Punya Mercy Jadul Ratusan Juta Rupiah, Ini Koleksi Mobil Budi Karya Sumadi

3 menit
Budi Karya Sumadi
Punya Mercy Jadul Ratusan Juta Rupiah, Ini Koleksi Mobil Budi Karya Sumadi, (Instagram/@budikaryas).

Tagar #pecatbudikarya bermunculan di laman media sosial lantaran kenaikan harga tiket pesawat yang diprotes oleh warganet. Akan tetapi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi stay cool aja dalam menyikapi hal ini dan ia cuma berkomentar, “no comment.”

Lulusan Universitas Gadjah Mada ini sejatinya adalah seorang pakar arsitektur yang sukses dalam berbagai proyek pembangunan. Ia pun telah pernah menjabat sebagai Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan mengembangkan pembangunan di wilayah Ancol.

Ketika memimpin Angkasa Pura II, Budi Karya juga sukses dalam proyek pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta.

Sebagai seorang menteri, Budi dulu juga terkenal senang investasi saham, olahraga dan memainkan alat musik gitar. Tapi jangan salah, sepertinya dia juga hobi otomotif lho.

Masalahnya, belum lama ini dia mengecek bagian kaki-kaki mesin bus dengan mechanic car creeper. Gak semua pria paham soal yang satu ini, cuma orang yang paham otomotif aja tentunya yang bisa tahu bagaimana kondisi kaki-kaki mobil atau bus yang sehat dan yang tidak.

Kalau Budi adalah orang yang paham dengan otomotif, kira-kira di garasinya terdapat mobil apa aja ya? Gimana kalau kita cari tahu saja di bawah ini, tentunya data mengenai mobil Budi Karya Sumadi didapat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2015, berikut ulasannya.

Baca juga: Brio Kalahkan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Februari 2019

1. Toyota Fortuner 2011

Budi Karya Sumadi
Toyota Fortuner keluaran tahun 2011 nampaknya bersandar nih di garasi rumah Menteri Perhubungan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mobil SUV yang satu ini merupakan saingan berat dari Mitsubishi Pajero. Merek Toyota tentunya memperkuat kedudukan Fortuner sebagai salah satu SUV terlaris. Pasalnya Toyota merupakan salah satu pabrikan Jepang yang cukup dicintai di Indonesia.

Sayangnya, gak tertulis informasi seputar varian dari Toyota Fortuner milik Budi Karya, apakah yang bermesin bensin atau diesel. Hanya saja, tertulis bahwa di tahun 2011, valuasi mobil ini mencapai Rp 150 juta.

Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 2.393 cc. Buat yang berbahan bakar solar, tenaga maksimal yang bisa dimuntahkan SUV ini mencapai 149,6 tk di 3.400 RPM. Sementara itu, torsinya cukup berlimpah alias mencapai 400 nm di 1.200 RPM.

Gak sedikit juga lho pejabat atau anggota DPR yang punya SUV ini. Salah satunya adalah Kyai Ma’Ruf Amin.

Baca juga: CR7 Bayar Rp 268 M demi Bugatti La Voiture Noir Mobil Termahal di Dunia

2. Toyota Vellfire 2013

Budi Karya Sumadi
Toyota Vellfire bikinan tahun 2013 juta terparkir nih di dalam garasinya, (Ilustrasi/carscoops.com).

Vellfire juga merupakan salah satu MPV premium yang lahir dari keluarga Toyota. Bisa jadi Budi Karya emang pengin mencari mobil MPV yang gak pasaran layaknya Alphard.

Dari segi wajah, Vellfire memang punya tampilan futuristik dan hal itu bisa disaksikan dari bentuk lampu depannya. Dan interiornya memang gak jauh beda sama Alphard.

Mobil dengan kapasitas maksimal tujuh orang ini menggendong mesin dengan kode 2AR-FE berkapasitas 2.494 cc dan berbahan bakar bensin. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 178 tk.

Vellfire milik Budi Karya valuasinya kurang lebih Rp 500 juta di tahun 2015.

Baca juga: You Can’t See Me.. Koleksi Mobil Sangar John Cena Total Harganya Rp 7,7 M!

3. Mercedes Benz 1995

Budi Karya Sumadi
Budi Karya juga memiliki Mercy jadul di dalam garasinya, (Ilustrasi/Pixabay).

Sayangnya gak disebutkan Mercedes Benz apa yang ada di garasi Menteri Perhubungan ini. Tapi yang jelas ini adalah Mercy jadul yang harganya Rp 300 juta di tahun 1995.

Kemungkinan besar ini adalah varian E Class yang paling elegan dan paling mahal.

Sedan Mercedes Benz C200 AMG saja di banderol Rp 62 jutaan lho buatan tahun 1995. Bayangin saja kalau ada Mercy 1995 yang harganya ratusan juta rupiah sudah pasti itu adalah varian mahal.

Itulah deretan mobil di garasi Budi Karya Sumadi. Bisa jadi beberapa di antaranya udah dijual, tapi kayaknya kalau hobi sih pasti yang Mercy masih ada.

Soal perawatan memang jelas ribet, dan tentunya butuh keahlian khusus buat merawat mobil pabrikan Mercy ini. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan