Mulai Hamil Hingga Melahirkan, Ini Layanan Kesehatan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

3 menit
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Tawarkan Layanan dari Hamil Hingga Melahirkan

Tak bisa dipungkiri kalau BPJS Kesehatan merupakan salah satu program pemerintah yang sangat diandalkan oleh banyak orang untuk berobat.

Pasalnya dengan menggunakan kartu BPJS, kamu bisa menikmati fasilitas berobat tanpa harus mengeluarkan sepersen pun alias gratis. Asalkan, kamu sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan.

Karena memang BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) bertujuan untuk memberikan kesejahteraan untuk masyarakat.

Jadi, dengan membayar iuran beberapa puluh ribu setiap bulannya, kamu sudah bisa menikmati layanan berobat gratis hanya dengan mengandalkan kartu BPJS. Tak hanya berobat untuk sakit batuk pilek, tapi juga bisa digunakan untuk menanggung kehamilan kamu lho.

Seperti diketahui kalau uang yang harus dikeluarkan selama program kehamilan itu tidaklah sedikit, mulai dari periksa ke dokter kandungan selama kehamilan, makanan untuk ibu hamil termasuk susu hingga saat melahirkan.

Belum lagi perlengkapan yang harus sudah kamu persiapkan sebelum si kecil lahir. Berbagai keperluan itu tentu saja sangat menguras isi kantong.

Karena itu, layanan kesehatan yang ditawarkan BPJS untuk program kehamilan sangatlah membantu. Pasalnya, kamu jadi gak perlu mengeluarkan bujet ekstra untuk kontrol ke dokter kandungan dan juga biaya melahirkan.

Sayangnya, tak sedikit orang yang masih belum tahu betul mengenai layanan BPJS Kesehatan untuk ibu hamil, bayi dalam kandungan hingga melahirkan.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa informasi terkait pelayanan BPJS untuk program kehamilan yang perlu banget kamu ketahui nih.

Apa saja itu? Berikut di antaranya:

Selama kehamilan

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Membantu dari Masa Kehamilan (Instagram).

Untuk dapat menikmati program BPJS Kesehatan selama kehamilan, maka kamu harus sudah mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS dari jauh-jauh hari.

Jika sudah terdaftar sebagai anggota BPJS, maka kamu dapat melakukan pemeriksaan secara rutin tanpa keluar uang sedikit pun dengan mengandalkan kartu BPJS.

Layanan tersebut dapat dilakukan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat Pertama, yaitu di puskesmas, klinik dan fasilitas kesehatan lainnya yang memang bekerja sama dengan BPJS.

Apabila Faskes Tingkat Pertama tidak dapat menangani dengan baik karena kurangnya fasilitas dan alat pendukung lainnya, maka kamu akan mendapat rujukan ke Faskes selanjutnya yakni rumah sakit.

Namun, kondisi tersebut terjadi biasanya kalau kamu diketahui mengalami masalah medis yang cukup serius dan membutuhkan pengobatan lebih lanjut dengan peralatan yang lebih lengkap.

Bagaimana dengan layanan USG?

Selama proses kehamilan, ibu hamil tentu saja melakukan Ultrasound Sonography (USG) untuk mengetahui perkembangan sang buah hati di dalam kandungan.

Untuk biayanya sendiri, tergantung dengan kondisi si ibu. Ada yang ditanggung pihak BPJS Kesehatan, tapi ada juga yang memang biayanya harus kamu tanggung sendiri.

Nah, layanan USG yang ditanggung BPJS itu jika kandungan mengalami masalah serius dan dianggap berisiko terhadap kesehatan dan keselamatan ibu hamil serta sang bayi dan dokter menyarankan untuk dilakukan tindakan USG.

Jika kondisinya seperti itu, maka semua biaya akan ditanggung pihak BPJS Kesehatan.

Layanan persalinan

BPJS Kesehatan
Layanan Persalinan juga ditanggung BPJS (Instagram).

Sama halnya dengan perawatan selama proses kehamilan, biaya yang akan ditanggung oleh BPJS jika dilakukan di Faskes Tingkat Pertama, termasuk untuk persalinan.

Akan tetapi, jika mengalami kondisi yang darurat dan dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi, kamu bisa langsung dibawa ke rumah sakit terdekat dan tidak perlu meminta surat rujukan terlebih dahulu ke Faskes Tingkat Pertama.

Namun, perlu digaris bawahi, jika kondisi yang dialami ibu meliputi pendarahan, ketuban pecah dini dan lainnya yang dapat menyebabkan kecacatan hingga kematian karena memang kondisinya harus segera mendapatkan penanganan medis.

Apakah operasi caesar ditanggung BPJS?

Dalam operasi caesar, pihak BPJS Kesehatan bisa saja menanggung semua biaya atau justru sebaliknya yaitu tidak ditanggung sama sekali. Jadi, tergantung dengan alasan mengapa harus dilakukan operasi caesar.

Operasi caesar akan ditanggung oleh pihak BPJS, jika dari pihak dokter yang menangani pemeriksaan atau persalinan menyatakan kalau ibu harus operasi caesar.

Namun, jika operasi caesar karena permintaan dari pasien, maka biaya untuk operasi tersebut akan ditanggung oleh pasien itu sendiri.

Nah, itu dia beberapa layanan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan selama proses kehamilan hingga persalinan. Fasilitas BPJS itu tentu saja akan sangat membantu ibu. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.