Dijual Sampai Rp 1 M, Ini 7 Burung Termahal di Dunia! Salah Satunya dari Indonesia

4 menit
burung termahal
Pigeon Racing burung termahal sejagat (Shutterstock)

Di dunia ini, banyak hewan peliharaan termasuk burung termahal yang bisa kamu beli dengan harga jutaan hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah. Namun, apakah kamu pernah terpikir membeli burung termahal yang harganya seperti sebuah mobil mewah?

Demi memenuhi hasrat terpendam, setiap orang rela merogoh kocek yang gak sedikit untuk menjalani hobinya. Entah itu membeli mobil sport, mengoleksi barang mewah, sampai memelihara hewan tertentu.

Kalau membeli anjing atau kucing seharga puluhan juta sih terdengar biasa. Namun, apa jadinya bila mengeluarkan uang sampai miliaran rupiah hanya untuk membawa pulang seekor burung yang sebetulnya gak bisa diajak bermain bersama?

Nyatanya, masih ada lho komunitas pencinta burung yang eksis hingga hari ini, termasuk di Indonesia. Beragam lomba pun rutin diadakan untuk mencari hewan peliharaan siapa yang terbaik.

Dari ratusan jenis yang memungkinkan untuk dikoleksi, kira-kira burung termahal apa sih yang bisa kamu pelihara? Yuk, lihat ulasannya berikut:

7. Northern Oriole – Rp 12 jutaan

Burung termahal
Northern Oriole burung termahal (mostluxuriouslist.com)

Mengutip Most Luxurious List, di urutan paling bawah ada burung termahal bernama Northern Oriole. Sesuai dengan namanya binatang yang satu ini adalah salah satu jenis burung yang hidupnya di bagian paling utara di bumi.

Salah satu yang membuat Northern Oriole memiliki harga mahal adalah suaranya yang khas, dan punya tingkah laku unik di bandingkan burung lainnya.

Seekor burung Northern Oriole memiliki harga sekitar US$ 850 atau setara dengan Rp 12 jutaan.

Baca juga: Satuannya Dibanderol Rp 143 Miliar! Ini 6 Materai Termahal di Dunia

6. Scarlet Tanager – Rp 12,7 jutaan

burung termahal
Scarlet Tanager burung termahal (mostluxuriouslist.com)

Datang dari wilayah benua Amerika ada Scarlet Tanager. Berbeda dengan Northern Oriole, jenis ini memiiliki ukuran lebih besar.

Scarlet Tanager tergolong dalam binatang yang lumayan cerdas. Selain itu, yang membuatnya punya harga lumayan mahal karena warna corak tubuhnya khas merah dan memiliki sayap berwarna hitam. Padahal, warna kulitnya cenderung ke arah kuning.

Satu ekor burung Scarlet Tanager dihargai sekitar US$ 900 atau senilai Rp 12,7 jutaan. 

5. Flamingo – Rp 14,1 jutaan

burung termahal
Flamingo burung termahal (shutterstock)

Selanjutnya, ada burung Flamingo yang memiliki bentuk tubuh lumayan besar dengan kaki khasnya yang panjang. Berkat tubuhnya itu, dia bisa terbang sejauh 35 mil dalam waktu satu jam saja.

Sebagian dari kamu pasti udah sering melihat jenis ini dari film dokumenter atau acara televisi. Flamingo berasal dari daerah Amerika, namun terkadang juga terdapat di daerah Karibia.

Flaminggo masuk dalam daftar burung termahal kelima dengan banderol sekitar US$ 1000 atau Rp 14,1 jutaan per ekor. 

4. Hyacinth Macaw – Rp 17 jutaan

burung termahal
Hyacinth Macaw burung termahal (mostluxuriouslist.com)

Kamu pernah main game Angry Birds atau menonton film kartunnya? Hyacinth Macaw jenis burung di game Angry Birds merupakan salah satu burung termahal sejagat.

Warna kulitnya yang berwarna biru dicampur hitam menjadi identitas paling gampang kita mengenali spesies satu ini. 

Hewan ini bisa kamu temukan dengan mudah di daerah Amerika Timur dan Selatan. Paruhnya yang besar dan kuat bisa dengan mudah menghancurkan makanan yang disukai.

Harga burung Hyacinth Macaw dipatok US$ 1.200 atau seharga Rp 14,1 jutaan.

3. Burung termahal Toucan – Rp 70 jutaan

burung termahal
Toucan burung termahal (mostluxuriouslist.com)

Masih datang dari daerah benua Amerika ada burung Toucan. Di seluruh dunia terdapat paling gak 40 spesies burung satu ini yang tersebar.

Bentuk dan ukuran Toucan bisa sangat bervariasi, tetapi yang menjadi ciri khas utama darinya adalah kombinasi warna kuning, hitam serta garis putih pada tubuhnya. Ditambah, warna paruhnya yang eksotis.

Satu ekor burung Toucan dihargai sekitar US$ 5.000 atau setara Rp 70 jutaan.

2. Black Palm Cockatoo – Rp 226 jutaan

burung termahal
Black Palm Cockatoo burung termahal (mostluxuriouslist.com)

Duduk di urutan kedua ada Black Palm Cockatoo atau di Indonesia dikenal dengan nama Kakaktua Jambul Hitam. Ketika dewasa, tinggi tubuhnya bisa mencapai 60 centimeter dan termasuk salah satu burung tertinggi.

Warna bulunya yang hitam dengan corak merah di bagian wajah membuat Black Palm Cockatoo mempunyai daya tarik luar biasa bagi pencintanya.

Seekor Black Palm Cockatoo bisa mencapai harga US$ 16.000 atau setara Rp 226 jutaan dan menjadi burung termahal kedua di dunia.

1.  Pigeon Racing – Rp 1 miliaran

burung termahal
Pigeon Racing burung termahal (mostluxuriouslist.com)

Di urutan pertama sebagai burung termahal di dunia adalah pigeon racing atau yang dikenal dengan merpati balap. Baru-baru ini, di Indonesia ada seorang pemilik pigeon racing yang berhasil menjualnya seharga Rp 1 miliar.

Salah satu faktor yang membuatnya dihargai segitu mahal karena prestasinya ketika ikut kejuaraan. Hampir di setiap kejurnas, burung yang dinamai Jayabaya tersebut meraih trofi juara.

Itulah beberapa burung termahal di dunia yang ada sekarang ini. Dari ketujuh jenis burung tersebut, kira-kira mana yang paling kamu sukai nih, guys? (Editor: Chaerunnisa)

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.