7 Cara Bikin Spa di Rumah Tanpa Harus Keluar Bujet Mahal

3 menit
spa di rumah

Biaya perawatan tubuh agar tetap cantik dan segar dengan cara spa memang relatif mahal. Kamu bisa mengeluarkan kocek ratusan ribu hingga jutaan buat urusan ini. Untuk menghemat pengeluaran, kenapa gak ciptakan spa di rumah sendiri aja?

Berikut tujuh cara mudah membuat spa di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

1. Bikin minuman sendiri

Tempat spa identik dengan minuman yang bisa bikin segar badan. Buat menghidupkan suasana spa di luar, kamu bisa bikin minuman spa sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah tersedia.

Misalnya kamu bisa buat minuman dari bahan-bahan sayuran seperti campuran air dengan potongan mentimun atau lemon. Kamu juga bisa membuat minuman dengan menggunakan rempah-rempah seperti jahe, bunga rosella, dan lainnya.

Minuman yang dibuat sendiri untuk menciptakan spa di rumah gak bakal kalah enak lho kalau kamu pandai meraciknya.

2. Ciptakan pencahayaan ruangan dengan lilin

spa di rumah
Lilin bisa kamu jadikan buat pencahayaan spa agar suasana lebih intim (champaislandresort)

Untuk menciptakan suasana spa di rumah yang lebih intim, kamu bisa menyalakan lilin. Selain lebih hemat dibanding penggunaan lampu, cahaya lilin juga mampu memberikan suasana lebih menenangkan.

Selain itu, cahaya lilin yang digunakan buat spa juga jauh lebih lembut dibanding lampu. Sehingga kamu bisa fokus untuk merasakan sensasi spa di rumah.

3. Scrub dengan kosmetik yang ada

Spa gak bisa lepas dari scrubbing atau pengelupasan sel kulit mati. Kamu bisa scrubbing dengan menggunakan lotion khusus yang ada di rumahmu. Atau kamu bisa gunakan bahan-bahan alami seperti pepaya, susu, lemon, madu, dan bahan lainnya untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Lotion atau ramuan-ramuan tradisional tersebut oleskan ke wajah atau tubuh. Dengan cara yang baik, maka scrubbing sendiri di rumah gak kalah dengan spa di tempat-tempat mewah pada umumnya.

[Baca: Punya Kulit Wajah Kering? Siapin Bujet Buat 4 Pengeluaran Ini]

4. Pijat

spa di rumah
Kalau kamu gak bisa bikin pijatan sendiri, bisa kok minta tolong saudara atau keluarga (sindonews)

Kamu bisa minta tolong saudara atau anggota keluarga yang bisa membantu memijat saat spa di rumah.

Untuk menciptakan suasana, kamu bisa menggunakan minyak khusus untuk pijat saat melakukan pijatan. Mainkan juga musik yang khas agar pijatan kamu seperti dilakukan di spa betulan.

5. Berendam air susu

Siapkan dua hingga tiga gelas susu cair dan minyak zaitun secukupnya untuk mandi susu. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam bak mandi yang udah diisi air hangat. Setelah itu kamu bisa mandi dan menggosok tubuh dengan air susu hangat tersebut. Mandi susu bermanfaat agar kulit jadi halus.

[Baca: 10 Perawatan Wajah yang Jadi Pengeluaran Wajib buat Pemilik Kulit Berminyak]

6. Manikur dan pedikur

Siapkan air hangat untuk merendam kuku-kuku kaki dan tanganmu agar kuku. Setelah itu potong kuku sampai rapi dan cantik. Jangan lupa gunakan minyak zaitun atau hand cream agar kuku dan kulit sekitar terasa lembut.

7. Meditasi

spa di rumah
Cari ruang terbuka untuk meditasi saat spa di rumah (autoimuncare)

Salah satu fungsi spa adalah untuk membuat pikiran dan tubuh kita lebih rileks. Kamu bisa bermeditasi di rumah dengan cara yang cukup mudah.

Kamu bisa bermeditasi di tempat terbuka seperti halaman rumah yang banyak pohon. Jangan lupa juga iringi musik lembut agar meditasi kamu lebih menghayati.

Nah itulah beberapa cara menciptakan spa di rumah dengan sederhana tanpa perlu mengeluarkan bujet besar. Daripada setiap minggu kamu harus merogoh kocek buat spa di salon mahal, mending praktikkan saja cara-cara di atas. Tertarik mencoba?

[Baca: 10 Spa Terjangkau di Jakarta Buat Memanjakan Diri]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.