Waspadai Aksi Kejahatan di ATM! Cara-cara Ini Bantu Kamu Menghindarinya

4 menit
Cara Ambil Uang di ATM yang mesti kamu perhatikan agar gak kena kejahatan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sampai saat ini aksi kejahatan masih aja terjadi. Sasarannya pun gak pilih-pilih, siapa pun bisa mengalaminya. Apalagi yang biasa lakukan transaksi perbankan, rentan alami aksi ini. Karena itu, kamu mesti tahu nih cara mengambil uang di ATM yang aman agar gak jadi korban kejahatan.

Asal tahu aja nih, orang-orang yang bertransaksi di mesin ATM lebih potensial jadi sasaran pelaku kejahatan perbankan. Rata-rata korban mengaku didatangi orang gak dikenal saat hendak ambil uang di ATM.

Awalnya mereka udah mengikuti cara ambil uang di ATM sesuai dengan informasi yang mereka tahu. Namun, saat sedang melakukannya, ada kendala yang kemudian bikin mereka bingung mengatasinya.

Pada saat itulah, ada orang-orang yang menawarkan bantuan yang ternyata cuma pura-pura. Sampai akhirnya mereka tahu kalau mereka udah ditipu ketika cek rekening yang sisa saldonya kurang dari Rp 100 ribu.

Baca juga: Sudah Tahu Dong Cara Pakai Mesin ATM, Tapi Sudah Tahu Biaya-Biayanya?

Berangkat dari pengalaman tersebut, Moneysmart.id mau berbagi kepada kamu cara ambil uang di ATM yang bisa jauhkan kamu dari kejahatan perbankan. Seperti apa caranya? Simak yuk ulasannya berikut ini.

Gini lho sebenarnya cara ambil uang di ATM

Saat mengambil uang di mesin ATM kamu mesti perhatikan beberapa hal ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pada dasarnya, transaksi di ATM itu mudah lho. Petunjuk-petunjuk yang disampaikan mesin ATM udah jelas dan tinggal diikuti aja.

Nah, buat kamu yang masih bingung gimana cara ambil uang di ATM, gini lho cara-caranya.

  • Siapkan kartu ATM.
  • Masukkan kartu ATM ke mesin dengan posisi seperti gambar yang tertempel di mesin.
  • Pilih bahasa Indonesia dengan menekan tombol yang ditunjuk panah.
  • Masukkan PIN ATM.
  • Pilih jumlah uang yang mau diambil seperti yang ditampilkan di layar atau jumlah lain.
  • Kalau jumlah yang kamu inginkan ada di gambar, pilih tombol yang ditunjuk panah. Sementara kalau jumlah lain, tekan tombol yang di samping tulisan Jumlah Lain. Kemudian kamu masukkan jumlah yang diinginkan.
  • Setelah itu, tunggu dan uang bakal keluar dari mesin. Begitu juga dengan struk transaksi. Namun, ada juga lho bank yang meniadakan struk transaksi buat tarik tunai.
  • Ambil uang yang keluar dari mesin dan kartu ATM milikmu.
  • Tarik tunai di mesin ATM udah selesai dilakukan.

Baca juga: Cara Kerja Mesin EDC: Ngambil Duit Gak Perlu ke ATM, Cukup Gesek Kartu

Ini tips-tips agar ambil uang di ATM dijauhkan dari aksi kejahatan

Walaupun mudah dan gak membingungkan, masih ada aja orang yang jadi korban aksi kejahatan perbankan. Nah, kamu perlu lakukan tips-tips berikut ini agar terhindar dari orang-orang jahat yang mengincar kamu saat di mesin ATM.

1. Usahakan ambil uang di mesin ATM berada di dekat bank

Usahakan ambil uang di mesin ATM persis dengan posisi bank ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tarik tunai di mesin ATM lebih memungkinkan kamu terhindar dari kejahatan. Soalnya di bank ada petugas keamanan yang selalu siap menjaga keamanan. Karena itu, potensi kejahatan terjadi lebih kecil ketimbang kamu mengambil uang di mesin ATM lain.

2. Bisa juga ambil uang di mesin ATM di dalam minimarket

Ambil uang di mesin ATM yang terletak di dalam minimarket, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini juga menjadi cara yang ampuh meminimalkan aksi kejahatan perbankan. Di minimarket selain punya penerangan yang memadai, juga merupakan tempat yang jarang sepi pengunjung. Jadi, kemungkinan besar aksi kejahatan jarang banget terjadi di sana.

3. Selalu tutupi papan nomor dengan tangan saat memasukkan PIN

Tutupi pin kamu dengan tangan saat mengambil uang di ATM, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hal ini paling sering diingatkan. PIN yang kamu ingat selama ini adalah kode pengaman kartu ATM milikmu. Itulah kenapa PIN gak boleh diketahui siapa pun selain kamu.

Saat ambil uang di mesin ATM, usahakan tutupi papan nomor dengan tangan agar gak terlihat orang lain angka apa aja yang kamu ketik sebagai PIN.

Baca juga: Tak Ingin Kena Skimming, Ikuti 6 Cara Aman Ini Saat Transaksi di ATM

Siapa pun orangnya tanpa terkecuali petugas bank gak boleh tahu PIN ATM milikmu. Sekalipun petugas bilang memberikan PIN itu keharusan, jangan pernah menuruti bujukannya tersebut.

Di sinilah kamu patut curiga. Kamu bisa melaporkan orang tersebut ke bank atau kantor polisi agar segera ditindak.

4. Selalu ambil tindakan antisipatif dengan mengganti nomor PIN secara berkala

Usahakan mengganti pin ATM kamu secara berkala ya buat menghindari kejahatan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengganti PIN secara berkala bisa menjadi langkah pencegahan yang ampuh. Kamu bisa melakukan penggantian nomor di mesin ATM.

Buat ganti PIN ATM, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masukkan kartu ATM ke mesin.
  • Masukkan PIN.
  • Pilih menu Transaksi Lainnya.
  • Pilih menu Ubah PIN.
  • Masukkan 6 digit PIN baru.
  • Setelah itu, nanti muncul di layar kalau ubah PIN berhasil.

5. Kalau mesin ATM bermasalah dan kartu gak bisa keluar, segera hubungi call center

Jika terjadi saat mengambil uang di mesin ATM, kamu sebaiknya menghubungi call center, (Ilustrasi/Shutterstock).

Harap tenang dan jangan panik ketika terjadi masalah pada mesin ATM yang mengakibatkan kartu ATM kamu gak keluar alias tertelan. Salah satu cara adalah segera hubungi call center bank yang nomornya biasanya tertera di mesin ATM.

Biasanya nih modus kejahatan pembobolan ATM terjadi dalam kondisi ini. Para pelaku kejahatan bakal mendatangi kamu dan bertanya apa yang terjadi. Lalu mereka berpura-pura menawarkan bantuan hingga kamu terbujuk dan memberitahu berapa PIN kamu.

Kalau sampai kamu bertemu orang-orang seperti itu, segera hindari dan menjauh dengan pergi ke tempat ramai. Lalu hubungi call center bank dan adukan permasalahan kamu agar kartu ATM segera diblokir.

Nah, ternyata gampang banget kan cara ambil uang di ATM? Tinggal diikuti dan selalu lakukan tips-tips aman di atas. Walaupun gak 100 persen terhindar dari aksi kejahatan, setidaknya besar kemungkinan kamu terhindar dari kejahatan perbankan yang bisa terjadi di mana aja. (Editor: Mahardian Prawira).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong