Nama-Nama Ini Dinilai Cocok Mengisi Posisi Ketua Umum PSSI, Siapa Aja?

3 menit
Cak Imin dan Erick Thohir dalam bursa calon Ketua PSSI (Instagram/@cakiminow)
Cak Imin dan Erick Thohir dalam bursa calon Ketua Umum PSSI (Instagram/@cakiminow)

Posisi Ketua Umum PSSI kini tengah kosong. Lantas, siapa sosok yang cocok mengisi kekosongan posisi tersebut?

Pascamundurnya Edy Rahmayadi, Januari lalu, kursi ketua diganti dengan Plt yang dipegang oleh Joko Driyono. Tapi kemudian, Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka oleh Satgas Antimafia Bola atas kasus perusakan barang bukti pengaturan skor.

Kini PSSI pun tengah merencanakan untuk menggelar kongres luar biasa. Agendanya pertama untuk menentukan komite pemilihan, dan menentukan tanggal untuk pemilihan ketua umum baru.

Di masa-masa kritis PSSI kali ini, sederet nama digadang-gadang cocok untuk mengisi posisi ketum.

Mereka yang cocok haruslah memiliki sikap yang tegas dan berintegritas tinggi untuk mengembalikan citra PSSI yang tengah terpuruk akibat sejumlah petingginya terseret kasus pengaturan skor.

Nama-nama tersebut mulai mencuat di media sosial, bahkan turut digaungkan oleh para politisi-politisi. Siapa saja nama yang bergema untuk posisi Ketua Umum PSSI? Dan seperti apa sepak terjangnya?

1. Erick Thohir

Erick Thohir (Instagram/@erickthohir)
Erick Thohir (Instagram/@erickthohir)

Nama Erick Thohir menjadi salah satu kandidat yang digaungkan. Bagaimana tidak, pengusaha kaya raya ini memang terkenal banget doyan olahraga sepak bola. Gak cuma sekadar menonton, tapi dia ikut terjun ke industri ini.

Track record-nya yang apik di kancah sepak bola internasional membuat siapa saja semakin yakin kalau dia cocok untuk mengisi posisi ini.

Erick tercatat pernah memiliki saham mayoritas hingga 70 persen di klub sepak bola asal Italia Inter Milan. Kurang lebih selama lima tahun, dia menjabat pula sebagai Presiden Inter Milan.

Gak cuma di Italia, Erick juga diketahui memiliki klub DC United yang dibelinya pada tahun 2012. Sayangnya, dia juga telah menjual sahamnya pada tahun 2018.

Dalam berorganisasi, sejumlah posisi penting pernah dia jabat. Salah satunya, menjadi Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dari tahun 2006-2010.

Jadi dengan segudang pengalamannya itu, Erick dinilai cocok untuk membawa perubahan bagi PSSI.

Baca juga: Deretan Orang Kaya Indonesia di Balik Klub-Klub Bola Internasional

2. Krishna Murti

Krishna Murti (Instagram/@krishnamurti_bd91)
Krishna Murti (Instagram/@krishnamurti_bd91)

Polisi berpangkat Brigjen Pol ini ditugaskan sebagai wakil ketua Satgas Antimafia Bola. Sejak kasus pengaturan skor mencuat, dia kerap mengampakan kritikan hingga kepirhatinannya terhadap kondisi sepak bola di Indonesia.

Gak jarang, setiap pernyataannya itu bahkan menuai pro kontra di kalangan followers-nya, khususnya pencinta bola.

Nah, pria yang akrab disapa KM itu dinilai cocok untuk mengisi posisi Ketua Umum PSSI. Mantan Dirkrimum Polda Metro Jaya itu dikenal sebagai sosok yang berintegritas tinggi dan berani dalam melakukan segala tindakan meskipun penuh dengan risiko.

Kiprahnya mulai mencuat ketika dia dan timnya berhasil melumpuhkan pelaku teror bom Sarinah, pada Januari 2016 silam.

Baca juga: Sepak Terjang Jokdri, dari Petinggi PSSI Hingga Tersangka Kasus Pengaturan Skor 

3. Cak Imin

Cak Imin (Instagram/@cakiminow)
Cak Imin (Instagram/@cakiminow)

Bukan hal baru lagi kalau Ketum Partai Politik terjun ke organisasi keolahragaan. Sebut saja dulu ada Wiranto yang saat itu menjabat sebagai Ketum PBSI sekaligus Ketum Partai Hanura.

Nah, Cak Imin, yang kini menjabat Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga digadang-gadang sebagai salah satu kandidat mengisi kursi Ketum PSSI. Bahkan, dia sendiri menyebutkan ketertarikannya untuk menggantikan Edy Rahamyadi.

Dalam Twitter pribadinya, Cak Imin mencuitkan, “Saya siap menjadi Ketua Umum PSSI, biar beres, biar berprestasi, biar masuk gelanggang dunia.”

Tapi, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2009-2014 itu gak punya background di bidang olahraga sama sekali.

4. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Ahok (Instagram/@basukibtp)
Ahok (Instargram/@basukibtp)

Kalau nama yang satu ini muncul akibat desakan publik, dan warganet di media sosial.

Kondisi PSSI yang dari tahun ke tahun tidak mampu meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia, ditambah lagi dengan kasus pengaturan skor yang sedang marak, dinilai membutuhkan sosok yang berintegritas dan tegas.

Ahok dinilai sebagai sosok yang pas. Mengingat track record-nya selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta kerap menunjukkan ketegasannya dan sikap kerasnya terhadap sesuatu hal yang menyimpang.

Ahok yang berhasil membuat DKI Jakarta menjadi lebih transparan juga dinilai mampu memangkas praktik-praktik kecurangan di PSSI.

Itu tadi empat tokoh ternama yang digadang-gadang mampu mengembalikan kejayaan PSSI pascamundurnya Edy Rahmayadi. Tapi untuk mengisi posisi Ketua Umum PSSI, ada syarat yang harus mereka penuhi.

Salah satunya adalah berdasarkan Pasal 34 ayat 4 Statuta PSSI, menyebutkan bahwa calon Ketua Umum PSSI sekurang-kurangnya harus aktif lima tahun dalam sepak bola.

Dari empat nama itu, kayaknya cuma Erick Thohir yang lolos syarat! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.