Inilah Deretan Aset dan Harta yang Ditinggalkan BJ Habibie

4 menit
bj habibie
BJ Habibie. (Instagram/@b.jhabibie)

BJ Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia, meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019. Habibie menghembuskan nafas terakhirnya di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Beberapa hari terakhir, beredar kabar memburuknya kondisi kesehatan mantan Menteri Riset dan Teknologi di era Presiden Soeharto ini. Bahkan, sempat tersebar berita soal meninggalnya pria kelahiran 25 Juni 1936 tersebut yang lantas dipastikan tidak benar.

Sebagai salah satu tokoh bangsa, Habibie dikenal sebagai sosok yang amat menonjol di dunia teknologi Indonesia, terutama di bidang kedirgantaraan. Hal ini tak lepas dari sepak terjangnya dalam membangun industri pesawat terbang pertama di tanah air.

Bahkan, hingga menjelang akhir hayatnya, Habibie masih menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk menggarap proyek kebanggaan negeri ini selanjutnya, pesawat R80. Negarawan dan technopreneur sukses, hanyalah dua dari sederet kelebihan seorang Habibie.

Bicara soal aset kekayaan, media cetak bernama Asia Far Eastern Economic Review pernah melansir harta BJ Habibie mencapai US$ 60 juta atau setara dengan Rp 843 miliar. Akan tetapi, saat MoneySmart melakukan penelusuran di internet, tidak pernah ada artikel seputar kekayaan Habibie versi online. 

FEER sendiri merupakan sebuah media cetak yang berbasis di Amerika Serikat. Namun target pembacanya justru di Asia.

Sekiranya memang Habibie memiliki harta sebanyak itu, wajar saja kok. Pria yang sering tampil sederhana ini memang sukses di berbagai bidang. 

Ingin tahu apa saja aset yang dimiliki BJ Habibie dan keluarga? Yuk simak di bawah sini.

Baca juga: BJ Habibie Koleksi Kendaraan dari yang Antik Sampai Moge, Mirip Parkiran di Mal!

1. Rumah mewah BJ Habibie

bj habibie
Memiliki rumah mewah di Patra, Kuningan, Jakarta. (Instagram/@b.jhabibie)

BJ Habibie tinggal di rumah mewah yang letaknya di Patra, Kuningan, Jakarta Selatan. Rumah ini kabarnya sudah ditempati saat Habibie menjadi Dirut Pertamina tahun 1975.

Di rumah tersebut bahkan ada lukisan Habibie dan Ainun yang sedang berboncengan di atas sepeda. Lukisan itu bertulisan “Cinta Tanpa Batas.”

Memang, gak dipungkiri bahwa Ainun punya peranan mendesain rumah mewah ini. Usut punya usut, rumah yang memiliki perpustakaan besar dan Taman IPTEK ini, dicicil selama 20 tahun. 

Awalnya ini hanyalah rumah dinas. Namun Habibie terlanjur mencintai rumah ini, dan dia pun diberikan fasilitas cicilan oleh Pertamina.

Baca juga: Melihat Mobil Sport Langka BJ Habibie, Mercy 300SL Keluaran Tahun 1954

2. Koleksi mobil

bj habibie
Mobil-mobil di rumah BJ Habibie, (Youtube/Kevin Hendrawan)

Habibie memiliki garasi yang bentuknya mirip parkiran mal! Di situ terdapat mobil-mobil mewah yang sangat langka di pasaran!

Youtuber Kevin Hendrawan sempat mampir ke sana dan melakukan ‘sidak’ terhadap mobil-mobil Habibie. Alhasil, ditemukan mobil Mercedes Benz 300SL Gullwing yang diproduksi sekitar tahun 1954 – 1957. Mobil ini dirancang sebagai permintaan khusus dari seorang importir mobil Eropa di Amerika Serikat, Maximilian Hoffman. 

Selain itu, Habibie juga memiliki banyak mobil Mercy lainnya. Ada Tiger, S600 dan lainnya.

Baca juga: Bukan Insinyur! Cucu BJ Habibie Ini Pilih Jadi Juru Masak Lho

3. Koleksi moge

bj habibie
Koleksi Moge Habibie. (Youtube/Kevin Hendrawan)

Gak cuma mobil lho, motor gede alias moge juga bisa ditemukan di garasi rumah BJ Habibie. Koleksi motor itu juga terkuak di video yang diunggah Kevin Hendrawan.

Salah satu di antaranya adalah Harley Davidson Bad Boy yang mesinnya berkapasitas 1.340 cc. Motor ini kurang diminati konsumen. Harganya sendiri sekitar US$ 11 ribu atau setara dengan Rp 153 jutaan buat yang diproduksi tahun 1996.

Mengenai moge, kabarnya dulu banyak yang bilang kalau Habibie gak bisa naik motor. Tapi buktinya dia malah punya moge, dan dia mengendarai motor tersebut saat survei ke kawasan industri di pinggiran Jakarta.

4. Gedung tertinggi di RI?

bj habibie
Gedung yang konon bakal jadi tertinggi di Indonesia. (Instagram/@polluxindonesia)

PT Pollux Properti Indonesia Tbk. (POLL) menggelar sebuah megaproyek berupa gedung yang diberi nama Pollux Habibie Internasional. Proyek ini sudah dimulai sejak tahun 2016 lho.

Konon kabarnya, gedung ini bakal dimiliki oleh kedua belah pihak yaitu POLL dan keluarga Habibie.

Porsi kepemilikan POLL atas gedung ini adalah 51 persen, sementara itu keluarga BJ Habibie 49 persen. Lumayan besar walau sifatnya gak mayoritas.

Megaproyek ini dikabarkan memiliki nilai investasi sebesar Rp 14 triliun! Kabarnya, gedung ini bakal jadi yang tertinggi di Indonesia lho.

5. Perusahaan asuransi

bj habibie
Logo Malacca Trust. (Instagram/@pt.malaccatrustfinance)

Perusahaan milik keluarga Habibie menguasai 5,22 persen saham dari PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI). Perusahaan itu bernama PT. Ilthabi Rekatama yang dipimpin oleh Ilham Habibie.

Dengan porsi kepemilikan sebesar 5,22 persen, keluarga Habibie berarti memegang 79.722.302 lembar saham. Harga per lembar saham PT MTWI sekarang Rp 85 perak.

Itulah deretan aset dan harta BJ Habibie dan keluarga yang cukup fantastis. Saat ini, Habibie pun masih sibuk dengan proyek pembangunan pesawat R80 lewat PT Regio Aviasi Industri. Sayangnya perusahaan itu gak melantai di bursa saham, sulit untuk mencari tahu total asetnya. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.