Udah Nikah Tapi Gaji Masih 4 Juta, Ini Cara Biar #MerdekaFinansial

5 menit
Cara atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (shutterstock)
Cara atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (shutterstock)

Kamu yang udah nikah dan bergaji 4 juta, pasti sering ngerasa ketar-ketir. Angka tersebut gak jauh-jauh dari angka gaji UMR Jakarta yaitu Rp 3,6 juta. Rasa-rasanya kayak gak cukup deh kalau mau #MerdekaFinansial.

Eits, jangan pesimis gitu dong. Kamu tetap bisa menggapai #MerdekaFinansial versi kamu walau dengan gaji yang tergolong kecil buat sebagian orang. Toh, gak selamanya kan kamu punya pendapatan segitu.

Yang penting, meskipun bergaji kecil, kamu harus bisa ngatur duit. Dengan gitu, saat kamu nanti punya pendapatan lebih besar bakal lebih mudah buat kamu atur pengeluaran. Apalagi kalau sekarang kamu dan istrimu masih belum punya anak. Kamu bisa banget atur masa depan meski dengan gaji 4 juta.

Yuk, simak tips berikut soal gimana mengelola pengeluaran kamu selama sebulan dengan gaji 4 juta.

1. Biaya cicilan KPR atau kontrakan gak lebih dari 20 persen

Jomblo berkelas
KPR

Kalau kamu ambil KPR ataupun kontrakan, pastikan biaya bulanannya gak lebih dari 20 persen gaji kamu. Ada kok beberapa perumahan subsidi yang menawarkan cicilan Rp 800 ribu per bulan.

Kalau belum ambil rumah subsidi secara kredit, kamu bisa cari kontrakan dengan harga segitu. Yang pasti, rumah dengan spesifikasi harga tersebut pastinya gak di Jakarta ya.

Kamu bisa cari rumah di pinggir Jakarta, seperti misalnya Depok, Bekasi, Bogor, atau Tangerang.

2. Masak sendiri ketimbang beli makan di luar

me time
Masak sendiri hemat uang makan (istockphoto)

Asal tahu aja, biaya beli makan di luar bisa ngehabisin gaji kamu sebulan. Terlebih kalau kamu gak bisa ngerem porsi makan kamu.

Oleh karena biaya makan termasuk salah satu biaya paling besar, lebih baik masak sendiri aja. Toh kalian berdua kan. Jadi, masak cukup efektif karena gak harus masak sedikit banget kayak waktu sendiri.

Contoh, kamu bisa sisihkan dana Rp 200 ribu buat beras. Kemudian, dana Rp 1 juta buat belanja lauk-pauk. Ingat, belanjanya di pasar biar lebih murah. Dengan dana Rp 1 juta, kamu bisa gunakan Rp 200 ribu per minggu buat belanja bahan makanan ke pasar. Kemudian, sisanya buat beli minyak goreng, gas, dan sebagainya.

Total jadi Rp 1,2 juta buat masak.

3. Naik motor aja biar hemat

Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)
Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)

Punya kendaraan sendiri, dalam hal ini motor, jauh lebih hemat daripada naik kendaraan umum. Dengan sepeda motor, kamu dan istri bisa berangkat dengan satu kendaraan yang sama dengan harga bensin yang sama pula.

Jadi, hemat kan?

Nah, buat transportasi, kamu bisa sisihkan dana Rp 7.800 per liter buat sehari. Kira-kira sebulan kamu mesti sisihkan dana Rp 234 ribu buat bensin Pertalite. Ini tentunya dengan asumsi motor kamu irit dan lokasi kerja kamu dan istri gak terlalu jauh dari tempat tinggal.

4. Kebutuhan lain buat rumah tangga

Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)
Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)

Tentu rumah butuh dibersihkan dong. Nah, pasti ada biaya tertentu yang perlu dikeluarkan buat bersih-bersih rumah dan lainnya. Contoh, beli karbol, deterjen, dan lain sebagainya. Nah, kamu bisa sisihkan dana Rp 200 ribu buat kebutuhan ini.

Jangan lupa pula buat sisihkan dana buat pulsa dan paket data. Buat kebutuhan ini, kamu bisa sisihkan Rp 100 ribu buat masing-masing, kamu dan istrimu. Jadi, total per bulan kamu keluar Rp 200 ribu.

Total buat kebutuhan lain ini jadi Rp 400 ribu.

5. Tabungan masa depan

Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)
Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)

Kalau udah menikah tentu kamu gak bisa cuma mikirkan diri kamu dan pasangan kamu aja. Kalian bisa jadi berencana buat punya anak, kan?

Nah, biar biaya saat punya anak nantinya makin ringan, yuk siapkan dari sekarang! Kamu bisa sisihkan 20 persen gaji kamu buat tabungan dan investasi.

Alokasinya begini: 10 persen buat investasi masa depan yang gunanya buat anak kamu. Kemudian, 10 persen lagi bisa kamu sisihkan buat masuk ke rekening khusus tabungan.

Kenapa investasi? Sebab, nilainya bakal melebihi inflasi. Kamu bisa buka tabungan emas atau reksadana buat kebutuhan anak di masa depan. Nah, sementara itu kamu bisa buka rekening khusus tabungan yang bisa kamu gunakan buat kebutuhan tertentu di masa depan.

Total buat investasi dan tabungan, kamu sisihkan Rp 800 ribu.

6. Siapkan dana darurat

Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)
Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)

Pos satu ini bisa jadi terlihat sepele namun cukup menguras dompet, lho. Mending kamu siapkan secara rutin setiap bulan deh. Dengan gitu, kamu gak merasa berat bila sesuatu yang gak diinginkan terjadi.

Contoh, bisa jadi kamu atau istri kamu tiba-tiba harus ke dokter. Buat jaga-jaga, kamu sisihkan aja deh 5 persen dari gaji yaitu Rp 200 ribu buat pos ini.

7. Sisihkan 5 persen dari gaji buat rekreasi hemat

Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)
Tips atur gaji 4 juta buat yang udah nikah. (Shuttestock)

Hemat boleh namun bukan berarti dengan gaji 4 juta kamu gak bisa rekreasi. Tentu bisa banget dong!

Kamu sisihkan 5 persen buat rekreasi hemat setiap bulannya. Nah, dana tersebut bisa kamu gunakan setiap bulan atau beberapa bulan sekali. Buat lebih hemat lagi, kamu bisa wisata gratis aja di beberapa spot menarik di daerah kamu. Jadinya, cuma keluar bensin, kan?

Buat rekreasi, kamu bisa gelontorkan dana Rp 200 ribu per bulan.

Kalau ditotalkan, berikut pengeluaran kamu per bulan buat kebutuhan bulanan dan tabungan:

  • Sewa rumah atau cicilan, Rp 800 ribu
  • Masak di rumah, Rp 1,2 juta
  • Transportasi, Rp 234 ribu
  • Kebutuhan lain, Rp 400 ribu
  • Tabungan dan investasi, Rp 800 ribu
  • Dana darurat, Rp 200 ribu
  • Rekreasi, Rp 200 ribu

Total pengeluaran: Rp 3.834.000

Dari total pengeluaran tersebut malah kamu masih punya sisa Rp 166 ribu lagi, lho. Dana tersebut bisa kamu gunakan buat investasi lainnya jika mau. Atau, kamu masih bisa kasih buat pasangan beli make-up deh.

Melihat pengelolaan gaji di atas, gaji 4 juta ternyata gak sekecil itu kan? Kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup sekaligus nabung buat masa depan dengan gaji segitu. #MerdekaFinansial pun bukan hal mustahil buat kamu capai.

Nah, apalagi kalau pasangan mau bantu kamu buat nambah penghasilan. Bukan gak mungkin, keluarga kamu bakal sejahtera terus hingga masa tua.

Yuk, dicoba!

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.