7 Alasan Kenapa Orang Indonesia Suka Pakai Fintech

2 menit
Ilustrasi Penggunaan Fintech (Shutterstock)
Ilustrasi Penggunaan Fintech (Shutterstock)

Perkembangan bisnis fintech di Indonesia sangat pesat, bahkan cenderung mendahului regulasi yang menaunginya. Institusi keuangan digital (fintech) kini memang berperan dalam meningkatkan akses layanan di sektor keuangan, terutama bank.

Fintech dinilai lebih mudah dan efisien digunakan. Apalagi mereka terkadang memberikan promo dan potongan harga bagi nasabahnya. Survei yang dilakukan Dailysocial bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Jakpat menyebutkan, pemahaman masyarakat mengenai institusi fintech semakin meningkat.

Pada 2018, dari 1.419 responden lebih dari 70 persennya mengaku akrab dengan layanan fintech. Namun hanya 58,1 persen yang telah menggunakan layanan keuangan digital sehari-hari.

Sementara sisanya mengaku enggan menggunakan layanan ini dengan berbagai alasan. Di antaranya mengaku tidak tertarik dengan alasan keagamaan dan industrinya. Terlepas dari itu semua, harus diakui perkembangannya di dalam negeri mencengangkan semua pihak.

Seperti dikutip dari katadata.co.id, berikut adalah beberapa alasan kenapa fintech kian menjadi primadona di hati masyarakat Indonesia.

1. Mudah Digunakan

Sebanyak 74,9 persen masyarakat yang disurvei oleh Dailysocial mengungkapkan jika mudah digunakan merupakan alasan terbesar mengapa mereka gak ragu pakai fintech. Berbeda dengan bank yang memasang aturan lebih rumit bagi mereka yang membutuhkan produk atau jasa keuangan.

2. Sederhana

Sederhana dalam sisi proses menjadi alasan kedua mengapa masyarakat mau menggunakan jasa mereka. Tercatat 71 persen responden yang disurvei mengaku jika kemudahan menjadi latar belakang mereka lebih tertarik ke perusahaan rintisan dibanding lembaga keuangan lain.

3. Hemat Waktu

Gak hanya mudah dari sisi persyaratan, proses yang ditawarkan juga lebih hemat waktu dibanding bank. Setidaknya 62,7 persen masyarakat mengatakan itu ketika ditanya pendapatnya dalam menggunakan jasa perusahaan rintisan (startup) tersebut.

4. Gak Perlu ke Bank

Jika kamu menggunakan fintech, tentunya gak perlu lagi datang ke bank. Cukup dengan gadget yang kamu miliki sudah bisa mendapatkan pelayanan keuangan yang diinginkan. Sebanyak 48,9 persen responden pun mengakui itu.

5. Aman

Faktor keamanan juga menjadi alasan orang banyak menggunakan startup keuangan. Meski kini banyak muncul perusahaan ilegal, namun untuk yang sudah terdaftar dianggap bisa dipercaya. Sekitar 36,4 persen orang percaya akan keamanan jasa mereka.

6. Promo dan Insentif

Promo dan insentif juga menjadi pemanis yang membuat industri ini sangat digemari. Tebaran diskon dan potongan harga atau bunga menjadi alasan 36,4 persen responden memilih jasa ini ketimbang yang lain.

7. Manajemen Lebih Baik

Manajemen yang lebih baik juga dipercaya menjadi alasan utama bagi masyarakat memilih jasa fintech. Sebanyak 29,8 persen masyarakat mengakui bahwa mereka memiliki manajemen yang lebih baik dibanding jasa keuangan lain.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati