Banner ImageBanner Image

3 Kunci Sukses Mendirikan Startup Menurut CEO Kredivo

1 menit
Shutterstock
Shutterstock

Berkecimpung di bisnis startup selama 10 tahun membuat CEO Kredivo Akshay Garg menyukai bidang ini. Kegemarannya dalam menyelesaikan masalah dengan timnya membuat Kredivo mengalami pertumbuhan eksponensial sejak 2016 lalu.

Disamping itu, ada pula beberapa hal yang Akshay anggap perlu dimiliki oleh seorang pengusaha yang bergerak di bidang startup, khususnya teknologi finansialMenurut Akshay, pengusaha startup harus fokus terhadap konsumen. Jangan hanya memikirkan cara untuk meningkatkan pendapatan atau pun modal.

“Banyak perusahaan yang terlalu fokus untuk meningkatkan pendapatan, tetapi justru kehilangan fokus terhadap konsumennya,” ujar Akshay seperti dikutip dari Wartaekonomi.oc.id.

Lalu, rencana yang dimiliki pun harus dieksekusi dengan cara yang tepat. Sebab, menurut Akshay, ada orang yang mempunyai rencana dan strategi finansial yang baik, namun tidak tahu cara mengeksekusinya.

Ia menambahkan, “Kamu harus mengeksekusi dengan baik. Sebuah pekerjaan baru dapat dikatakan rampung jika sudah dieksekusi, kalau masih dalam bentuk rencana berarti pekerjaan itu belum selesai.”

Pentingnya Budaya Kerja

Gak hanya itu, kultur kerja yang kuat juga harus diciptakan oleh pengusaha yang ingin mendirikan startup. Sebuah kultur yang kuat akan melahirkan kondisi tim yang hebat.

“Saya bukan apa-apa tanpa tim. Untuk membangun pekerjaan dengan tim yang hebat, Kamu memerlukan kultur kerja yang kuat dan baik. Sulit mendeskripsikannya. Tetapi menciptakan kultur yang kuat akan membantu untuk memulai sebuah startup,” papar Akshay lagi.

Kredivo sendiri telah berdiri sejak April 2016. Layanan pertamanya adalah pembayaran di e-commerce. Tim inti yang menjadi pionir berdirinya startup itu berjumlah enam orang, ditambah dengan tiga pendiri. Hingga saat ini, tim mereka sudah bertumbuh hingga mencapai angka sekitar 300 orang.

Jadi bagi kamu yang sedang atau ingin membangun bisnis 4.0 ini ga ada salahnya mengikuti tips dari Akshay berikut. Selamat mencoba ya, semoga bisnis kamu bisa cepat melesat layaknnya startup unicorn besar seperti Gojek atau Tokopedia.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan