Budget Gaming Laptop di Bawah 10 Juta? Ini 6 Rekomendasinya!

5 menit

Budget gaming laptop identik dengan harga selangit. Padahal sebetulnya semua tergantung pada jenis game yang kamu mainkan. Jadi sebelum membeli, coba tentukan dulu tipe game apa yang kamu sukai.  

Jika kamu lebih sering bermain game online yang ringan seperti Point Blank, Dota, CS:GO, San-Andreas Multiplayer (SAMP), dan e-sports lainnya, laptop multimedia sebetulnya udah cukup mumpuni untuk menjalankan game-game tersebut tanpa lag.

Dalam memilih laptop gaming, ada tiga penentu utama yang perlu kamu perhatikan, yaitu prosesor,  GPU, dan RAM. Prosesor bagaikan otak kiri sementara GPU bagaikan otak kanan. Performa keduanya harus sama bagusnya jika gak pengin bottleneck dan jadi lag.

Biar mantap main game-nya, pilihlah laptop dengan prosesor minimal Intel i5 atau AMD FX series. Di sisi grafisnya, pilihlah laptop yang didukung GPU Nvidia GeForce x30M/x40M. Bagi pecinta AMD, bisa pilih  AMD R8 series atau R5 M230/M330. Jangan lupa, pilih RAM dengan minimal kapasitas 4GB yang bisa di-upgrade yah.

Berikut ini rekomendasi laptop multimedia yang asyik juga buat gaming.

1. Acer E5-475G

Budget Gaming Laptop
(image: Acer)

Acer E5-475G udah dilengkapi Nvidia GeForce 940MX dan RAM 4GB yang bisa di-upgrade hingga 32GB. Laptop ini menawarkan dua tipe prosesor, generasi Kaby Lake dan Skylake dengan perbedaan harga sekitar Rp 100-200 ribu.

Buat kinerja yang lebih andal, sebaiknya pilih aja prosesor intel Core i5-7200U generasi Kaby Lake dengan grafis intel HD 620 yang menawarkan clock speed 300 MHz lebih tinggi, sehingga kinerja prosesornya melampaui generasi Skylake.

Sayangnya, posisi exhaust fan-nya ada di sisi kiri laptop, sehingga kalau kamu kelamaan main game, bakal ada hawa-hawa panas yang “menyentuh” tanganmu.

Laptop ini dibanderol Rp 7,1 juta buat penyimpanan 500 GB dan Rp 8,4 juta buat penyimpanan 1 TB.

2.  Asus A456UR

(image: YouTube)

Asus A456UR punya desain casing yang tipis dan tampak berkelas. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-7200U Kaby Lake dengan DDR4 yang pastinya hemat daya.

Pengolahan grafis laptop ini didukung Nvidia G930MX. Laptop ini juga memiliki port USB 3.1. Nah, berbeda dengan Acer di atas, exhaust fan laptop ini berada di atas keyboard, sehingga mungkin akan sedikit mempengaruhi temperatur pada bagian layar.

RAM bawaan Asus ini punya kapasitas 4 GB yang bisa kamu upgrade sampai 12 GB. Soal kapasitasnya, kamu pasti puas dengan hard disk 1 TB. Budget gaming laptop ini  berada pada kisaran Rp 6,8 – 7,2 juta.

3. HP Pavilion AB134TX

Budget Gaming laptop
(image: IT Galeri)

Dari keluarga HP ada HP Pavilion AB134TX. Desain laptop ini dibuat menarik dan elegan dengan warna menyala, sunset red. Laptop ini udah menggunakan prosesor i7-6500U generasi Skylake.

Kualitas gambar dan multimedia pada laptop ini gak perlu diragukan lagi, karena HP Pavilion AB134TX dilengkapi Nvidia GeForce 940M buat pengolahan grafisnya. Laptop ini punya kapasitas RAM 4GB dan harddisk 1 TB

Laptop dengan baterai yang tahan sampai 8 jam ini dibanderol dengan harga Rp 9,1 juta.

[Baca: Kartu Kredit Lebih Oke dari Kredit Bank buat Laptop Murah]

4. Fujitsu AH556

Budget Gaming laptop
(image: Fujitsu)

Jepang juga turut berkompetisi dalam mengeluarkan laptop gaming yang terjangkau. Laptop Fujitsu AH556 tampil dengan konsep stylish worklife balance, sehingga gak cuma ergonomis dan nyaman buat kerja, tapi juga buat main game.  

Laptop ini dilengkapi dengan pengolahan grafis IAMD Radeon R7 M360 dan prosesor Intel Core i5-6200u. Tuh, udah pas buat main game, kan?

Lebih mantap lagi, laptop dengan baterai 3 Cells 45Wh ini dapat bertahan hingga hampir 12 jam. Kamu perlu mengeluarkan bujet sekitar Rp 9,4 juta buat memiliki laptop ini.  

[Baca: Cegah Laptop Lemot dengan Hindari 16 Kesalahan Ini ]

5. Lenovo IP 500s

Budget Gaming laptop
(image: thienanjsc)

Meskipun masih keluarga IdeaPad, tapi komponen dan spesifikasi laptop gaming terbaik  ini udah mampu disetarakan dengan laptop bisnis. Laptop ini juga udah mumpuni banget buat bermain berbagai game entry level.

Dari sisi tampilan, seperti jenis Lenovo lainnya, bentuk laptop ini gak jauh berbeda dengan body kotak dan bersudut. Bedanya, ada varian warna putih dan abu-abu buat jenis IdeaPad ini.

Laptop multimedia kelas menegah ini ditenagai dengan prosesor Intel Core i7-6500U generasi Skylake dengan memori RAM sebesar 4GB DDR3L yang dapat di-upgrade hingga 16 GB.

Kemampuan grafis laptop ini pun udah mantap karena didukung Nvidia GeForce GT 940M. Lenovo IP 500s dibanderol dengan harga Rp 9,4 juta per unitnya.

6. Dell Inspiron 14 3443

Budget Gaming laptop
(image: Tokopedia)

Dell Inspiron 14 3443 ini dipersenjatai prosesor Intel Core i7-5200U generasi Broadwell. Laptop ini dilengkapi dengan RAM 4GB jenis DDR3L yang bisa di-upgrade sampai 8 GB.

Laptop gaming murah asal Amerika Serikat ini dikenal punya daya tahan terbaik di kelasnya. Sayangnya, laptop ini masih menggunakan pengolahan grafis dari Nvidia seri GeForce 820M. Meski gitu, laptop ini udah cukup andal buat game standar di kelas entry level.

Siapkan budget gaming laptop sekitar Rp 9,6 juta, jika tertarik punya laptop dari keluarga Dell ini.

[Baca: Cerdas Manfaatkan Kredit Laptop Murah]

Tips Membeli Laptop Gaming Murah

Melansir laman Acer, berikut beberapa tips sederhana sebelum kamu membeli laptop gaming dengan harga terjangkau. Yuk kita simak:

Minimal Menggunakan Processor H Series generasi Terbaru

Processor adalah salah satu komponen terpenting dari laptop gaming, karena itu adalah otak dari laptop itu sendiri. Kalau kualitas otaknya rendah, otomatis kinerja tubuhnya pun tidak bisa berjalan dengan mulus. Jadi, carilah laptop gaming dengan processor yang kuat. Jangankan main game dengan grafis 4K, untuk edit film juga bisa banget!

Kartu grafis yang support 4K lebih oke

Selain processor, kartu grafis atau yang lebih sering dipanggil VGA (Virtual Graphic Array) juga sangat berpengaruh. Karena VGA sangat berpengaruh banget kepada tampilan dan kualitas gambar saat bermain game.

RAM minimal 16 GB

Selain kartu grafis atau VGA, RAM yang dimiliki oleh laptop gaming juga harus diperhatikan. Karena RAM adalah sesuatu yang bisa membuat laptop gaming kamu menjalankan dua atau lebih aplikasi sekaligus dalam satu waktu.

Kapasitas penyimpanan yang besar

Kalau laptop gaming kamu sudah mengusung processor versi terbaru, kartu grafis yang kuat dan RAM yang besar tapi kapasitas penyimpanannya sempit. Duh, jangan sekali-kali deh kamu berimpi untuk memiliki banyak game dalam laptop gaming kamu.

Pasalnya, zaman sekarang, dengan grafis dan gameplay yang keren, tentunya game tersebut membutuhkan kapasitas yang besar. Terlebih lagi jika kamu banget main game online seperti DotA 2, PlayerUnknown’s BattleGround, Fortnite dan yang lainnya.

Daya tahan baterai lebih dari 8 jam

Karena untuk kebutuhan bermain game membuat laptop gaming sangat membutuhkan daya tahan baterai yang besar dan kuat. Karena itulah laptop gaming terbaik harus dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar, untuk menunjang semua kinerja laptop gaming.

Tiap laptop gaming murah tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan, preferensi, dan bujet yang kamu punya.

Kalau mau yang lebih bagus, pastinya harga pun lebih mahal. Tapi kalau kamu merasa dengan bujet yang dimiliki juga sudah sesuai dengan kebutuhan laptopmu, gak ada salahnya langsung membelinya. 

Nah, kalau budget gaming laptop-nya udah disiapkan, hal yang perlu diperhatikan selain spesifikasi yang memadai adalah cara kamu menggunakan dan merawat laptopmu. Hal ini tentu juga menentukan keawetan laptop yang kamu punya.

 

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.