Tak Banyak yang Tahu, 5 Artis Ini Pernah Jadi Buruh! Ada yang Kini Jadi Bintang Hollywood

3 menit
Buruh
Iko Uwais salah seorang artis yang sebelum go international pernah menjadi buruh (Instagram/@iko.uwais)

Buruh yang terdiri dari berbagai serikat pekerja di berbagai negara, termasuk Indonesia tengah merayakan Hari Buruh, hari ini, Rabu (1/5/2019).

Mereka menuntut tujuh isu, yaitu merevisi PP Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan, menghapus outsourcing, perbaikan sistem BPJS, menurunkan tarif listrik, kesejahteraan guru dan pengangkatan guru honorer jadi pegawai tetap.

Selain itu, mereka juga menuntut tarif ojek online layak, dan mendapat kesempatan melenggang ke Pemilihan Legislatif.

Sementara para buruh memperjuangkan harapannya, jajaran lima artis berikut ini ternyata pernah menjadi bagian dari mereka sebelum sukses dan terkenal sebagai publik figur.

Siapa saja mereka? Yuk, simak pemaparan MoneySmart dari berbagai sumber berikut:

Iko Uwais

Buruh
Iko Uwais sebelum jadi artis pernah menjadi buruh (Instagram/@iko.uwais)

Iko Uwais dikenal sebagai aktor Indonesia yang sudah go international. Iko menjadi satu dari sekian orang yang berkesempatan menjajal kemampuan berakting bersama aktor Hollywood.

Siapa sangka, sebelum meraup kesuksesan, suami Audy Item itu pernah bekerja sebagai sopir truk di sebuah perusahaan penyedia telekomunikasi.

Berkat keahlian bela dirinya, kini ayah dua anak itu sukses di dunia hiburan. Tak hanya di dalam negeri, bintang “The Raid” itu juga bersinar hingga taraf internasional.

Bintang “Mile 22” yang sering dibanjiri tawaran bermain fim itu kini sukses berkiprah di dunia perfilman internasional.

Selain beradu akting dengan Yayan Ruhiyan dan Joe Taslim, Iko sudah bermain film dengan aktor Hollywood. Dalam film “Mile 22”, Iko beradu akting dengan Mark Wahlberg, Ronda Rousey, Lauren Cohen.

Baca juga: Kisah Perjalanan Zul Zilvia, Mantan TKI yang Kini Jadi Rockstar

Tukul Arwana

Buruh
Tukul Arwana sebelum jadi komedian pernah menjadi buruh (Instagram/@tukularwanaofficial)

Tukul Arwana kini menjadi salah seorang komedian termahal di Indonesia.Namanya melesat saat dipercayai untuk membawakan acara talk show “Empat Mata”.

Sebelum sukses seperti saat ini, Tukul sebenarnya mengalami perjalanan hidup yang pilu. Beberapa kali diundang di acara talkshow, Tukul kerap menceritakan perjalanan hidupnya sebelum menjadi artis.

Selepas SMA, Tukul pernah bekerja sebagai sopir angkutan (jurusan Johar-Panggung di Semarang).

Setelah dua tahun, Tukul berganti pekerjaan menjadi sopir truk gas elpiji di daerah Tanah Mas hingga hijrah ke Jakarta untuk mengejar impian menjadi pelawak.

Baca juga: Dulunya Buruh Pasir, Danu Sofwan Kini Jualan Cendol dengan Omzet Rp 1,5 Miliar

Caisar Putra Aditya

Buruh
Caisar Putra Aditya sebelum jadi artis pernah menjadi buruh (Instagram)

Namanya dikenal saat menjadi contoh penari di acara “Yuk Keep Smile” di Trans TV. Siapa sangka, sebelum menjadi artis, Caisar juga pernah menjadi buruh.  

Sebelum dikenal publik, Caisar pernah bekerja sebagai tukang ojek setelah lulus SMA. Dia juga pernah menjadi asisten Yadi Sembako, almarhum Budi Anduk dan Bopak.

Chand Kelvin

Buruh
Chand Kelvin sebelum jadi artis pernah menjadi buruh (Instagram/@chand_kelvin)

Chand Kelvin mengawali kariernya sebagai finalis Coverboy harian POS KOTA di Jakarta pada tahun 2005. Sejak saat itu, namanya dikenal publik saat ikut menjadi host bersama almarhum Olga Syahputra.

Sebelum menjadi artis, pemilik nama asli Chandra Adi Prakoso ini rupanya pernah menjadi buruh pabrik.

Saat itu, Chand yang berhasil meraih gelar sarjana teknik industri bekerja di kawasan pabrik kawasan industri Jababeka, Cikarang.

Namun, tak lama bekerja di pabrik, mantan kekasih model seksi Baby Margaretha itu fokus mengejar impiannya menjadi artis.

Opie Kumis

Buruh
Opie Kumis sebelum menjadi komedian pernah jadi buruh (Instagram/@opiekumis17)

Opie Kumis hampir setiap hari menghiasi layar kaca. Siapa sangka, sebelum wara wiri di layar televisi, Opie pernah menjadi buruh bangunan.

Saat menjadi buruh bangunan, dia menerima upah yang terbilang rendah. Perjuangannya itupun membuat dia semakin termotivasi untuk meraih mimpinya.

Itulah lima orang artis yang sebelum sukses di dunia hiburan Tanah Air hingga go international ternyata pernah menjadi buruh.

Dari kisah hidup para artis tersebut, kita bisa memetik pelajaran berharga. Jangan pernah takut bermimpi dan meraih impian setinggi langit!

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.