Melihat Mobil Sport Langka BJ Habibie, Mercy 300SL Keluaran Tahun 1954

3 menit
BJ Habibie

Setelah Presiden Jokowi, tanggal 25 Juni kemarin giliran Presiden RI ke-3 BJ Habibie berulang tahun. Sosok yang kerap disapa Eyang Habibie ini kini genap berusia 83 tahun.

Habibie dikenal sebagai tokoh nasional yang jenius. Pendidikan sarjananya saja diraihnya di Jerman dengan mengambil spesialisasi teknik penerbangan. Dalam jangka waktu 10 tahun, dari tahun 1955-1965, ia meraih gelar sarjana sekaligus sampai doktor dengan predikat kelulusan summa cum laude. 

Setelah selesai, ia pun memantapkan diri buat  bekerja di perusahaan penerbangan di Jerman dengan waktu yang cukup lama. Beberapa penemuannya bahkan telah mendunia, seperti misalnya penemuan Faktor Habibie. Faktor Habibie berisikan teori mengenai cara mengatasi masalah keretakan pada badan pesawat yang sering mengakibatkan kecelakaan pesawat di tahun 1960-an. 

Selain itu, suami dari Ainun ini juga pernah membuatkan pesawat asli Indonesia di zaman Orde Baru yang dikenal N250. Digadang-gadang dulu rancangan ini bakal menjadi pesawat terbaik di Indonesia sehingga gak perlu lagi membeli pesawat dari luar negeri. 

Tapi sayangnya, proyek ini harus ditutup pada tahun 1996 karena krisis moneter. 

Sedikit bergeser dari karier akademis dan urusan pesawatnya, BJ Habibie ternyata juga doyan  mengkoleksi mobil-mobil antik, khususnya yang bermerek Mercedes. Dikutip dari Antara, setidaknya ada 40 mobil Mercy di garasi rumahnya di Kuningan, Jakarta. 

Salah satu koleksi mobil yang paling berkesan dan bernilai milik Habibie adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing. Simak ulasannya berikut ini seperti dikutip dari website resmi Mercedes Benz

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

Mobil sport yang dibuat tahun 1954

BJ Habibie
Mercy milik Habibie ini dibuat di tahun 1954, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mercedes Benz 300SL Gullwing ini diproduksi sekitar tahun 1954 – 1957. Mobil ini dirancang sebagai permintaan khusus dari seorang importir mobil Eropa di Amerika Serikat Maximilian Hoffman. 

Kisahnya bermula pada tahun 1950, Max membujuk Mercedes Benz mau mengeluarkan mobil sport dengan bentuk unik buat dipasarkan di pasar AS. 

Setelah melalui berbagai macam kajian mendalam, akhirnya permintaan Max itu dikabulkan. Mercedes kemudian merancang prototype 300SL Gullwing hingga akhirnya di tahun 1954 mobil ini dipamerkan di New York International Motor Sport Show. 

Mobil ini ternyata gak cuma buat di arena balap saja, melainkan bisa juga dijadikan mobil penumpang. Digadang-gadang menjadi mobil sport berpenumpang pertama di dunia. 

Baca juga: Mercedes A-Class Seharga Rp 650 Jutaan di Indonesia, Seperti Apa Tampilannya?

Body mobil yang super aerodinamis dengan pintu terbuka ke atas

BJ Habibie
Body mobil yang super aerodinamis dengan pintu terbuka ke atas, (Ilustrasi/Shutterstock).

Meski mobil yang terparkir di garasi BJ Habibie ini mobil keluaran tua, desain bodinya gak lekang oleh waktu. Bentuknya yang kecil dengan lekukan-lekukan tegas membuat mobil ini menjadi lebih aerodinamis melawan angin ketika dibawa kebut-kebutan. 

Yang paling khas dari mobil ini adalah desain pintunya. Kalau misalnya mobil biasanya dibuka ke samping, 300SL ini dibuka ke atas yang futuristik banget. 

Sebagian besar material bodi terbuat dari baja bermutu tinggi. Beberapa part seperti kap mesin, tutup bagasi, dan pintu dibuat menggunakan alumunium dengan tujuan meringankan bobot mobil. Tapi, pembeli juga bisa memesan dengan edisi khusus super ringan yang bahkan bobot mesinnya bisa lebih ringan 80 kilogram ketimbang yang seri normalnya. 

Baca juga: Ancam Usir BW di Sidang MK, Arief Hidayat Punya Karier Moncer dan Harta Rp 5 M

Mesin injeksi enam silinder super cepat 

BJ Habibie
Mesin injeksi enam silinder super cepat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mesin dari mobil BJ Habibie ini juga dinilai sebagai pelopor di dunia otomotif. Mereka telah mempelopori teknologi baru yaitu dengan mesin enam silinder dengan sistem injeksi. Dengan mesin ini, 300SL Gullwing bisa menghasilkan output sebesar 215 tenaga kuda dengan kecepatan maksimum bisa mencapai 260 km/jam. 

Saking cepatnya, mobil ini bisa mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 10 detik. Bahan bakarnya juga cukup irit bila dibandingkan mobil sport pada umumnya, 300SL cuma butuh 15 km untuk bisa melaju sejauh 100 kilometer. 

Diproduksi 1.400 unit hingga tahun 1957

BJ Habibie
Diproduksi 1.400 unit hingga tahun 1957, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari Antara, salah seorang petugas yang menjaga koleksi mobil BJ Habibie mengaku bahwa mobil itu hanya diproduksi sebanyak 100 unit, tapi kalau dilihat dari websitenya Mercedes Benz, sebenarnya mobil ini diproduksi sebanyak 1.400 unit. Produksi terakhir dibuat pada tahun 1957. 

Meski sudah langka dan gak diproduksi lagi, mobil ini tetap menjadi kecintaan para kolektor. Rekornya sih pernah terjual sampai Rp 28 miliaran. Tahun 1999, 300SL juga didapuk sebagai ‘Mobil Sport Terbaik di Abad 20’. 

Wah pasti Eyang BJ Habibie sayang banget nih sama mobil langkanya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!