Catat! Begini Tips Agar Tetap Fokus Berkendara di Jalan Raya Saat Puasa

3 menit
Seorang wanita muslim berkendara di bulan puasa (Shutterstock).
Seorang wanita muslim berkendara di bulan puasa (Shutterstock).

Bulan Puasa sering kali dijadikan alasan untuk mengurangi aktivitas terutama diluar ruangan seperti mengemudi kendaraan bermotor. Satu hal yang dikhawatirkan pengemudi adalah tidak fokus ketika tengah berkendara. Padahal ketakutan tersebut bisa teratasi asal pengemudi mengonsumsi makanan bergizi pada saat sahur dan mengatur perilaku berkendara.

Daniel Bramantyo, dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, mengatakan, kondisi tubuh biasanya menjadi lebih lemas pada saat berpuasa, dan tentunya akan memengaruhi kekuatan dan ketahanan saat mengemudi.

“Puasa dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung seperti kurangnya konsentrasi, menguap, dan mengantuk yang membuat pengendara tak menyadari keberadaan rambu lalu lintas,” kata dia dilansir laman Carmudi Indonesia.

Daniel membagikan beberapa tips untuk menjaga konsentrasi saat mengemudi. Berikut ini uraian singkatnya:

Baca juga: Hampir Setengah Miliar Rupiah, Begini Spesifikasi Lengkap Honda X-ADV

Penuhi Asupan Gizi

Bulan puasa
Penuhi selalu asupan gizi (Pexels).

Saat sahur, jangan lupa konsumsi karbohidrat kompleks yang terdapat di nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya. Asupan protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan, karena dikhawatirkan badan akan mudah terasa lemah di siang hari.

Baca juga: Menggendong Mesin Dua Silinder Pertama dalam 50 Tahun, Ini Penampakan Motor Baru Royal Enfield

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Bulan puasa
Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi (Pexels).

Ketika sahur atau berbuka, konsumsi jus buah yang dapat membantu proses pencernaan tetap lancar sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi bagi tubuh.

Baca juga: Siap Bersaing dengan Rush dan Terios, DFSK Glory 560 Dijual Mulai dari Rp 189 Jutaan Aja

Hindari Makanan Pedas dan Asam

Bulan puasa
Hindari makanan pedas dan asam (Pexels).

Sebaiknya hindari makanan yang pedas dan asam. Sebab dapat mengganggu fungsi lambung dan pencernaan yang dapat mengakibatkan asam lambung.

Aman Berkendara

Bulan puasa
Berkendara aman (Shutterstock)

Agar aman berkendara, kamu juga perlu memerhatikan hal berikut ini:

1. Jaga Kecepatan

Jaga kecepatan kendaraan . Sebab kondisi fisik orang yang tengah menjalankan puasa tidak sebugar dibanding saat tidak berpuasa. Rasa kantuk akan muncul ketika badan terasa tidak bugar.

Karena itu, berkendaralah dengan kecepatan wajar, karena kemampuan spasial (melihat jarak, membaca kecepatan) seorang pengemudi yang berpuasa biasanya tidak maksimal, dan ini menimbulkan reaksi yang lebih lambat.

2. Waktu Tidur

Di bulan puasa, jam tidur akan terpotong waktu sahur. Ini membuat pengendara lebih cepat lelah dan kurang berkonsentrasi. Karena itu maksimalkan waktu jam tidur dan hentikan aktivitas yang kurang bermanfaat seperti begadang. Sebaiknya digunakan untuk tidur.

3. Jaga Emosi

Kemacetan biasa terjadi di waktu menjelang berbuka puasa. Kondisi itu cukup mengganggu di mana setiap pengendara tergesa-gesa untuk segera sampai di rumah dan berbuka bersama keluarga.

Sebaiknya berkendaralah dengan tenang dan atur pikiran untuk selalu berfikir positif dan bersabar untuk menjaga emosi. Cara mengemudi yang santun dan tidak mengganggu pengguna jalan lain akan mengurangi risiko kecelakaan.

4. Hadirkan Hiburan di Kabin Mobil

Salah satu cara supaya tidak mengantuk pastikan ada hiburan di dalam kabin seperti mendengarkan radio atau lagu kesayangan selama berkendara.

Dengan adanya hiburan bisa menstimulus pikiran untuk tetap jernih dan menjaga mood tetap baik. Hal ini juga dapat melepas tingkat stress di jalan dan meminimalisirkan kadar emosi.

Nah itu tadi beberapa saran menurut ahli kesehatan agar kamu bisa tetap fokus berkendara di bulan puasa. Karena gak mungkin hanya karena sedang berpuasa kamu jadi malas bawa kendaraan dan memilih naik transportasi umum. Sejatinya lebih nyaman membawa kendaraan sendiri saat puasa ketimbang mengompreng kan? Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan