Banner ImageBanner Image

Pengin Buka Rekening Efek di BNI Sekuritas? Ketahui Keuntungannya Dulu Yuk!

4 menit
Petugas BNI Sekuritas. (Tempo)
Petugas BNI Sekuritas. (Tempo)

Kalau kemarin-kemarin udah mengulas Mandiri Sekuritas dan BCA Sekuritas, kini Moneysmart mau bahas salah satu perusahaan sekuritas yang terbilang populer, yaitu BNI Sekuritas. Kalau kamu pengin investasi saham, perusahaan ini boleh jadi rekomendasi buat buka rekening efek.

Sekilas mengenai BNI Sekuritas, perusahaan ini merupakan anak usaha dari PT Bank Negara Indonesia. BNI Sekuritas mulai hadir sejak 12 April 1995 yang pastinya usahanya mencakup perdagangan saham, surat utang, investment banking, dan assets management.

Dengan pengalaman yang terbilang lama di pasar modal, tentu aja BNI Sekuritas bisa diandalkan dalam melakukan kegiatan investasi. Apalagi perusahaan sekuritas ini telah terdaftar di OJK dan mengantongi sejumlah izin.

Agar makin yakin kalau daftar rekening efek di BNI Sekuritas adalah keputusan yang tepat. Gak ada salahnya nih mengetahui keuntungan-keuntungannya berikut ini.

Baca juga: DP 0 Persen dan Bunga 6,25 Persen, Ini Syarat Ajukan KPR BNI Terbaru

Ini keuntungan-keuntungan buka rekening efek di BNI Sekuritas

Laman web BNI Sekuritas. (bnisekuritas.co.id)
Laman web BNI Sekuritas. (bnisekuritas.co.id)

Sama seperti Mandiri yang punya MOST atau BCA Sekuritas yang memiliki BEST, BNI Sekuritas juga menyediakan layanan investasi online, yaitu eSmart. Layanan investasi online milik BNI Sekuritas ini bisa diakses melalui desktop ataupun aplikasi.

Layanan eSmart ini ditujukan agar para nasabah BNI Sekuritas menjadi lebih mudah dalam mengamati market, melakukan kegiatan investasi, hingga trading saham. Dengan begitu, di mana pun nasabah berada bisa melakukan kegiatan investasi kapan pun ia mau.

Lalu, apa aja keuntungan-keuntungan menggunakan layanan eSmart ini?

  • Adanya fitur Market Info Equity yang menampilkan pergerakan saham secara aktual dan merekam histori pergerakan harga saham. Tentu aja informasi ini membantu kamu buat mengambil keputusan investasi atau trading dengan tepat.
  • Memiliki fitur Trading Equity yang bikin transaksi jadi fleksibel. Berkat fitur ini, kamu bisa melakukan kegiatan investasi atau trading di mana aja dan kapan aja.
  • Ada fasilitas bantuan dari Sales/Account Officer BNI Sekuritas yang bisa diandalkan buat menjaga order dan memberi informasi yang aktual serta bermanfaat.

Gak cuma menyediakan layanan eSmart, mereka juga menghadirkan layanan Zaisan. Layanan ini ditujukan buat nasabah pemula agar lebih gampang mengambil keputusan investasi.

Jadi, kepengin buka rekening efek di BNI Sekuritas? Ikuti langkah-langkahnya yang termuat dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Pengin Pakai TapCash BNI Buat Transaksi, Cek Dulu Keuntungannya di Sini

Begini cara buka rekening efek di BNI Sekuritas

Buka rekening efek di BNI Sekuritas. (Instagram/@bnisekuritas46)
Buka rekening efek di BNI Sekuritas. (Instagram/@bnisekuritas46)

Selama kamu bisa memenuhi syarat-syarat yang diminta, membuka rekening efek di BNI Sekuritas bukanlah hal yang sulit lho. Emang apa aja syarat- syaratnya?

Ini syarat-syarat yang diwajibkan buat buka rekening efek di BNI Sekuritas.

  • KTP
  • NPWP
  • Buku tabungan atau rekening koran

Ketiga dokumen di atas dilampirkan setelah selesai mengisi formulir pendaftaran. Dokumen-dokumen tersebut harus di-upload dalam format JPG. Jangan lupa juga buat mempersiapkan fotokopinya.

Terus gimana cara buka rekening efek di BNI Sekuritas?

  • Buka www.bnisekuritas.co.id di browser.
  • Di sudut kanan atas, pilih Rekening dan klik Registrasi Online.
  • Isi Formulir Aplikasi Pembukaan Rekening, mulai dari Data Pemohon, Pekerjaan, Pasangan, hingga Lain-Lain.
  • Upload dokumen-dokumen yang diminta, seperti KTP, NPWP, dan buku tabungan.
  • Setelah semuanya telah terisi dan ter-upload, pilih Simpan.
  • Nantinya, kamu diminta mencetak Formulir Aplikasi Pembukaan Rekening yang dikirim ke email kamu dan menempelkan materai Rp 6.000 di lembaran tercetak tersebut. Kemudian kamu diminta menandatanganinya sebagai tanda persetujuan.
  • Kirimkan formulir yang udah ditandatangani beserta lampiran fotokopi KTP dan NPWP ke BNI Sekuritas Sudirman Plaza, Indofood Tower Lantai 16 Jl. Jend. Sudirman Kav 76-78 Jakarta 12910.

Setelah itu, formulir yang kamu kirim bakal diproses dan kamu tinggal menunggu kabar selanjutnya dari BNI Sekuritas.

Baca juga: Bingung Mau Pilih KTA Mandiri, BCA, BRI, atau BNI? Cek dulu Perbandingannya di Sini

Berapa deposit awal ke rekening efek BNI Sekuritas?

Kantor BNI Sekuritas. (Instagram/@bnisekuritas46)
Kantor BNI Sekuritas. (Instagram/@bnisekuritas46)

Karena ketentuan deposit awal tiap-tiap perusahaan sekuritas berbeda-beda, kamu perlu cari tahu terlebih dahulu besaran setoran ini buat pertimbangan buka rekening efek. Sebab kalau bujet yang kamu miliki pas-pasan, repot juga nantinya ketika hendak berinvestasi.

BNI Sekuritas menetapkan setoran deposit awal ke rekening efeknya minimal Rp 1 juta. Dengan setoran segitu, kamu udah bisa melakukan investasi atau trading secara online dengan layanan eSmart.

Berapa fee jual beli saham di BNI Sekuritas?

Selanjutnya, yang perlu kamu tahu sebelum buka rekening di perusahaan sekuritas adalah besaran fee jual beli saham. Di BNI Sekuritas kamu bakal dikenakan biaya atau fee:

  • Beli atau buy secara online: 0,15 persen
  • Jual atau sell secara online: 0,25 persen

Kalau kamu mengalami kebingungan sewaktu buka rekening efek di BNI Sekuritas, jangan ragu buat tanyakan atau sampaikan keluhan ke kontak yang disediakan. Kamu bisa hubungi:

  • Call center BNI Sekuritas di nomor 021-25543946.
  • Email customer service di [email protected]
  • Whatsapp di nomor 0811-1086-360.

Sampai sini kamu udah tahu kan apa aja kelebihan-kelebihan dan cara daftar rekening efek di BNI Sekuritas? Kalau merasa udah oke, segera deh daftarkan diri dan mulailah investasi demi meraih kekayaan di masa depan. Selamat berinvestasi! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan