Makin Merembet, Tiket AirAsia Juga Lenyap di Bukalapak

1 menit
AirAsia
Shutterstock

Bukalapak membenarkan ketidaktersediaan tiket pesawat dari maskapai AirAsia. Namun, platform dagang daring (online) itu belum mendapatkan laporan lebih lanjut mengenai penyebab raibnya maskapai itu dari situs mereka. 

“Kebetulan, (penjualan) tiket pesawat bukan bisnis utama Bukalapak, jadi kami bekerja sama dengan partner dan belum terima laporan langsung tentang hal tersebut,” papar Co-Founder Bukalapak, Fajrin Rasyid seperti dikutip dari Wartaekonomi.co.id.

Hal itu karena Bukalapak menggandeng partner dalam bisnis penjualan tiket pesawat. Oleh karena itu, perusahaan yang dibesut oleh Achmad Zaky dan Fajrin Rasyid itu tak berhubungan langsung dengan pihak maskapai penerbangan.

Dirinya menambahkan, belum jelas apakah penyebab hilangnya tiket AirAsia berkaitan dengan masalah ataupun kesalahan teknis. Tak hanya di Bukalapak, tiket AirAsia juga tak tersedia di platform lain, seperti Traveloka, Tiket.com, Tokopedia, dan travel berbasis daring lainnya.

Fajrin berujar, “Apakah kemudian ada masalah atau lebih ke bagian teknis atau bagaimana, itu saya belum terima laporan secara langsung. Tapi, iya, per sekarang ini kalau dicek tiket AirAsia tidak ada, di platform lain sepertinya juga tidak ada.”

Di kesempatan yang sama, Fajrin pun menyampaikan, kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi beberapa waktu belakangan membuat penurunan penjualan tiket pesawat di platformnya. Namun, tak disebutkan besaran penurunan itu.

“Secara umum saya lihat, memang ada sedikit lah (penurunan), tapi berapanya nanti saya cek lagi,” katanya.

Menurutnya, masih perlu dilihat apakah kebijakan harga pesawat saat ini banyak mempengaruhi penjualan tiket penerbangan. Di samping itu, permasalahan musim atau seasonal juga memengaruhi bisnis travel.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!