Boros Biar Hati Senang Boleh, Asal Ikuti 5 Aturan Mainnya Ini Biar Gak Nyesel!

4 menit
boros
Boros boleh aja, asal... (Pixabay)

Gaya hidup boros menjadi salah satu hal yang harus banget kamu hindari jika gak mau pusing mikirin keuanganmu yang amburadul.

Tapi kenyataannya, banyak orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar dengan alasan demi menyenangkan diri sendiri.

Hmm.. kalau sudah bicara seperti itu, memang gak ada salahnya sih. Toh, kerja capek-capek dari Senin sampai Jumat, tentu aja perlu waktu buat bikin diri sendiri senang.

Akan tetapi, kamu perlu waspada nih. Pasalnya, gak sedikit cara bersenang-senang yang salah dan malah justru menjerumuskan kamu ke lubang utang yang bisa bikin hidup kamu sengsara sampai tua.

Coba kamu pikirkan, apa iya kamu mau terus menerus kerja cuma buat bayar utang atau sekedar mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Tentu gak mau kan?

Karena itu, penting bagi kamu untuk memilah-milah cara bersenang-senang yang bisa bikin hidup kamu bahagia sampai tua. Jadi, senang saat muda, juga di usia muda. Menggiurkan banget bukan?

Jadi, jangan sampai nih kamu terlalu asik menghabiskan di masa sekarang, tapi gak memiliki persiapan apa pun untuk masa tua nanti. Untuk itu, kamu perlu memahami aturan royal alias boros yang worth it agar gak terjebak dari masalah keuangan tapi masih tetap bisa memanjakan diri sendiri.

Penasaran seperti apa caranya? Berikut ini lima di antaranya.

Baca juga: Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Menjalani Gaya Hidup Boros

1. Mengeluarkan uang untuk mendapatkan memori tak terlupakan

boros
Boros buat jalan-jalan ke tempat impian gak papa. (Pixabay)

Menggelontorkan sejumlah uang untuk mendapatkan kenangan tak terlupakan sepertinya menjadi hal yang boleh saja dilakukan.

Misalnya aja, traveling ke negara impian kamu. Mengeluarkan uang untuk liburan itu sah-sah aja kok.

Selain bisa menyenangkan diri sendiri, juga bisa bikin pikiran kamu lebih fresh dan berpengaruh banget lho untuk kehidupan kamu, termasuk dalam hal karier. Jadi, jika hati senang, tentu kamu bisa lebih banyak menemukan ide cemerlang dan bersemangat bekerja.

Karena itu, gak ada salahnya kok jika kamu menyiapkan bujet khusus setiap bulan untuk ditabung demi bisa bepergian ke tempat kamu inginkan.

Baca juga: 5 Tips Hemat yang Salah dan Masih Dilakukan Banyak Orang

2. Barang yang kamu beli akan sering digunakan

boros
Kalau bikin kamera bisa bantu usaha kamu, kenapa gak? (Pixabay)

Selain liburan, membeli barang untuk kesenangan diri sendiri juga ada aturannya lho. Misalnya aja, benda tersebut sangat berguna dan akan sering kamu gunakan.

Contohnya, membeli kamera yang bagus untuk keperluan foto jualan kamu. Bisa juga, membeli laptop yang memang dapat mendukung karier kamu.

Jadi, sebelum memutuskan untuk menggelontorkan sejumlah dana untuk membeli barang, sebaiknya pikirkan dulu dengan matang, seberapa sering kamu akan menggunakan barang tersebut dan apa tujuannya.

Asalkan, jangan latah gonta-ganti beli barang hanya karena benda tersebut lagi hits. Kalau seperti itu sih, siap-siap aja kamu akan nyemplung ke lubang utang.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan

3. Berbagi dengan yang membutuhkan

boros
Berbagi dengan yang membutuhkan gak pernah salah. (Pixabay)

Mengeluarkan uang untuk bantu orang-orang yang membutuhkan sepertinya juga sah-sah aja kok untuk dilakukan. Karena bisa menimbulkan kesenangan di diri sendiri.

Tak hanya saat ulang tahun saja, kamu bisa berbagi saat berhasil mencapai sesuatu yang kamu inginkan. Jadikan keborosan kamu menjadi lebih bermakna dan bahkan bisa memberikan dampak positif tak hanya buat diri kamu sendiri tapi juga orang  lain.

Akan tetapi, agar kondisi keuanganmu tetap stabil, kamu juga perlu banget menghitung berapa bujet yang kamu milik. Dari situ, kamu bisa memperkirakan, berapa yang bisa kamu sumbangkan atau acara amal apa yang ingin kamu selenggarakan.

Baca juga: Hemat Itu Gak Susah Kok! Coba deh Tips Menabung dalam Seminggu Ini

4. Boros demi meningkatkan kualitas hidup

boros
Uang dipakai buat seminar atau kuliah S2? Sah-sah aja kok. (Pixabay)

Boros demi meningkatkan kualitas hidup? Gimana maksudnya?

Ya, kamu bahkan gak perlu berpikir ulang saat ingin mengeluarkan sejumlah uang yang akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan karier dan hidupmu.

Misalnya, lanjut kuliah S2 atau ikut kursus maupun seminar-seminar yang akan menambah wawasan kamu.

5. Anggap investasi sebagai kebutuhan bulanan

boros
Investasi jadi kebutuhan bulanan? Siap-siap jadi kaya. (Pixabay)

Yang terakhir adalah menanamkan di dalam pikiran kalau investasi adalah kebutuhan. Jadi, kamu gak akan terasa berat mengeluarkan uang untuk membeli instrumen investasi.

Pikirkan saja, bagaimana nyamannya hidup kamu di masa mendatang hanya dengan menggelontorkan uang ratusan ribu rupiah setiap bulan.

Tak perlu memaksakan diri mengeluarkan uang dalam jumlah besar, kamu bisa mulai dengan ratusan ribu asal konsisten dan sabar selama beberapa tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itu dia lima kebiasaan boros yang boleh dan sah-sah aja kamu lakukan untuk menyenangkan diri sendiri. Jadi, udah gak perlu keki lagi kan menyiksa diri dengan gak melakukan hal yang bisa bikin hati senang? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan