Lewat Handphone, Begini Cara Cepat Cek Saldo Brizzi, Flazz, e-Money, dan TapCash

5 menit
Cek saldo Brizzi
Cara cek saldo Brizzi (Shutterstock)

Tanpa perlu ke ATM, cek saldo Brizzi, Flazz, e-Money, hingga TapCash sebenarnya bisa dilakukan di handphone. Bahkan, cara cek saldo ini lebih mudah dan cepat sebab kamu bisa mengetahui langsung berapa sisa saldo di kartu uang elektronik milikmu.

Selama ini cukup banyak pengguna uang elektronik yang berpikir kalau cek saldo Brizzi, Flazz, e-Money, hingga TapCash cuma bisa dilakukan di ATM atau fasilitas pengecekan yang tersedia di halte Transjakarta atau stasiun kereta api. Tentu saja cara pengecekan itu gak efisien.

Gimana gak efisien? Kamu harus selalu mengingat kapan waktunya melakukan pengecekan uang elektronik yang lagi digunakan. Terus kamu harus repot-repot pergi ke ATM cuma buat mencari tahu saldo yang tersisa di kartu uang elektronik milikmu.

Nah, kalau kamu salah satu pengguna uang elektronik yang masih menggunakan cara cek saldo Brizzi, Flazz, e-Money, hingga TapCash lewat ATM, saatnya berganti cara yang lebih mudah lewat handphone. Seperti apa langkah-langkahnya? Yuk, disimak:

Cara cek saldo Brizzi BRI di handphone

Cek saldo Brizzi
Cara cek saldo Brizzi di HP (play.google.com)

Sekarang melakukan cek saldo Brizzi BRI itu bisa lewat handphone. Namun, gak semua handphone dapat digunakan sebagai fasilitas pengecekan. Handphone yang dibekali dengan teknologi NFC saja yang bisa dipakai buat cek saldo Brizzi.

Apa itu teknologi NFC? Near-field communication atau NFC adalah teknologi tanpa kabel yang memungkinkan beberapa perangkat saling bertukar informasi cuma dengan mendekatkannya. Kini teknologi NFC kerap kali dijadikan sarana transaksi, termasuk cek saldo uang elektronik.

Lalu, gimana cara cek saldo Brizzi BRI di handphone? Selain mempunyai handphone berteknologi NFC, pengguna uang elektronik juga wajib install aplikasi mobile banking. Kalau uang elektroniknya Brizzi, udah pasti yang di-install adalah BRI Mobile.

Kalau belum install BRI Mobile, kamu bisa mengikuti langkah-langkah pemasangan aplikasi tersebut dalam artikel Nabung di BRI? Saatnya Daftar BRI Mobile agar Transaksi Makin Lancar.

Baca juga: Tanpa Pulsa dan Bisa Online, Cara Cek Saldo BRI Ini Gak Perlu Dilakukan di ATM

Berikut ini merupakan langkah-langkah cek saldo Brizzi di handphone:

  • Pastikan fitur NFC di handphone dalam keadaan aktif.
  • Buka aplikasi BRI Mobile yang telah di-install dan login.
  • Pilih menu Brizzi.
  • Pilih Info Saldo.
  • Lalu kartu Brizzi di belakang handphone.
  • Muncul informasi mengenai sisa saldo Brizzi BRI.

Cara cek saldo Flazz BCA di handphone

Cek saldo Brizzi
Cara cek saldo Flazz BCA di HP (google.com)

Begitu pun pada cara cek saldo Flazz BCA. Pastikan terlebih dahulu kalau handphone yang digunakan telah dilengkapi teknologi NFC. Buat mengetahui ada atau gaknya teknologi NFC, kamu bisa mencari tahu di menu Settings di handphone.

Selain memastikan ada atau gaknya fitur NFC, kamu juga perlu install aplikasi BCA Mobile. Sebab pengecekan saldo Flazz BCA cuma bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Belum install aplikasi BCA Mobile dan gak tahu caranya? Tenang, kamu bisa install aplikasi online tersebut dengan mengikuti langkah-langkahnya dalam artikel Gak Perlu Capek-Capek ke ATM, Ini Cara-Cara Cek Saldo BCA Online yang Paling Mudah.

Setelah install aplikasi BCA Mobile, berikut ini adalah langkah-langkah dalam cek saldo Flazz BCA:

  • Pastikan fitur NFC di handphone dalam kondisi aktif.
  • Buka aplikasi BCA Mobile yang telah di-install dan login.
  • Pilih Info Saldo Flazz.
  • Tempelkan kartu Flazz di belakang handphone.
  • Nantinya muncul informasi besaran saldo Flazz yang tersisa.

Cara cek saldo e-Money Mandiri di handphone

Cek saldo Brizzi
Cek saldo e-Money Mandiri di HP (play.google.com)

Keharusan adanya fitur NFC pun juga berlaku buat cara cek saldo e-Money Mandiri di handphone. Lalu, tahapan pengecekan saldo e-Money Mandiri sendiri dilakukan lewat aplikasi Mandiri Online.

Aplikasi Mandiri Online disediakan Bank Mandiri buat memudahkan para nasabahnya dalam mengakses layanan bank tersebut. Beberapa layanan yang dapat digunakan dalam aplikasi online ini mulai dari cek saldo rekening, transfer dana, hingga cek saldo e-Money Mandiri.

Buat kamu yang belum install aplikasi online tersebut, langkah-langkah pendaftaran aplikasi Mandiri Online bisa diikuti dalam artikel Lebih Hemat dan Tanpa Perlu ke ATM Lagi, Begini Cara Cepat Cek Saldo Mandiri Online. Artikel tersebut menjelaskan secara lengkap cara daftar Mandiri Online lewat mesin ATM.

Kalau aplikasi Mandiri Online telah di-install, kamu bisa melakukan cek saldo e-Money Mandiri dalam langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan fitur NFC dalam handphone.
  • Buka aplikasi Mandiri Online yang terpasang di handphone lalu login.
  • Pilih menu e-Money.
  • Pilih menu Lihat/Perbarui Saldo.
  • Kemudian tempelkan kartu NFC di belakang handphone.

Cara cek saldo TapCash BNI di handphone

Cek saldo Brizzi
Cara cek saldo TapCash BNI di handphone

Ketentuan fitur NFC juga berlaku kalau kamu mau cek saldo TapCash BNI di handphone. Bank BNI juga menyarankan pengguna TapCash BNI buat install terlebih dahulu aplikasi BNI TapCash Go. 

Aplikasi BNI TapCash Go adalah aplikasi online yang disediakan secara khusus oleh Bank BNI agar para penggunanya dapat mengecek langsung sisa saldo, melakukan top up, hingga mengecek histori transaksi. Begitu di-install, aplikasi online langsung bisa digunakan tanpa registrasi.

Gimana cara menggunakan aplikasi BNI TapCash Go buat cek saldo TapCash BNI di handphone? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Aktifkan fitur NFC di handphone.
  • Kemudian buka aplikasi BNI TapCash Go.
  • Tempelkan kartu TapCash BNI di belakang handphone.
  • Informasi sisa saldo pun bakal muncul.

Minimum top up Brizzi BRI, Flazz BCA, e-Money Mandiri, dan TapCash BNI beserta saldo maksimumnya

Cek saldo Brizzi
Minimum top up Brizzi BRI, Flazz BCA, e-Money Mandiri, dan TapCash BNI beserta saldo maksimumnya

Selain mengecek ketersediaan saldo, kamu juga perlu tahu nih minimum top up yang berlaku di uang elektronik. Setiap bank punya ketentuan berbeda-beda soal besaran nominal top up di uang elektronik yang mereka keluarkan.

Berikut ini adalah daftar minimum top up Brizzi BRI, Flazz BCA, e-Money Mandiri, dan TapCash BNI serta saldo maksimum dan maksimum top up uang elektronik tersebut.

Uang elektronik Minimum top up Maksimum top up per bulan Saldo maksimum
Brizzi BRI Rp 1 Rp 20.000.000 Rp 2.000.000
Flazz BCA Rp 20.000 Rp 20.000.000 Rp 2.000.000
e-Money Mandiri Rp 20.000 Rp 20.000.000 Rp 1.000.000
TapCash BNI Rp 20.000 Rp 10.000.000 Rp 1.000.000

Gimana jadinya kalau Brizzi BRI, Flazz BCA, e-Money Mandiri, dan TapCash BNI gak digunakan?

Cek saldo Brizzi
Gimana jadinya kalau Brizzi BRI, Flazz BCA, e-Money Mandiri, dan TapCash BNI gak digunakan?

Ya, bank-bank penyedia uang elektronik punya aturan yang berbeda soal sisa saldo yang terdapat di uang elektronik. Seperti apa aturan-aturannya? Berikut ini penjelasannya:

  • Brizzi BRI menjadi pasif kalau gak digunakan selama 12 bulan. Terus sisa saldo yang kurang dari < Rp 25 ribu menjadi milik Bank BRI.
  • Flazz BCA punya masa berlaku selama 10 tahun sejak top up terakhir. Terus saldo yang tersisa dikembalikan Bank BCA ke pengguna dengan syarat kartu Flazz dikembalikan ke Bank BCA.
  • e-Money Mandiri gak punya batasan masa berlaku. Namun, kalau kartunya rusak, kartu otomatis ditutup dan sisa saldo bisa dikembalikan ke nasabah sesuai catatan bank.
  • TapCash BNI juga gak punya batasan masa berlaku. Sayangnya, saldo yang tersisa gak bisa dikembalikan ke pengguna alias menjadi milik Bank BNI sepenuhnya.

Itulah informasi mengenai cara cek saldo Brizzi BRI, Flazz BCA, e-Money Mandiri, dan TapCash BNI. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.