Jatuh Lagi, Ini Spesifikasi Pesawat Boeing 737 Max 8 yang Harganya Rp 1,7 T

3 menit
Boeing 737 max (boeing.com)
Boeing 737 max (boeing.com)

Pesawat Boeing 737 Max 8 yang digunakan maskapai Ethiopian Airlines tujuan Nairobi hilang kontak, dan jatuh sesaat setelah lepas landas, Minggu 10 Maret 2019 pagi waktu setempat.

Pesawat jenis ini sama dengan pesawat milik maskapai Lion Air yang mengalami insiden jatuh di perairan Karawang, tahun lalu. Saat itu, Lion Air juga menggunakan Boeing 737 Max 8 untuk penerbangan Jakarta ke Pangkal Pinang.

Padahal, serie Max ini dinilai sebagai pesawat tercanggih yang pernah mereka buat. Pascadiluncurkan pada tahun 2016, maskapai penerbangan di dunia berbondong-bondong memesannya, termasuk Garuda Indonesia dan Lion Air.

Karena insiden kecelakaan ini, Boeing 737 Max 8 kembali mendapat sorotan soal kelayakan mereka untuk diterbangkan dalam penerbangan komersil.

Memangnya, seperti apa sih spesifikasi pesawat ini? Berikut, pemaparannya seperti dilansir dari situs resmi Boeing:

Kapasitas hingga 210 orang

Boeing 737 max (boeing.com)
Boeing 737 max (boeing.com)

Boeing sudah mengeluarkan seri Max dalam empat tipe, yaitu Boeing 737 Max 7, Max 8, Max 9, dan Max 10. Tiap tipe memiliki kapasitas penumpang berbeda-beda.

Untuk penerbangan komersil, Max 8 mampu mengangkut 162-178 penumpang. Kalau ditambahkan dengan awak penerbangan seperti pilot dan pramugari, pesawat ini maksimum dapat menampung 210 orang.

Baca juga: JetBlue Bakal Kasih Voucher Tiket Pesawat Gratis Selama Satu Tahun, tapi…

Menggunakan mesin CFM LEAP 1B yang lebih senyap

Boeing 737 max (boeing.com)
Boeing 737 max (boeing.com)

Untuk mesin, mereka menggunakan mesin pabrikan dari CFM International, sebuah perusahaan produsen mesin turbo untuk pesawat asal Amerika Serikat.

Mesin bernama LEAP-1B ini diklaim tidak mengeluarkan suara yang berisik alias lebih senyap dibandingkan mesin sebelum-sebelumnya. Pembuangan gas emisinya juga dinilai lebih ramah terhadap udara.

Dikutip dari laman resmi CFM, mesin ini terbilang cukup hemat bahan bakar, bahkan hingga 15 persen. Bisa terbang selama 10 jam tanpa berhenti dan 11 kali terbang dalam sehari.

Daya jelajahnya, sekitar 3500 mil laut dengan kecepatan mencapai 824 km per jam.

Baca juga: Pesawat Rusia Dikabarkan Bawa 20 Ton Emas Venezuela di Tengah Krisis Ekonomi

Sayap terbelah

Boeing 737 max (boeing.com)
Boeing 737 max (boeing.com)

Ada yang unik dari pesawat seri ini, yaitu bentuk ujung sayapnya. Gak seperti sayap pada umumnya, Seri Max 8 memiliki sayap yang terbelah menjadi dua di ujungnya, disebut Double Winglet.

Sayap model ini diklaim mampu memecah tabrakan udara, sehingga mampu mereduksi guncangan turbulensi. Selain itu, sayap model ini juga dinilai membuat penerbangan makin hemat bahan bakar.

Harganya lebih dari Rp 1 triliun

Boeing 737 max (boeing.com)
Boeing 737 max (boeing.com)

Boeing seri ini pertama kali dirancang pada tahun 2011. Setelah proses perakitan yang lama, pada tahun 2016 pesawat ini jadi secara sempurna, dan melalui tahapan sertifikasi.

Saat hendak diuji coba pada tahun 2017, sempat terjadi penundaan karena ditemukannya kecacatan pada pesawat tersebut.

Hingga akhirnya, pesawat ini mulai dijual secara bebas dan maskapai pertama yang membeli adalah Malindo Air. Kemudian disusul oleh Lion Air dan Garuda Indonesia di tahun 2018 silam.

Pesawat Max 8 dijual dengan rata-rata harga sekitar US$ 121 juta kalau dirupiahkan sekitar Rp 1,7 triliunan per unitnya. Termasuk pesawat paling murah di antara produk Boeing yang lainnya.

Sejumlah negara menghentikan pengoperasian Boeing 737 Max 8 untuk sementara

Boeing 737 max (boeing.com)
Boeing 737 max (boeing.com)

Setelah dua kali mengalami kecelakaan dalam waktu berdekatan, Lion Air pada bulan Oktober 2018 dan Ethiopian Airlines pada Maret 2019, beberapa negara membekukan penerbangan pesawat ini. Mereka melakukan penelitian lebih lanjut tentang performa dan kelayakannya.

Negara-negara tersebut antara lain, Singapura, China, Korsel, Mongolia, Australia, dan Indonesia. Tapi, gak sedikit juga negara-negara yang masih mengoperasikan Boeing 737 Max 8, seperti Amerika Serikat, Turki, Rusia. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan