Sebelum Buka Usaha Patungan dengan Teman, Baca 4 Tips Ini

Buka usaha patungan dengan teman sering jadi pilihan karena kendala modal. Tapi ada risikonya, apalagi bila patungan lebih dari satu teman.

Gak mau dong ditusuk dari belakang? Bukannya mau suuzon atau berpikiran negatif, tapi lebih baik mengantisipasi daripada terlanjur kejadian dan bikin rugi.

Buka bisnis patungan dengan teman sah-sah saja dilakukan. Bahkan hal itu disarankan bila memang menemukan teman yang dirasa cocok.

Berbisnis bareng teman memberikan sederet keuntungan lho. Bisa berbagi modal, misalnya. Selain itu, bisa bertukar pikiran untuk pengembangan bisnis.

Di luar manfaat buka usaha patungan dengan teman di atas, tetap mesti ada persiapan untuk memastikan bisnis berjalan lancar. Berikut ini tips penting yang perlu kamu catat.

1. Harus betul satu tujuan

buka usaha
Kerja sama mesti dipupuk buat mencapai tujuan bersama, mengesampingkan motif pribadi (home.novaedu.vn)

Saat bersama mengendarai sepeda motor, tentunya harus satu tujuan. Kalau satu orang pengin ke kiri dan yang lainnya mau ke kanan, motor gak akan jalan-jalan. Begitu juga jika buka usaha patungan dengan teman.

Mesti dipastikan dulu kamu dan teman-teman betul-betul satu tujuan. Salah satu cara memastikannya adalah menggelar diskusi atau branstorming soal rencana bisnis. Rencana bisnis itu mencakup tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang.

Misalnya dalam rencana jangka pendek mau buka satu cabang. Jangka menengah mau punya empat cabang. Dan jangka panjang mau bikin usaha turunan. Semuanya mesti disetujui, lengkap dengan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Bagi tugas mesti jelas

buka usaha
Kayak dalam keluarga, harus ada bagi-bagi tugas yang jelas biar urusan kelar (muabannhadat.vn)

Dalam satu dunia, tak bisa ada dua matahari. Hal ini mesti digarisbawahi dalam bisnis patungan dengan teman: pemimpin seharusnya hanya satu.

Maka, diperlukan pembagian tugas yang jelas agar gak bentrok di tengah jalan. Seringnya bagi tugas didasari kemampuan masing-masing. Misalnya kamu ahli dalam hal anggaran keuangan, bisa menjadi direktur keuangan. Biarkan temanmu yang ahli dalam tata kelola bisnis menjadi CEO ataupun direktur utama.

Toh, dalam bisnis itu kamu berdiri sama rata, terutama jika modal yang disetorkan pun sama. Hanya tugas dan tanggung jawab yang membedakan. Dalam prosesnya kelak, gak boleh ada campur tangan terlalu dalam satu sama lain. Semuanya mesti berada pada trek masing-masing.

[Baca: Buka Usaha Modal Kecil Itu Bukan Mustahil, Asal…]

3. Saling terbuka

buka usaha
Ama pacar aja mau terbuka, masak demi bisnis maunya nutup-nutupi (rebanas.com)

Keterbukaan dan transparansi mestinya diprioritaskan. Ini terutama bila buka usaha patungan dengan beberapa teman.

Bila ada satu saja pihak yang menutup-nutupi sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, dampaknya akan panjang. Bisa timbul efek domino yang akhirnya justru menumbangkan bisnis yang dirintis.

Keterbukaan itu antara lain menyangkut keuangan, aset, dan karyawan. Yang paling krusial tentunya soal uang. Sebab, uang bisa menyatukan, tapi lebih bisa membuat perpecahan.

[Baca: Bingung Cara Buka Usaha? Yuk Belajar dari 5 Seleb Ini]

4. Hitam di atas putih

buka usaha
Cukup pakai tanda tangan aja ya, gak perlu cap jempol darah (tirto.id)

Sebaiknya, komitmen dan konsekuensi ditulis di atas kertas dan diteken bersama. Lanjutan dari poin sebelumnya, saling terbuka saja agar gak ada rasa curiga.

Bila memang berniat buka bisnis patungan dengan teman, hal ini seharusnya gak menjadi masalah. Kalau ada yang keberatan, bisa jadi ada motif-motif tersembunyi yang kelak bisa merugikan.

Gak perlu pakai notaris, cukup dengan membubuhkan materai saja. Atau, yang lebih simpel, tulis nama terang dan tanda tangan juga sudah cukup. Intinya adalah kemauan untuk berkomitmen dan setia pada komitmen tersebut.

Beberapa bisnis patungan bisa sukses. Misalnya Dian Sastro yang bekerja sama dengan beberapa kawannya untuk membuka bisnis kuliner. Tapi ada juga yang tewas dalam perjalanan.

Semuanya bergantung pada individu peserta bisnis bersama tersebut. Namun buka usaha patungan tetap menjadi pilihan yang oke untuk memulai usaha. Ketimbang berutang harus bayar bunga, patungan bareng teman tentunya lebih menguntungkan.

[Baca: Niat Buka Usaha Sendiri? Jangan Pilih 4 Bisnis Ini!]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560