4 Teknopreneur Ini Punya Rumah Seharga Rp 1 Triliun, Ada yang Bergaya Bali!

3 menit
Bill Gates termasuk bos teknologi pemilik rumah mahal (Instagram/@thisisbillgates)

Berapa rupiah sih sebuah rumah itu dikatakan sebagai rumah mahal? Apakah Rp 10 miliar, Rp 100 miliar, Rp 500 miliar, atau bahkan Rp 1 triliun?

Di Indonesia, rumah Rp 10 miliaran penampakannya tentu sudah keren. Lokasinya juga terdapat di wilayah Jakarta. Tapi, kalau di Amerika Serikat, rumah Rp 1 triliun itu wajar lho.

Asal kamu tahu, gak sedikit para pendiri perusahaan teknologi yang punya rumah semahal itu. Ingin tahu siapa saja? Yuk simak di sini:

1. Garrett Camp

rumah mahal
Garrett Camp termasuk bos teknologi pemilik rumah mahal

Di tahun ini, Co-founder sekaligus salah satu direktur Uber, Garrett Camp dikabarkan membeli rumah mewah di Beverly Hills, California seharga US$ 72,5 juta atau setara Rp 1 triliunan. Kerennya, rumah mahal itu bernuansa Bali.

Desain bangunan rumah ini bisa dibilang menganut konsep ultra-kontemporer. Akses masuknya dikabarkan agak misterius karena harus masuk ke bawah tanah dulu. Maklum saja, ini rumahnya orang kaya, bisa jadi malah kayak rumahnya Batman.

Terletak di Beverly Hills, California, rumah ini juga sempat dijadikan venue untuk acara marketing Rolls Royce! Gila deh, pantasan harganya sampai Rp 1 triliunan.

Baca juga: Seharga Rp 2 Triliun, Begini Rumah Mewah dan Termahal di Amerika Serikat

2. Jan Koum

rumah mahal
Jan Koum termasuk bos teknologi pemilik rumah mahal (Wikipedia)

Belum lama ini, pendiri WhatsApp Jan Koum menggelontorkan uang sebesar Rp 1,1 triliun untuk mendirikan sebuah rumah compound

Bisa mahal? Pasalnya, dia membeli lima rumah yang akhirnya dijadikan satu. Koum juga melakukan renovasi terhadap rumah-rumah tersebut lantaran punya koleksi mobil Porsche.

Sekadar diketahui, harga tanah dari rumah itu mencapai US$ 57 juta. Kalau dirupiahkan, tentu saja mencapai Rp 803 miliar!

Lokasinya di Atherton, sebuah kota yang jadi lokasi perumahan elit di California. Koum pun akhirnya menjadi tetangga dari mantan CEO Hewlett Packard, Meg Whiteman, dan mantan pimpinan Google, Eric Schmidt.

3. Scott McNealy

rumah mahal
Scott McNealy termasuk bos teknologi pemilik rumah mahal (Wikipedia)

Namanya mungkin kurang familiar di telinga orang Indonesia. McNealy merupakan pendiri dari Sun Microsystems, dan beberapa perusahaan teknologi lainnya.

Pria ini dikabarkan mengantongi kekayaan sebesar US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliunan. 

Bicara soal hunian, McNealy sempat menjual rumahnya yang senilai US$ 100 juta atau Rp 1,4 triliun di tahun 2018. Rumah mahal tersebut memiliki luas lahan 5 hektare dan luas bangunan yang mencapai 2.600 meter persegi. Jumlah lantainya pun ada empat.

Bangunan yang tampak seperti kastil itu dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas lengkap bak hotel bintang lima. Salah satunya, gym.

4. Bill Gates

rumah mahal
Bill Gates termasuk bos teknologi pemilik rumah mahal (Instagram/@thisisbillgates)

Nah, yang terakhir adalah Bill Gates. Rumah ini diberi nama “Xanadu 2.0”. Gak tanggung-tanggung, rumah ini dibangun selama tujuh tahun dengan biaya sebesar $ 63 juta.

Di tahun 2018, valuasi harga rumah ini sudah Rp 1,6 triliun. Dan asal kamu tahu, rumah ini memang penuh dengan teknologi.

Pendiri Microsoft ini memasang banyak sensor di rumahnya untuk pengaturan suhu. Di setiap dindingnya, terdapat pula layar monitor.

Bahkan, di rumah ini terdapat ruang trampolin, home theater, perpustakaan, dan garasi yang sanggup menampung puluhan mobil.

Itulah empat orang entrepreneur di bidang teknologi yang punya rumah mahal seharga Rp 1 triliunan. Kira-kira apakah kamu bakal jadi salah satu di antaranya pada masa depan? (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.