Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Gak Bikin Kantong Jebol

5 menit
Cara Menurunkan Berat Badan Cepat dan Hemat Shutterstock)

Menurunkan berat badan seringkali menjadi hal yang sangat menyebalkan. Selain waktunya gak sebentar, menurunkan berat badan juga memakan bujet yang gak sedikit. 

Hidup di lingkungan perkotaan bisa membuat kehidupan kita jadi gak teratur. Beberapa penyebabnya, karena kejenuhan dan tingkat stres yang tinggi akibat beban kerja berlebih. Belum lagi, kalau setiap harinya harus menembus kemacetan jalanan kota metropolitan.

Mayoritas dari kamu pasti pernah merasakan hal tersebut. Gak enak memang, tapi yang namanya rezeki harus tetap dicari. 

Pelampiasan yang paling mudah selain traveling ke luar negeri adalah makan makanan enak yang belum tentu sehat seperti junk food.

Udah jadi rahasia umum kalau junk food hampir merambah semua golongan masyarakat mulai dari yang paling bawah hingga kelas atas sekalipun. 

Akibatnya, jumlah penduduk Indonesia menurut data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI mengalami peningkatan obesitas jadi 21,8 persen pada 2018 dari 14,8 persen 2013. Jumlah itu akan semakin meningkat jika tidak ditanggulangi dengan cepat dan benar. 

Buat kamu yang mengalami atau ingin tahu informasinya, yuk langsung simak ulasan lengkap cara menurunkan berat badan yang tepat dan hemat berikut: 

Cara menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Melakukan diet bisa menjadi salah satu jawaban paling umum yang orang lakukan untuk memiliki tubuh kurus dan ideal. Yang harus dipahami adalah, gak semua bisa kamu lakukan gitu aja sesuka hati.

Contohnya, diet keto yang beberapa waktu lalu sempat booming diterapkan mereka yang mau menurunkan berat badan. Mungkin emang dampaknya bisa terasa dalam beberapa minggu atau bulan aja, namun ada risiko yang sangat berbahaya di balik langkah itu.

Sekadar diketahui, diet keto sendiri adalah  diet yang membatasi jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Jadi sumber energi digantikan sama nutrisi lain seperti lemak dan protein. 

Idealnya, diet keto terdiri dari 60 sampai 70 persen lemak, 20 persen protein dan 5 persen karbohidrat dari total konsumsi harian.

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menjalani program penurunan berat badan adalah berkonsultasi dengan dokter. Ini berguna untuk mengetahui apakah kondisi tubuh kamu cocok menjalani kegiatan tersebut. 

Dokter pasti akan memberi masukkan kegiatan serta makanan seperti apa yang pas untuk kamu lakukan. 

Selain dari asupan makanan ke dalam tubuh, rutin olahraga seperti lari atau bersepeda yang rutin sebanyak tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit sampai 1 jam juga ampuh membakar lemak jahat. 

Baca juga: 7 Gaya Hidup Sehat Ini Ternyata Bisa Hemat Uang Kamu Lho!

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu

Rutinitas sederhana yang kamu lakukan setiap hari nyatanya bisa membuat perubahan lumayan signifikan untuk berat badanmu. Contohnya, beberapa kebiasaan berikut ini: 

1. Harus sarapan!

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Mengutip Cosmopolitan, kebiasaan orang yang gak suka sarapan ternyata bisa membuat berat badan kamu bisa bertambah. 

Dalam sebuah riset ditemukan, mereka yang gak sarapan cenderung untuk makan siang dan ngemil lebih banyak daripada orang yang melakukan sarapan di pagi hari.

2. Mengonsumsi air lemon di pagi hari

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Mereka yang senang mengonsumsi air lemon mampu mengurangi berat badannya secara lebih mudah. Pasalnya, dalam lemon terkandung potasium yang mampu meningkatkan massa otot.

Cairan asam yang ada di dalam lemon juga bermanfaat membakar lemak di perut secara lebih cepat. Asal diimbangi olahraga rutin serta makanan seimbang.

3. Atur konsumsi gula dan kalori

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Mengonsumsi makanan manis untuk sebagian orang merupakan kebahagiaan tersendiri. Di balik kebahagiaan itu ternyata gula menyimpan hal negatif yang bisa bikin perut kamu buncit.

Agar kamu tetap sehat dan tubuh makin langsing batasi konsumsi kalori sebanyak 1500 hingga 2000 per hari.

4. Hindari makan di atas pukul 19.00

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Makan terlalu malam bisa mengganggu metabolisme tubuh kamu ketika sedang beristrirahat. Sehingga penyerapan nutrisi dari makanan ke dalam tubuh menjadi terhambat.

Usahakan untuk makan malam di pukul 19.00 setiap harinya, atau empat jam sebelum tidur malam agar proses pencernaan berjalan baik. Dan kalau bisa juga menu makanannya buah atau sayuran aja.

5. Tidur enam sampai delapan jam setiap hari

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Untuk menyempurnakan pola hidup sehat dan olahraga yang rutin kamu harus tidur malam minimal enam jam setiap harinya.

Agar keesokan harinya badan kamu bisa terasa lebih segar dan beraktivitas secara lebih maksimal.

Cara menurunkan berat badan dengan bujet murah 

Banyak orang rela mengeluarkan uang banyak untuk lebih langsing. Buat kaum yang berduit sih gak masalah, tapi jika kamu punya masalah dengan keuangan, bisa melakukan langkah sederhana ini:

1. Berlari

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Cara menurunkan berat badan dengan bujet murah yang pertama adalah olahraga lari. Kamu gak butuh mengeluarkan biaya yang banyak untuk bisa rutin melakukannya.

Paling cuma modal sepatu lari seharga Rp 300 ribuan yang bisa dipakai berkali-kali untuk berlari. Serta baju, dan celana olahraga.

2. Bersepeda

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Selanjutnya, olahraga bersepeda yang bisa kamu manfaatkan sebagai transportasi pulang dan pergi ke kantor. Biaya yang harus dikeluarkan paling hanya untuk membeli sepeda yang ada di kisaran Rp 1 jutaan tergantung tipe yang diambil

Selain bisa menghemat ongkos, aktivitas ini juga membuat tubuh kamu berkeringat dan membakar kalori yang lumayan banyak.

3. Membawa bekal dari rumah

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Selain berolahraga, kamu juga bisa diet dengan membawa makanan sendiri yang dibawa dari rumah. Selain lebih hemat di bandingkan jajan di luar, kadar kalori bekal dari rumah juga bisa diatur semau kita.

Makanan untuk menurunkan berat badan

Sekarang waktunya membahas tentang makanan apa aja yang sebaiknya kamu konsumsi ketika lagi proses penurunan berat badan.

1. Oatmeal

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Menu pertama yang bisa kamu coba buat di rumah adalah oatmeal. Makanan satu ini terkenal sehat dan rendah kalori.

Harganya juga gak mahal, kamu bisa temukan oatmeal di minimarket maupun supermarket dengan harga di bawah Rp 50 ribu untuk beberapa kali makan.

2. Brokoli

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Terkenal sebagai sayur paling ampuh melawan penyakit kanker, brokoli juga bagus untuk kamu yang punya masalah dengan berat badan.

Kandungan serat di dalamnya bisa membantu perut kamu merasa kenyang seharian beraktivitas.

3. Daging ikan

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Buat kamu pencinta daging dan masih ingin mengonsumsinya, bisa mencoba mengganti dengan daging ikan. 

Daging hewani yang satu ini terkenal akan omega 3 yang bisa memperbaiki sel-sel yang hilang dalam tubuh. Kandungan proteinnya juga bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

4. Apel

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Yang terakhir adalah buah yang bebas kandungan lemak, yakni apel. Apel juga bisa membantu kamu membakar lemak dalam tubuh menjadi lebih cepat ketika berolahraga.

Itulah cara menurunkan berat badan dengan cepat dan hemat yang bisa kamu lakukan sendiri. 

Kesimpulannya, kalau kamu mau kurus hal pertama yang harus diubah adalah pola hidup dan pola makan. Selanjutnya, berolahraga sebagai pelengkap supaya tubuh menjadi tetap bugar beraktivitas. Selamat mencoba! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!