Hotel Murah Buat Liburan Bisa Didapat dengan 10 Cara Ini

3 menit

Saat liburan atau travelling, pengeluaran yang suka bikin kantong jebol adalah biaya akomodasi. Sebenarnya, biaya menginap saat liburan bisa ditekan kalau kita tahu caranya buat cari hotel murah yang kualitasnya juga oke punya.

Nah, berikut ini DuiPintar ngasih bocoran cara pesan hotel terbaik dengan bujet murah yang bisa kamu coba. Yuk simak aja!

hotel murah
Tentukan waktu yang tepat kalau mau liburan bersama keluarga (parksleepfly)

1. Pilih waktu yang tepat

Kalau pengin dapat harga hotel yang murah, sebaiknya jangan pesan kamar pas liburan atau pas high season. Soalnya di hari libur, terutama long weekend atau libur nasional, permintaan kamar hotel sedang tinggi-tingginya. Secara otomatis harga kamar pun akan ikut naik.

Jadi, kamu tentukan dulu kapan waktu yang tepat buat liburan. Kalau pengin santai tanpa gangguan sih kamu bisa pesan hotel di hari-hari biasa, di saat orang-orang lagi sibuk bekerja. Kamu juga bisa pesan kamar hotel saat low season.

Menurut Kompas.com, rata-rata tarif hotel murah terdapat pada bulan November dan Januari. Sebaliknya, tarif kamar akan tinggi pada Juli, Agustus dan Maret. Nah, kamu bisa merencanakan liburan beserta akomodasinya di saat tarif hotel sedang bersahabat.

2. Manfaatkan hotel yang baru beroperasi

Hotel yang baru beroperasi biasanya suka ngasih harga promo atau lebih murah dibanding hotel lainnya. Iya dong, namanya juga mau narik pelanggan baru. Pasti banyak promo yang ditawarin buat menarik perhatian orang.

3. Beli paket

Liburan ke sebuah destinasi wisata ada baiknya sepaket dengan akomodasinya. Selain gak bikin ribet mikirin akomodasi, harga paket tour dan hotel juga biasanya ngasih harga miring daripada pesan hotel secara terpisah.

[Baca: Booking Hotel Online Pasti Murah, Tapi Begini Nih Caranya Biar Lebih Hemat Lagi]

4. Manfaatkan kartu kredit

Punya kartu kredit jangan dipake buat belanja terus dong. Sesekali manfaatkan kartu kredit yang bisa ngasih diskon saat menginap di hotel. Ada banyak lho produk kartu kredit yang ngasih point reward buat diskon menginap di hotel.

5. Urunan bersama teman

Buat yang berencana liburan bersama teman, coba deh patungan duit buat bayar kamar hotel. Cara ini akan menghemat biaya daripada kamu pesan hotel sendiri-sendiri.

Misalnya, kalau kamu liburan bertiga, kamu gak usaha pesan tiga kamar. Tapi kamu cukup pesan satu kamar yang memuat tiga kasur.

hotel murah
Mau lebih hemat lagi pesan hotel urunan bareng teman ya (hostelz)

6. Rajin ngintip situs diskon

Buat dapetin hotel murah, salah satunya adalah dengan rajin ngintip situs diskon. Ada banyak situs diskon di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dengan harga diskon. Salah satunya diskon kamar hotel.

[Baca: Yuk Ngirit, Pantau Terus 12 Website Diskon di Indonesia Ini!]

Kamu tinggal cek aja satu persatu dengan teliti situs mana aja yang ngasih diskon kamar hotel yang benar-benar murah.

7. Manfaatin diskon dari perusahaan tempat kamu bekerja

Beberapa perusahaan juga sering kerja sama dengan pihak hotel. Terutama perusahaan media yang suka barter iklan dengan pihak hotel.

Nah, beruntung deh kalau kamu bekerja di perusahaan media. Soalnya, biasanya pihak perusahaan setiap bulannya suka nawarin voucher hotel murah kepada para pegawainya.

8. Pesan hotel murah jauh-jauh hari

Pesan kamar hotel di hari H emang untung-untungan banget. Kalau masih tersedia ya syukur, kalau gak yang putar balik deh. So, buat dapetin harga murah, sebaiknya kamu pesan hotel di jauh-jauh hari.

9. Beli ke travel agent

Banyak travel agent yang udah kerja sama dengan perusahaan hotel. Harga kamar hotel yang ditawarkan travel agent malah sering lebih murah dibanding pesan kamar langsung ke hotelnya. Selain itu, travel agent juga suka ngasih diskon yang menarik buat konsumen yang nyari kamar hotel buat liburan.

Tenang aja deh, kamu gak usah datang langsung pesan kamar hotel ke outlet travel agent. Sekarang ini udah banyak banget travel agent online yang ngemudahin transaksi kamar hotel murah sesuai yang kamu pengin.

10. Tanyakan deals ke hotel langsung

hotel murah
Jangan ragu buat nanyain harga penawaran dari pihak hotel langsung (raynatours)

Cara pamungkas memesan hotel dengan harga murah adalah menanyakan langsung deals ke pihak hotel. Kamu bisa telepon pihak hotel kalau kamu berencana menginap dalam jangka waktu yang lama.

Biasanya pihak hotel akan memberikan penawaran diskon buat pemesanan kamar yang lebih dari satu malam.

Nah itulah beberapa cara memesan hotel dengan harga murah yang bisa kamu coba. Udah gak sabar banget buat liburan? Yuk cari tahu tempat liburan dan hotel terbaiknya.

[Baca: Gak Mahal, Ini 10 Tempat Wisata di Bodetabek Berbujet Rp 50.000]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.