BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan, Ternyata Ini Bedanya

4 menit

Banyak orang yang berpikir kalau kemunculan BPJS Kesehatan akan menggeser asuransi kesehatan swasta. Tapi nyatanya, hingga kini produk asuransi kesehatan swasta masih banyak diminati masyarakat.

Bahkan gak sedikit orang yang menjadi peserta BPJS Kesehatan sekaligus asuransi kesehatan swasta.

Daripada penasaran apa perbedaan antara keduanya, mending langsung aja yuk simak selengkapnya berikut ini. Mungkin malah bisa menjadi pertimbanganmu apa akan tetap setia pada asuransi kesehatan swasta, BPJS, atau malah justru memilih dua-duanya.

1. Biaya premi

Bpjs kesehatan
Biaya premi (radar-karawang)

Untuk menikmati fasilitas berobat gratis, baik menggunakan BPJS maupun asuransi kesehatan swasta, kamu harus mengeluarkan biaya setiap bulan atau iuran premi.

Namun, premi BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan swasta memiliki perbedaan yang cukup mencolok, seperti:

BPJS Kesehatan

Biaya premi untuk BPJS Kesehatan terbilang sangat murah dan terjangkau. Untuk pekerja, biasanya ditanggung oleh perusahaan. Sedangkan untuk veteran dan fakir miskin dibayar secara penuh oleh pemerintah.

Menurut situs resmi BPJS, kelas BPJS Kesehatan terbagi menjadi tiga, dengan biaya iuran yang berbeda setiap bulannya, yaitu:

  • Kelas III, biaya iuran per bulan sebesar Rp 25.500
  • Kelas II, biaya iuran per bulan sebesar Rp 51.000
  • Kelas I, biaya iuran per bulan sebesar Rp 80.000

Untuk pembayarannya, akan ditarik setiap bulan. Dan jika kamu telat membayar, maka akan dikenakan denda sebesar 2 persen dari total iuran.

[Baca: BPJS Kesehatan: Begini Cara dan Tahapan Bayarnya Lewat ATM]

Asuransi kesehatan swasta

Berbeda dengan BPJS Kesehatan, untuk premi asuransi kesehatan swasta bisa dibilang cukup mahal. Pasalnya, kamu harus membayar iuran hingga ratusan ribu rupiah per bulannya.

Gak hanya itu, bahkan ada beberapa asuransi yang preminya akan semakin mahal jika kamu:

  • Semakin tua usianya
  • Kamu adalah seorang perokok
  • Ada perbedaan premi antara laki-laki dan perempuan

2. Batasan limit

Bpjs kesehatan
Batasan limit (panduanbpjs)

Untuk batasan limit atau plafon asuransi, keduanya pun memiliki perbedaan.

BPJS Kesehatan

Untuk BPJS Kesehatan tidak ada batasan limit atau plafon. Semua biaya pengobatanmu akan ditanggung oleh pihak BPJS.

Kamu hanya perlu mengikuti berbagai prosedur yang udah ditetapkan termasuk pilihan ruang rawat inap yang sesuai dengan kelas yang kamu pilih.

Asuransi kesehatan swasta

Bedanya dengan BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan swasta memiliki batasan limit. Maksudnya di sini adalah, kamu bisa dirawat di rumah sakit dan ditanggung pihak asuransi sesuai dengan batas maksimum biaya yang udah disetujui.

Jika kamu melebihi batas limit, maka kamu diharuskan untuk membayarnya sendiri.

3. Manfaatnya

Bpjs kesehatan
Manfaatnya (dewiyang)

Beda aturan serta biaya premi tentu aja beda juga manfaat yang diberikan.

BPJS Kesehatan

Meskipun biaya premi yang dikeluarkan untuk BPJS Kesehatan lebih murah dibanding asuransi kesehatan swasta, tapi bukan berarti BPJS Kesehatan tidak memiliki fasilitas yang bagus loh.

Perlu kamu ketahui kalau BPJS Kesehatan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti rawat inap, rawat jalan, optik, gigi dan kehamilan.

[Baca: Beli Kacamata Pakai Kartu BPJS Kesehatan? Begini Lho Caranya]

Asuransi kesehatan swasta

Seperti yang sudah diketahui kalau mayoritas asuransi kesehatan swasta memberikan fasilitas kesehatan seperti rawat inap, operasi, ambulan, obat, kunjungan dokter, dan berbagai aktivitas lainnya yang berhubungan dengan perawatan pasien di rumah sakit.

Tapi ada juga asuransi yang mengharuskan pasien untuk membayar sejumlah premi lagi jika ingin rawat jalan dan biasanya dengan biaya cukup mahal.

4. Pilihan rumah sakit

Bpjs kesehatan
Pilihan rumah sakit (tribunnews)

Salah satu perbedaan lainnya antara BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan adalah pilihan rumah sakit. Tapi kali ini asuransi kesehatan swasta bisa dibilang memiliki keunggulan yang lebih baik dibanding BPJS.

BPJS Kesehatan

Untuk kamu peserta BPJS, kamu hanya bisa berobat di rumah sakit yang sudah ditunjuk atau bekerja sama dengan pihak BPJS.

Tapi kalau kamu merasa gak sreg dengan rumah sakit yang ditunjuk, kamu bisa mengubah rumah sakit yang kamu inginkan, tapi harus menunggu tiga bulan.

Asuransi kesehatan swasta

Sedangkan untuk asuransi kesehatan swasta, biasanya lebih memberikan keleluasaan dalam memilih rumah sakit. Meski begitu, ada juga asuransi swasta yang cuma meng-cover pengobatan di rumah sakit rekanan aja.

5. Layanan

Bpjs kesehatan
Layanan (baliberkarya)

Kalau soal layanan, BPJS dan asuransi kesehatan swasta memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Apa saja?

BPJS Kesehatan

Perihal layanan, bisa dibilang BPJS sedikit ribet. Pasalnya, saat kamu sakit maka kamu harus ke fasilitas kesehatan (faskes) 1 untuk meminta rujukan.

Setelah itu faskes 1 akan merujuk kamu ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS untuk menjalani pengobatan lebih lanjut.

Prosedur ini yang seringkali berbelit-belit. Ditambah lagi antriannya yang panjang. Selain itu rumah sakit yang menjadi mitra BPJS masih sedikit dibanding rumah sakit yang menjadi mitra asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan swasta

Untuk urusan layanan, asuransi kesehatan swasta terbilang lebih cepat dan gak berbelit-belit dibanding BPJS Kesehatan.

Pasalnya kamu bisa langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan segera. Ditambah lagi hampir semua rumah sakit menerima asuransi kesehatan sehingga prosesnya pun gak sulit.

Itu dia lima perbedaan antara BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan swasta yang harus kamu ketahui. Jadi, udah memutuskan untuk memilih yang mana? Atau mau punya dua-duanya?

Itu juga sah-sah aja sih. Soalnya, manfaat BPJS dan asuransi itu sebenarnya bisa saling melengkapi. Kalau proteksi lebih komplet, tentunya hidup juga makin aman dong.

[Baca: BPJS Kesehatan: Dengan Manfaat Segudang, Masih Ngeyel Gak Mau Daftar?]

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan