Dengan Cara Ini, Cek Tagihan Listrik Jadi Lebih Gampang dan Hemat

4 menit
Dengan Cara Ini, Cek Tagihan Listrik Jadi Lebih Gampang dan Hemat, (Instagram/@pln_id).

Tagihan listrik menjadi salah satu alokasi pengeluaran yang harus diperhatikan. Bersikap acuh gak acuh dengan pengeluaran ini? Siap-siap aja dengan pengeluaran lebih tiap bulannya. Makanya kamu perlu pantau terus nih dengan cek tagihan listrik secara berkala.

Dengan cek tagihan listrik, kamu bisa mengukur sampai batas berapa besar sebaiknya kamu menggunakan listrik. Terus kamu bisa mencari-cari solusi agar besaran daya listrik yang digunakan bisa dikurangi bebannya.

Buat kamu yang pengin tahu berapa besar daya yang udah terpakai, ada beberapa cara yang bisa digunakan buat cek tagihan listrik. Cara-cara ini mudah banget kok. Soalnya cara ini bisa dilakukan secara online. Jadi, cek tagihan listrik bisa langsung dilakukan di smartphone milikmu.

Baca juga: Gimana Ya Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Mudah? Cek di Sini Yuk!

Gak usah berlama-lama lagi, ini lho cara mudah cek tagihan listrik yang bisa kamu lakukan secara online. Pastinya cara-cara ini hemat biaya juga lho.

1. Manfaatkan PLN Mobile buat cek tagihan listrik

Manfaatkan PLN Mobile buat cek tagihan listrik, (Playstore).

Demi meningkatkan pelayanan, Perusahaan Listrik Negara atau PLN menyediakan aplikasi PLN Mobile buat memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan. Salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan dari aplikasi ini, yaitu layanan cek tagihan listrik.

Baca juga: Begini Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Bank Mega dengan Cepat, Gak Ribet Kok!

Aplikasi PLN Mobile bisa kamu pasang di smartphone dengan mengaksesnya di Play Store atau App Store. Terus gimana cek tagihan listrik lewat aplikasi ini?

  • Begitu aplikasi udah terpasang, langsung aja pilih menu Informasi.
  • Kamu bisa cek tagihan listrik dengan mode guest atau terdaftar dengan memasukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter kamu.
  • Setelah terisi, klik Cek Tagihan.

Disarankan lebih baik memiliki akun terdaftar di PLN Mobile. Soalnya banyak fitur-fitur yang membantu banget, seperti:

  • Permohonan sambungan listrik baru.
  • Perubahan tarif, daya, atau migrasi meter prabayar.
  • Permohonan tambah daya listrik sementara.
  • Pengaduan atau keluhan layanan PLN.
  • Dan masih banyak fitur lainnya.

Mendaftarnya mudah kok. Kamu cukup memberi info Nama Lengkap, IDPEL/No. Meter, Lokasi, No. Handphone, Email, hingga Password. Setelah mengisi semua, akun pun siap digunakan.

2. Cek tagihan di Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD, Traveloka, Sepulsa, Go-Jek, hingga Grab

Cek tagihan di Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD, Traveloka, Sepulsa, Go-Jek, hingga Grab, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat ini udah banyak perusahaan yang layanannya berbasis teknologi menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik. Beberapa di antaranya pasti udah kamu kenal. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD Traveloka, Sepulsa, Go-Jek, hingga Grab.

Layanan pembayaran tagihan listrik ini gak cuma buat bayar aja. Kamu juga bisa cek tagihan listrik lewat layanan tersebut.

Cara ceknya gampang kok. Buka atau install salah satu aplikasi online tersebut. Kemudian pilih fitur Beli Token dan Bayar Tagihan Listrik.

Baca juga: Punya Kartu Kredit BNI? Begini Cara Cek Tagihan Tanpa Ribet, Mudah Kok!

Sebagai contoh, kalau kamu bayar tagihan listrik dengan aplikasi Go-Jek, pilih fitur Go-Bills. Lalu pilih PLN dan masukkan ID Pelanggan atau No. Meter. Nanti besaran tagihan listrik kamu bakal dimunculkan.

3. Gunakan call center PLN 123 buat cek tagihan listrik

Gunakan call center PLN 123 buat cek tagihan listrik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu juga bisa menggunakan layanan call center PLN di nomor 123 kalau pengin cek tagihan listrik. Namun, cek ke call center PLN bukan tanpa biaya lho ya. Kamu bakal dikenakan biaya tergantung lamanya durasi telepon yang kamu lakukan. Semakin lama, ya semakin mahal.

Dulunya sih PLN menyediakan layanan SMS Center di nomor 8123 sebagai cara murah cek tagihan. Namun, layanan tersebut belakangan udah diberhentikan alias gak bisa diakses lagi.

Nah, buat kamu yang pengin hemat biaya, cek tagihan listrik di call center PLN gak direkomendasikan banget. Kecuali nih, karena satu dua hal, kamu mau gak mau ambil opsi.

Lalu gimana cara cek tagihan lewat call center PLN?

  • Telepon ke nomor 123 dengan memasukkan kode area. Misalnya 021 123.
  • Setelah tersambung, kamu bakal diarahkan menekan nomor 1 kalau pengin cek tagihan PLN.
  • Habis menekan tombol 1, kamu diminta memasukkan nomor ID Pelanggan sebanyak 12 digit.
  • Besaran tagihan listrikmu bakal diinformasikan.

4. Minta informasi tagihan listrik melalui media sosial

Minta informasi tagihan listrik melalui media sosial, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara cek tagihan listrik ini emang ekonomis, tapi kamu mesti bersabar menunggu informasinya. PLN sendiri punya beberapa akun media sosial yang siap menanggapi pertanyaan atau keluhan pelanggan.

Beberapa media sosial yang digunakan PLN, yaitu Twitter @pln_123 dan Facebook PLN 123. Di kedua media sosial itu kamu bebas mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan mengenai layanan PLN. Asalkan kamu bersedia menunggu lama jawabannya.

Hemat bayar listrik dengan tips-tips berikut ini

Agar hemat listriknya makin maksimal, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Tips-tips berikut bisa bantu kamu meminimalkan besaran tagihan listrik. Seperti apa tips-tipsnya? Yuk, disimak.

1. Gunakan lampu LED sebagai penerangan di rumah

Bukan rahasia lagi kalau penggunaan lampu LED bikin hemat biaya pemakaian listrik. Lampu light-emitting diode atau LED emang dikenal karena bisa menghemat energi.

Seperti yang diklaim produsen lampu Philips, penggunaan lampu LED dapat menghemat energi hingga 80 persen dibandingkan lampu konvensional. Udah gitu dari segi daya tahan, lampu LED terbilang tahan lama.

Di pasaran lampu LED dijual dengan daya sebesar 6 watt, 8 watt, dan 13 watt. Jauh lebih hemat kan dibandingkan lampu biasa yang dijual sebesar 25 watt. Asal tahu aja nih, semakin kecil watt lampu, semakin sedikit listrik yang digunakan.

2. Cabut charger yang gak dipakai

Masih banyak orang yang berpikir kalau listrik gak mengalir di charger yang gak terpakai. Faktanya nih listrik masih mengalir meskipun charger gak digunakan dan dibiarkan terpasang begitu aja.

Besaran listrik yang mengalir emang gak besar, yaitu 0,25 watt. Namun, kalau dibiarkan terus-menerus, lama-lama kan membengkak juga. Ujung-ujungnya tagihan listrik pun ikut membengkak.

3. Setel temperatur pendingin ruangan di angka 22-25 derajat celcius

Buat kamu yang punya pendingin ruangan atau AC, ada baiknya setel suhunya di angka 22-25 derajat celcius. Rupanya nih semakin rendah kamu menyetel suhu ruangan, daya listrik yang dibutuhkan pendingin ruangan semakin besar.

Tentu aja penggunaan daya yang besar memicu peningkatan tagihan listrik. Pada akhirnya, ketika bayar nanti, kamu dibebankan tagihan listrik yang cukup besar.

Intinya nih besar atau kecilnya tagihan listrik yang kamu bayarkan tergantung dari kebiasaan kamu dalam memakai peralatan listrik.

Jalankan tips-tips di atas dengan sungguh-sungguh dan selalu biasakan matikan peralatan listrik yang gak digunakan. Pastinya saat cek tagihan listrik nanti, besarannya bakal menyusut deh. (Editor: Mahardian Prawira). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan