalam memilih apartemen. Gabungan beberapa faktor tersebut bisa menjadi nilai jual yang sangat dipertimbangkan loh.

Gak perlu jauh-jauh, harga sewa apartemen di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan tentu akan lebih mahal ketimbang apartemen di daerah Kalibata, Jakarta Selatan. Meskipun keduanya sama-sama berada di wilayah Jakarta Selatan.

Baca juga: Jauh dari Kesan Mewah, Begini Potret Apartemen Richard Kyle yang Minimalis Abis!

2. Menentukan target pasar

sewa apartemen
Tentukan target pasar. (Shutterstock)

Langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar, apakah untuk orang lokal atau ekspatriat. Dari situ kamu bisa membeli tipe apartemen seperti apa yang sekiranya tepat untuk target pasarmu.

Selain itu, kamu juga bisa membaginya sesuai dengan tipe apartemen. Umumnya, apartemen memiliki beberapa tipe yaitu studio, 1BR (bedroom), 2BR hingga 3BR.

Misalnya, kalau kamu memiliki apartemen tipe studio sebaiknya disewakan untuk penyewa yang masih sendiri. Jadi jangan menawarkan ke konsumen yang sudah berpasangan apalagi memiliki anak.

Jika sesuai dengan target pasar, tentu apartemen yang kamu miliki akan lebih mudah untuk disewakan.

Baca juga: Punya Lift Pribadi, Gini Potret Apartemen Maia Estianty dan Irwan Mussry yang Supermegah!

3. Melakukan renovasi apartemen

sewa apartemen
Lakukan renovasi. (Shutterstock)

Melakukan renovasi juga menjadi salah satu faktor penting agar apartemenmu cepat laku disewa orang. Pasalnya, tak bisa dipungkiri kalau para calon penyewa biasanya memiliki beberapa pilihan apartemen.

Nah, mereka juga akan sangat mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan akan menyewa unit apartemen.

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk memenangkan kompetisi adalah dengan melakukan renovasi dan upgrade apartemenmu agar terlihat semakin menarik.

Misalnya, unit apartemen milikmu tidak terlalu luas, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan furnitur yang fungsional atau mengaplikasikan cat dinding warna putih untuk memberikan kesan lega.

4. Promosi lewat online dan agen properti

sewa apartemen
Promosikan lewat agen properti atau online. (Shutterstock)

Di era yang sudah serba digital, kebanyakan orang sudah melakukan apapun hanya dengan mengandalkan smartphone dan internet. Hal ini juga dilakukan saat mencari apartemen.

Karena itu kamu bisa memanfaatkannya dengan mempromosikannya lewat online. Bisa dengan memaksimalkan sosial media pribadi kamu, maupun lewat situs yang memang khusus untuk sewa apartemen.

Agar lebih maksimal, kamu juga bisa meminta bantuan agen properti untuk mengiklankan unit apartemenmu yang ingin disewakan. Memang ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan. Tapi dengan minta bantuan jasa agen properti, tentu unitmu akan lebih cepat laku disewa orang.

5. Seleksi calon penyewa

sewa apartemen
Harus selektif pilih calon penyewa. (Shutterstock)

Yang terakhir adalah dengan menyeleksi calon penyewa. Pasalnya, jika kamu asal menerima maka bisa sangat berisiko untuk apartemenmu ke depannya.

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui adalah pastikan kalau calon penyewa memiliki kartu identitas yang jelas dan masih berlaku. Tanyakan pula apa tujuan ia menyewa hingga memperhatikan bagaimana karakter dan sikapnya.

Itu dia lima strategi cerdik yang bisa kamu lakukan agar bisnis sewa apartemenmu berjalan lancar dan tentu saja menghasilkan banyak keuntungan. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.