Kata Ahli Keuangan, Menabung dengan Cara Ini Bisa Bikin Hemat Banyak Uang

3 menit
Kata Ahli Keuangan, Menabung dengan Cara Ini Bisa Bikin Hemat Banyak Uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menabung itu sangat penting buat keuangan. Kondisi keuangan bisa terjaga dengan baik berkat adanya tabungan yang menjadi topangannya. Lagi pula saat ini menabung bukanlah hal yang sulit dengan banyaknya cara-cara menabung bertebaran di internet.

Dari sekian banyaknya cara menabung yang tersedia, ada beberapa cara yang bersumber langsung dari ahli keuangan. Cara-cara tersebut diungkap GOBankingRates yang informasinya diperoleh dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ke beberapa ahli keuangan.

Pengin tahu apa aja cara-caranya? Berikut ini adalah cara menabung yang dianjurkan para ahli keuangan.

Baca juga: Sempat Terlupakan! Kini 4 Cara Menabung Simpel ini Kembali Jadi Idola Milenial

1. Begitu terima gaji, otomatis langsung menabung

Begitu terima gaji sebisa mungkin kalian sisihkan uang buat menabung, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara menabung ini dinilai efektif menurut para ahli. Sebab gak bakal ada yang namanya cerita lupa menabung. Gimana lupa? Begitu gaji masuk rekening, sejumlah nominalnya langsung dialihkan ke rekening tabungan.

Menerapkan cara ini sama sekali gak susah selama kamu disiplin dalam mengalokasikan gaji yang kamu terima tiap bulan. Sebab kedisiplinan menjadi kunci sukses dalam menerapkan cara ini.

Baca juga: Pengin Punya Duit Rp 1 Miliar? Gini Cara Menabung yang Gak Ribet

2. Mulai menabung dari jumlah yang kecil terlebih dahulu

Mulai menabung dari jumlah yang kecil terlebih dahulu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak banyak orang yang bisa langsung menabung dalam jumlah yang besar. Makanya buat kamu yang sama sekali punya tabungan sebelumnya, ada baiknya memulai dari jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Barulah kemudian naikkan sedikit demi sedikit jumlahnya.

Awalilah alokasi menabung dari 2 persen dari gaji lalu menanjak ke 5 persen di bulan berikutnya. Kemudian naikan lagi menjadi 7 persen di bulan selanjutnya dan 10 persen di bulan berikutnya lagi. Naikan perlahan hingga mencapai 20 persen dari gaji.

Kalau kamu udah terbiasa menabung sebesar 20 persen dari gaji, biasakan diri hidup dari setengah gaji bulanan. Sisanya tentu aja kamu masukkan ke dalam tabungan.

Menabung dari nominal kecil ke nominal besar dijamin bakal bikin dirimu jadi terbiasa dalam menabung nantinya.

Baca juga: Duit Bisa Bertambah Ratusan Ribu Setiap Bulan dengan Lakukan Cara Menabung Ini

3. Sekalipun receh, bukan berarti harus dihabiskan

Uang receh juga punya banyak manfaat buat kamu yang pengin menabung lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak orang yang memilih buat menghabiskan uang receh yang diterimanya sebagai kembalian. Padahal, uang receh ini kalau dikumpulkan bisa besar juga nilainya.

Cara menabung inilah yang dianjurkan ahli keuangan. Uang receh yang kamu kumpulkan nantinya bisa digunakan buat belanja barang yang lebih besar nilainya. Misalnya aja uang kembalian pembelian bahan bakar sebesar Rp 5.000 kamu kumpulkan.

Dari uang kembalian yang terkumpul itu, nantinya kamu bisa gunakan buat membeli kopi ataupun makan siang. Jelas lebih menguntungkan ketimbang kamu langsung habiskan buat beli gorengan, bukan?

4. Mulailah menabung saham kalau pengin hasil maksimal

Kalau cuma menempatkan uang di tabungan, nilai uang yang kamu miliki ya gak berasa banget peningkatannya. Lain cerita kalau menempatkan uang yang kamu dengan menabung saham. Hasil yang kamu peroleh bisa luar biasa lho.

Asal tahu aja nih, menabung uang di tabungan biasa cuma dapat bunga kurang dari 1 persen. Sementara menabung saham bisa memberi kamu return sebesar 20 persen per tahun.

Menabung saham di sini maksudnya kamu mengalokasikan penghasilan kamu tiap bulannya buat membeli saham. Andaikan aja karena masih pemula, kamu membeli saham-saham blue chip alias berkapitalisasi pasar yang besar semisal Bank BRI atau perusahaan Kalbe.

Dengan mengalokasikan uang buat membeli tiap-tiap saham tersebut sebanyak 1 lot, kamu berarti udah menabung saham. Kalau rutin melakukannya, kamu bisa memperoleh untung yang maksimal asalkan IHSG terus menanjak naik.

Itulah tadi cara-cara menabung yang direkomendasikan para ahli keuangan. Satu hal terpenting yang harus kamu ingat adalah sikap konsisten sangat menentukan apakah target menabung kamu tercapai atau gak. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!