Adu Kuat Calon Kendaraan RI-1, BMW 7 Series atau Mercedes-Benz S600?

4 menit
mobil presiden
Adu Kuat Calon Kendaraan RI-1, BMW 7 Series atau Mercedes-Benz S600?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam setiap kunjungan di dalam kota maupun luar kota Jokowi selalu menggunakan mobil presiden yang bakal setia menemaninya. Saat ini Mercedes-Benz S600 masih menjadi pilihan utama. Namun, BMW telah menyodorkan tipe 7 series F02 sebagai penantang pabrikan Mercy.

Semenjak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pemerintah sepertinya sulit pindah ke lain hati buat memilih kendaraan lapis baja yang digunakan oleh orang nomor satu di Indonesia.

Namun kali ini angin segar mengejutkan di mana pihak BMW Indonesia telah mengajukan nama salah satu jenis mobil sedan mewahnya yang bakal dijadikan kendaraan dinas RI-1.

“BMW Indonesia tawarkan BMW Seri 7 Security Vehicle F02. Saat ini untuk High Security Vehicle hanya tersedia untuk BMW seri 7 F02,” tutur Vice President of Corporate Communication, BMW Group Indonesia, Jodie O’tania mengutip dari detikcom.

Seperti yang kita ketahui untuk bisa menjadi mobil presiden tentu ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh vendor. Mulai dari sisi spesifikasi mobil, fitur dan pastinya memiliki tingkat keamanan yang tinggi itu penting banget rasanya nih buat sebuah mobil kepresidenan.

Oleh karena itu, mobil BMW memiliki kelebihan patut diperhitungkan melawan Mercedes-Benz S600 yang kini digunakan oleh Presiden Joko Widodo. Dari pada berlama-lama lagi mending kita lihat yuk spesifikasi lengkap dari calon mobil presiden BMW 7 Series F02 berikut ini.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

Sektor mesin keduanya serupa tapi tak sama!

mobil presiden
BMW 7 Series digadang-gadang sebagai kompetitor Mercy nih buat kendaraan RI-1, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nilai jual utama dari sebuah mobil tentu ada di bagian dapur pacunya. Mobil presiden memerlukan kendaraan yang memiliki tenaga besar guna meloloskan penumpangnya dari situasi berbahaya.

Mengutip dari  BMW blog, buat mewujudkan hal tersebut gak salah BMW memilih tipe yang satu ini, lantaran BMW 7 Series ini memiliki spesifikasi paling tinggi. Terdapat mesin berkapasitas 6.000cc V12 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 544 tenaga kuda.

Akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam bisa ditempuh hanya dalam 6,2 detik aja. Sedangkan buat kecepatan maksimal bisa diraih sampai 210 kilometer per jam dengan sistem pembatasan elektronik.

mobil presiden
Mercy ini digadang-gadang juga bakal jadi mobil RI-1 nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di kubu seberang, Mercedes-Benz S600 buat tipe yang paling tinggi dan aman yakni Pullman Guard menyelipkan mesin gak kalah gahar. Buktinya mereka menggunakan mesin sebesar 6.000cc bertipe V12 yang mampu menghasilkan kekuatan hingga 523 tenaga kuda.

Buat performanya sendiri sangat kencang karena mampu membawa seluruh penumpang serta pengemudi berakselerasi dari 0 sampai 100 kilometer per jam dalam waktu 8 detik aja. Kecepatan maksimal yang mampu ditempuh olehnya sekitar 160 kilometer per jam aja dengan sistem pembatasan elektronik.

Bisa dilihat dari kedua calon mobil presiden tersebut terdapat hanya ada sedikit perbedaan yang gak terlalu signifikan.

Baca juga: Harta Basaria Panjaitan, Jenderal Polisi dan Pimpinan KPK yang Cuma Punya 1 Mobil Toyota

Fitur keamanan dilengkapi dengan pelindung balistik

mobil presiden
Keren banget ya mobil buat Presiden Republik Indonesia nantinya, (Businessinsider).

Kurang afdol kayaknya kalau gak membahas mobil presiden tanpa membicarakan soal fitur keamanannya. Sebab inilah salah satu pertimbangan krusial yang ditentukan oleh sebuah pemerintahan demi menjaga keselamatan kepala negara, betul gak?

Untuk BMW 7 Series pihak pabrikan telah lolos uji balistik level VR9 di bagian kerangka bodi demi mencegah hal-hal yang gak diinginkan seperti pemukulan, penembakan hingga pengeboman.

Bahkan keamanan level VR9 mampu menahan gempuran dari peluru senjata pistol hingga magnum yang memiliki kaliber sampai 44 milimeter. Senjata serbu macam AK-47 juga bisa diatasi dengan mudah oleh teknologi balistik terbaru tersebut.

Keamanan standar internasional lainnya seperti roda maupun ban yang bisa berjalan walaupun bocor dan tabung oksigen darurat di kabin penumpang udah tersedia di kendaraan ini.

Mercedes-Benz S600 juga menawarkan perlindungan maksimal yang gak kalah sangar ketimbang BMW 7 series.

Bagian kerangka samping serta bawah mobil ditutupi oleh panel baja yang kuat guna mencegah terjadinya kebocoran atau ledakan di bagian vital.

Jadi bisa dikatakan S600 ini tahan terhadap segala jenis ledakan bom yang mungkin aja bisa melukai penumpang yang di dalamnya. Bagian kaca udah dilapisi dengan pelindung khusus terbuat dari polikarbonat agar gak gampang pecah.

Pihak Mercedes-Benz sendiri telah mengklaim telah memiliki sertifikat level VR9 buat sistem keamanan mobil ini. 

Baca juga: Beli Cuma Setengah Juta, Mobil Rano Karno Ini Ditawar Rp 1 M!

Harga kedua mobil di atas mencapai belasan miliaran rupiah

mobil presiden
Kedua calon mobil Presiden Republik Indonesia ini harganya cukup fantastis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu tertarik buatmembawa pulang mobil dengan keamanan maksimum tersebut paling gak harus menyiapkan kocek yang lumayan dalam.

1 unit BMW 7 Series yang udah dilengkapi dengan fitur keamanan ekstra dijual sekitar Rp 17,4 miliaran. Sedangkan lawannya, Mercedes-Benz S600 sendiri dibanderol sekitar Rp 21,1 miliaran.

Spesifikasi, fitur serta harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu ya. Tergantung persetujuan antara pihak yang berkaitan.

Nah, itulah perbandingan mobil presiden BMW 7 Series dengan juara bertahan Mercedes-Benz S600. Kira-kira menurut kamu pabrikan mana yang layak mendampingi pak Jokowi dinas ke luar kota nih, guys? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!