Avengers: Endgame Pecahkan Rekor, Ini Deretan Film MCU dengan Bujet Termahal

4 menit
avengers endgame
Tony Stark yang diperankan Robert Downey Jr. di salah satu adegan Avengers: Endgame. (Marvel)

Pada tanggal 24 April 2019 film Avengers: Endgame akan segera rilis di Tanah Air. Banyak penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) gak sabar menunggu aksi terakhir dari jagoan-jagoan mereka setelah pada Avengers: Infinity War, Thanos memusnahkan separuh penghuni alam semesta. Untuk menampilkan pertarungan dengan grafis yang memukau, Marvel menggelontorkan dana yang gak sedikit lho. Penasaran berapa biayanya?

Sebelum merilis film Avengers: Endgame, salah satu penerbit komik terbesar di dunia ini telah merilis 21 judul film yang melengkapi cerita keseluruhan MCU. Mulai dari yang pertama ada film Iron Man di tahun 2008 yang dibintangi Robert Downey Jr hingga terakhir ada Captain Marvel yang diperankan Brie Larson pada Maret 2018 lalu.

Hampir seluruh film yang diproduksi menampilkan bintang-bintang Hollywood papan atas sekelas Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Chris Evans, Benedict Cumberbatch, Mark Ruffalo, Tom Holland, Elizabeth Olsen dan Tom Hiddleston. Momen yang jarang terjadi, kapan lagi ya kan mereka berkumpul bersama dalam satu judul film?

Bertarung melawan para musuh dengan latar belakang pemandangan yang bermacam-macam udah pasti bakal menambah biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak Marvel. Makanya, gak aneh kalau mereka memerlukan biaya sampai triliunan rupiah untuk memproduksi satu judul film saja.

Langsung aja kita lihat deretan film Marvel Cinematic Universe dengan bujet termahal. Kita mulai dari yang paling murah dulu ya.

Baca juga: Inilah Deretan Film Marvel dengan Penghasilan Terbesar!

7. Black Panther – Rp 2,8 triliunan

avengers endgame
Black Panther. (Marvel)

Yang pertama ada Black Panther yang terkenal dengan lokasi rumahnya yakni Wakanda. Dibintangi oleh Chadwick Boseman sebagai pemeran utama, Black Panther yang dirilis tahun 2018 membutuhkan dana sekitar US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliunan.

Angka ini hampir sama dengan bujet produksi The Avengers yang dirilis 6 tahun sebelumnya. Walaupun dibilang paling murah, tapi ya tetep aja fantastis karena tembus Rp 2,8 triliun.

Baca juga: Segini Bayaran Fantastis Robert Downey Jr Cs di Avengers: Infinity War

6. The Avengers – Rp 2,8 triliunan

avengers endgame
The Avengers. (Marvel)

Di urutan ke-6 ada The Avengers yang merupakan cikal bakal dari cerita Avengers: Endgame. Dirilis pada tahun 2012, diketahui bahwa mereka dikumpulkan oleh sebuah biro federal Amerika Serikat bernama SHIELD.

Untuk menciptakan film kumpulan jagoan pertama kali ini, MCU membutuhkan dana sekitar US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliunan. Angka yang gak sedikit.

Baca juga: Pendapatannya Rp 29 Triliun, Ini Deretan Film Hollywood Paling Banyak Ditonton

5. Guardian of The Galaxy Vol 1 – Rp 3,2 triliunan

avengers endgame
Guardians of The Galaxy. (Marvel)

Guardian of Galaxy pertama kali rilis pada tahun 2014 dan membutuhkan uang sampai Rp 3,2 triliunan untuk memproduksinya. Walaupun tergolong baru namun para jagoan galaksi ini cukup menarik hati para penggemar MCU. Terutama karena kehadiran Groot yang lucu dan unik.

Selain itu ada juga tingkah laku kocak Drax yang diperankan pegulat WWE yaitu Batista.

4. Captain America: Civil War – Rp 3,5 triliunan

avengers endgame
Captain America: Civil War. (Marvel)

Bertengger di urutan ketiga yakni Captain America Civil War dengan bujet mencapai US$ 250 juta atau sebesar Rp 3,5 triliunan. Walaupun bukan termasuk seri Avengers, tapi Civil War menyajikan perang yang gak kalah seru.

Kali ini perseteruan terjadi antara tim Iron Man dan tim Captain America. Di media sosial terlihat banyak penggemar yang seolah-olah terbelah menjadi dua kubu. Ada yang di kubu Robert Downey Jr dan kubu Chris Evans.

3. Avengers Age of Ultron – Rp 4,4 triliunan

avengers endgame
Avengers: Age of Ultron. (Marvel)

Di posisi selanjutnya ada Avengers 2 atau yang kita kenal dengan Age of Ultron. Untuk memproduksi film ini, rumah produksi Marvel Studios membutuhkan dana sekitar US$ 316 juta atau senilai Rp 4,4 triliunan.

Seperti judulnya, di seri kali ini para jagoan Marvel akan melawan musuh bernama Ultron yang memiliki kecerdasan buatan yang sangat pintar. Selain itu disini juga diceritakan mengenai awal mula munculnya karakter Vision yang mungkin kembali di Avengers: Endgame setelah dibunuh oleh Thanos pada Infinity War.

2. Avengers: Infinity War – Rp 5,6 triliunan

avengers endgame
Avengers: Infinity War. (Marvel)

Seri ketiga film Avengers ini menceritakan awal kisah Thanos sebagai salah satu musuh paling kuat dalam Marvel Cinematic Universe. Untuk menampilkan efek visual yang realistis dan kece paling gak Marvel harus mengeluarkan biaya sampai US$ 400 juta atau setara Rp 5,6 triliun.

Film ini juga menjadi salah satu film MCU dengan durasi terpanjang mencapai 2 jam 40 menit. Namun, durasi tersebut akan segera dilewati oleh Endgame yang berdurasi 3 jam 1 menit.

1. Avengers: Endgame – Rp 8,4 triliunan

avengers endgame
Avengers: Endgame. (Marvel)

Dikutip dari Tfs Loans,  seri pamungkas dari IronMan dan kawan-kawannya ini akan memecahkan rekor film MCU dengan bujet termahal yakni mencapai US$ 600 juta atau setara dengan Rp 8,4 triliunan. Dengan biaya sebanyak itu tentu ekspektasi para pecinta tokoh pahlawan super Marvel dari seluruh dunia juga sangat tinggi.

Saking penasarannya, banyak bocoran yang menceritakan tentang akhir kisah mereka melawan Thanos. Tapi sebaiknya jangan terlalu percaya dulu ya, nanti keseruan kamu pas nonton perdana bisa jadi berkurang lho.

Nah itu dia deretan film Marvel Cinematic Universe yang punya bujet paling mahal selama ini. Avengers: Endgame menjadi nomor satu. Gimana, kamu udah siap belum melihat aksi para jagoan Marvel beraksi tanggal 24 April 2019 nanti? Yang penting jangan spoiler ke temen atau di media sosial ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1