Bukan Jamannya Lagi Takut Sama Kartu Kredit, Coba Kenalan Dulu Deh (Bagian 1)

2 menit
Jangan Takut Sama Kartu Kredit

Lagi ditawarin kartu kredit ya sama marketing bank? Terus bingung mau ambil atau enggak? Biar bingungnya menjauh, mesti kenali lebih dulu apa itu kartu kredit. Nambah pengetahuan soal kartu kredit bisa bikin langkah lebih mudah untuk kamu memutuskan ambil atau enggak

 

Terus, pertanyaan pertamanya adalah,”apakah yang dimaksud kartu kredit?”

Simpel jawabnya. Kartu kredit adalah kartu yang digunakan untuk transaksi di tempat yang ada mesin gesek alias EDC. Atau juga bisa digunakan transaksi saat belanja online.

 

Pertanyaan kedua,”Kok bisa kartu kredit bayarin transaksi. Gimana cara kerjanya?

Jawabnya, setiap kali terjadi transaksi maka penerbit kartu kredit itu yang akan menalangi dulu. Nah, baru kemudian si penerbit kartu kredit ini menagihkan kepada si pemilik kartu kredit sesuai dengan nominal yang ditransaksikan.

 

Berikutnya,”Bayarnya boleh nyicil. Terus akibatnya apa kalau bayarnya dicicil?”

Boleh banget. Pemilik kartu kredit diperkenankan mencicil utangnya. Cuma ada konsekuensi kalau mencicil utang karena akan dikenakan bunga.

 

Besaran bunganya dikenakan berdasarkan pada utang pokok. Jadi kalau tagihan Rp 1 juta, terus lunasinya dicicil Rp 100 ribu, maka dasar pengenaan bunga pada utang Rp 1 juta sampai lunas.

 

“Apa untungnya punya kartu kredit?”

Jawabnya banyak. Secara umum, kartu kredit bikin transaksi lebih praktis. Bayangkan kalau mau belanja tak perlu bawa uang banyak-banyak.

 

Selain itu, banyak penawaran dari penerbit kartu kredit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya promo beli satu tiket nonton bioskop gratis satu. Kan enak bisa traktirin gebetan tanpa modal gede. Terus bisa tarik uang tunai juga saat kepepet.

 

“Terus berita-berita seremnya debt collector nagih utang, gimana itu?”

Kartu kredit memang bisa bawa bencana jika tak pandai-pandai mengelolanya. Maksudnya, kalau si pemiliknya mengabaikan aturan main dan menganggap kartu kredit adalah uang lebih.

 

Ini salah kaprah namanya. Kartu kredit itu semacam lisensi berutang di bank. Sekali gesek, maka secara otomatis utang tercipta.

 

Biar tak disamperin debt collector karena menunggak tagihan, pastikan dulu menggunakan kartu kredit sesuai dengan isi kantong. Bayar tagihan tepat waktu. Dan sebisa mungkin, hindari bayar minimum tagihan. Dijamin deh enggak bakalan ada yang datang mengaku-ngaku debt collector!

 

Selanjutnya

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan