Dulu Arsitek Handal! Ini Penampakan 6 Rumah Hasil Tangan Dingin Bung Karno

4 menit
Dulu Arsitek Handal! Ini Penampakan 6 Rumah Hasil Tangan Dingin Bung Karno, (Instagram/@bungkarno_).

Hari ini tepat 6 Juni 2019 merupakan hari lahir mantan Presiden RI Soekarno alias Bung Karno. Sang “founding father of Indonesia” ini ternyata memiliki latar belakang sebagai arsitek yang jago dalam urusan mendesain dan membangun hunian.

Wajar aja, Soekarno merupakan alumnus Fakultas Teknik Sipil Technische Hogeschool te Bandoeng yang sekarang beken dengan nama ITB. Selain rumah, mantan Presiden RI ini juga sukses membangun Masjid Istiqlal, Gedung Sarinah, Wisma Nusantara, Monumen Nasional, Hotel Indonesia, Tugu Selamat Datang, Patung Dirgantara, dan lainnya.

Bicara soal rumah-rumah karya Soekarno, bisa dibilang kondisi-kondisi bangunan yang ia bangun memang gak menentu. Ada yang gak terawat dan tapi ada juga yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Pengin tahu update terkini seputar rumah-rumah atau bangunan yang dibangun oleh Bung Karno. Yuk, simak ulasannya di bawah sini seperti yang dikutip dari Tribunnews Jabar.

Baca juga: Hingga Rp 21 Triliun, Ternyata Ini 6 Rumah Termewah dan Termegah di Dunia!

1. Rumah Jalan Dewi Sartika – Bandung

bung karno
Ini wujud rumah yang didesain oleh sang proklamator, (jabar.tribunnews.com).

Usia rumah ini udah lebih dari 100 tahun. Lokasinya sendiri terletak di Jl. Dewi Sartika, Bandung. Bangunan ini memiliki luas 400 meter persegi dan terlihat klasik mirip rumah Dilan.

Atap rumahnya yang berbentuk limas, terdapat empat ruangan masing-masing terdiri dari satu ruang tamu, dua kamar tidur, dan satu ruang keluarga.

Bicara soal kondisinya, rumah ini memang udah gak terawat. Bagian dindingnya rumah yang didesain oleh Soekarno ini udah mengalami retak-retak dan beberapa bagian dinding terlihat kotor lantaran cat tembok memudar.

Baca juga: Raffi Ahmad Boyong Nagita Slavina Huni Rumah Rp 70 M, Begini Penampakannya

2. Rumah Jalan Malabar, Gatot Subroto – Bandung

bung karno
Bangunan yang tampak klasik dan masih asli ini rumah yang didesain oleh Mantan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, (jabar.tribunnews.com).

Rumah yang satu ini kerap disebut dengan nama Rumah Kembar. Rumah kembar ini juga hasil karya tangan dingin Sang Proklamator.

Pembongkaran rumah ini memang sempat mengundang perdebatan yang cukup serius. Lantaran, bangunan ini pada dasarnya dijadikan cagar budaya di Kota Kembang.

Hampir mirip dengan rumah di Jalan Dewi Sartika, bangunan ini memiliki arsitektur khas simbol bentuk gada di atap rumah. Kabarnya, simbol itu menjadi simbol kekuatan dan perlawanan. Sayangnya kondisi rumah ini juga gak terawat dan dibiarkan begitu aja.

Baca juga: Intip Nyamannya Rumah-Rumah Keluarga SBY Lewat Jepretan Ibu Ani Yudhoyono

3. Rumah di Jalan Mangga

bung karno
Ini rumah yang didesain oleh mantan presiden kita, (jabar.tribunnews.com).

Nah, kalau yang satu ini kabarnya sudah dijadikan kafe dan sempat dijual di tahun 2017. Usut punya usut, rumah ini memang sempat dibeli oleh seorang warga sipil.

Berhubung ada penghuninya, kondisi rumah ini tentu terlihat jauh lebih baik ketimbang dua rumah di atas. Bangga banget pastinya telah membeli sebuah rumah yang dulunya dibangun oleh mantan Presiden RI.

Arsitektur rumah ini juga mirip dengan rumah hasil karya Bung Karno lainnya. Terutama di bentuk atapnya.

4. Rumah di Jalan Kasim

bung karno
Ini penampakan bagian depan rumah yang didesain oleh Soekarno, (jabar.tribunnews.com).

Rumah yang dibangun oleh sang proklamator di tahun 1925 ini juga ditempati oleh warga sipil setempat. Dari penampakannya, rumah ini memang sangat terawat dan asri.

Lenawati merupakan nama pemilik rumah yang didesain oleh Soekarno semasa hidupnya. Orangtua Lenawatilah yang membeli kediaman yang satu ini di tahun 1970, otomatis saat ini Lena juga gak bakal berniat menjual rumah itu karena memiliki nilai historis.

Kabarnya, rumah seluas 1.000 meter persegi itu desainnya gak diubah sama sekali. Sengaja dibiarkan orisinil agar aura klasiknya semakin kental.

5. Rumah di Jalan Palasari 5

bung karno
Ini rumah lainnya yang didesain oleh Bung Karno, (jabar.tribunnews.com).

Kabarnya, Bung Karno membangun rumah ini pada tahun pada 1931 silam. Udah lama banget ya tapi gak sejadul rumah di jalan Kasim.

Rumah ini juga ditempati oleh warga sipil biasa, namun gak ada informasi seputar siapa nama pemiliknya. Kalau diperhatikan pemilik rumah juga melakukan renovasi kecil dan pemasangan AC di rumah itu.

6. Rumah di Kaca Wetan

bung karno
Ini rumah ke-6 yang didesain oleh ayah dari Guruh Soekarno Putra dan Megawati, (jabar.tribunnews.com).

Terletak di Jl. Kaca Wetan nomor 8, rumah hasil karya Bung Karno ini telah ditempati oleh seorang warga bernama Henny.

Kabarnya, rumah itu udah ditempati selama puluhan tahun lho dan mengalani renovasi juga. Dulu, pintu masuknya memang ada di bagian depan, namun saat ini diubah jadi di bagian samping.

Meski pemilik rumah melakukan renovasi, mereka tetap mempertahankan atapnya yang masih terlihat asli seperti dulu kala. Hal itu disebabkan karena ada larangan dari pemerintah setempat, mungkin memang sengaja dibiarkan seperti itu biar nilai sejarahnya tetap terjaga. Kabarnya, rumah ini dibangun sebelum tahun 1930 lho.

Itulah enam rumah karya Bung Karno yang terletak di Kota Bandung. Kebayang dong, pemilik rumah bersejarah itu pasti senang banget bisa memiliki bangunan bersejarah.

Mau dijual pasti mahal, kalaupun gak ditempati tentu bisa jadi aset produktif yang mendatangkan uang. Kira-kira pengin gak punya rumah yang bernilai sejarah? Harus punya banyak uang dulu kalau mau beli ya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.