Buka Puasa di Jalan? 6 Camilan Ini Harus Selalu Ada di Tasmu

4 menit

Walau tak diinginkan, buka puasa di jalan sering tak terhindarkan. Salah satu sebabnya adalah ramainya kondisi lalu lintas jelang waktu berbuka. Hampir di tiap pinggir jalan ada penjaja makanan kecil atau takjil dadakan. Apalagi bertepatan dengan waktu pulang kantor, tak sedikit pegawai kantoran yang ingin cepat sampai di rumah.

Alhasil belum sampai di rumah, azan Magrib sudah berkumandang duluan. Mau tidak mau puasa pun harus dibatalkan di jalan. Meski banyak penjaja takjil di kanan kiri, bukan berarti semua bisa bebas kamu beli. Kamu tentu harus menjamin kebersihan dan keamanan makanan yang akan kamu nikmati kan?

Solusi teraman biar gak salah makan adalah dengan membawa makananmu sendiri. Siapkan camilan yang bisa membatalkan puasa sekaligus mengganjal rasa lapar sampai tiba makan besar di rumah nanti.

Nah, biar perut tetap terasa nyaman, pilihlah camilan buat buka yang gak cuma enak tapi juga sehat. Utamakan camilan yang mengandung serat dan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi.

Berikut ini pilihan camilan yang perlu ada di dalam tasmu buat persiapan buka di jalan.

Buah-buahan

buka puasa
(Image: DetikFood)

Buah memiliki kandungan yang paling aman bagi tubuh terutama saat perut kosong seharian.  Buah mengandung mineral dan vitamin sekaligus kaya akan air yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, buah juga mengandung gula alami yang cocok sebagai pengganti energi selama berpuasa.

Beberapa pilihan buah yang paling pas untuk buka puasa adalah pisang, pepaya, apel, dan pir.

2. Kacang-kacangan

buka puasa
(Image: Lifestyleokezone)

Kamu bisa menyimpan segenggam penuh kacang almond, mete, kenari, kacang kedelai, atau pistachio di dalam wadah kecil yang bisa kamu bawa dengan mudah di dalam tas. Sejumlah panganan ini mengandung protein dan nutrisi lain yang mampu mengembalikan energi.

Kacang-kacangan juga menggandung banyak serat dan indeks glikemik atau kadar pengaruh terhadap gula darah pada tubuh yang rendah sehingga lebih sehat dan aman.

3. Manisan kurma

buka puasa
(Image: Hijabkeren)

Buah kurma kaya mineral, serat, dan glukosa yang baik untuk tubuh. Sayangnya buah kurma tidak terlalu mudah ditemukan di Indonesia. Tapi, kamu bisa menggantinya dengan manisan kurma yang marak beredar di pasaran terutama saat Ramadan.

Manisan kurma memiliki kandungan gula yang jauh lebih tinggi dari buah kurma segar. Hal ini disebabkan ada penambahkan gula yang cukup banyak sebagai  bahan pengawet alami. Agar tidak membuat gula darah melonjak, kamu cukup mengonsumsi 2-3 manisan kurma saat buka puasa.

4. Granola bar

buka puasa
(Image: Whatsgabbycooking)

Granola adalah makanan yang terbuat dari oat, kacang-kacangan, buah kering, dengan tambahan madu atau pemanis. Granola bar telah banyak dijual di pasaran sehingga kamu akan mudah menemukannya.

Setiap granola mengandung lemak, gula, dan protein yang bagus bagi tubuh. Serat dari granola juga dapat mengontrol kadar gula darah dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Granola juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Tapi kamu mesti jeli sebelum memilih granola bar. Pilihlah granola bar yang mengandung serat yang tinggi dan gula dan lemak yang rendah.

 

5. Biskuit gandum

buka puasa
(Image: Akurat)

Biskuit gandum juga mudah kamu temui di supermarket atau minimarket. Camilan ini sangat praktis untuk dibawa-bawa. Kandungan serat pada biskuit gandum bisa membuatmu tahan lapar paling tidak sampai di rumah nanti.

6. Dark chocolate

buka puasa
(Image: Paleohacks)

Di antara semua jenis coklat, dark chocolate memiliki kandungan yang paling bagus untuk kesehatan tubuh. Dark chocolate kaya akan serat, kalsium, dan zat besi. Camilan enak ini juga ampuh menangkal tubuh dari radikal bebas, lho.

Kadar gula dark chocolate jauh lebih rendah dari coklat biasa yang mengandung susu dan gula lebih banyak dibanding konsentrasi coklat aslinya (dari biji kakao) sehingga lebih menyehatkan namun tetap bisa mengganjal rasa lapar.

Selain camilan, pastikan juga selalu siap sedia air mineral di dalam tasmu.  Air mineral ini yang akan menghilangkan dahaga sekaligus menggantikan cairan di tubuh yang hilang selama puasa. Sebagai alternatif, kamu juga bisa membawa air kelapa muda yang ampuh atasi dehidrasi karena kandungan elektrolitnya cukup tinggi.

Enak, sehat, dan ampuh menunda lapar, camilan di atas bisa banget jadi pilihanmu. Biar gak bosan, bisa juga dipilih secara bergiliran. Selamat berbuka puasa!

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.