5 Cara Berfaedah Gunakan Uang THR biar Duitmu Tetap Banyak Habis Lebaran

3 menit
uang thr
Cara berfaedah manfaatkan uang THR. (Shutterstock)

Udah tahu belum kapan terima Tunjangan Hari Raya alias uang THR? Ingat, begitu terima hakmu yang satu ini, dipergunakan dengan sebaik-baiknya ya.

Soalnya kalau sampai salah dalam mempergunakan uang THR, kamu sendiri yang bakal rugi. Paling berasa sih kalau ruginya udah sampai mengganggu kondisi keuanganmu.

Kerugian nantinya tersebut bisa berakibat fatal lho buat ke depannya. Emangnya kamu mau merasakan hidup kekurangan uang?

Asal tahu aja nih, gak sedikit orang yang gak melakukan perencanaan dalam memanfaatkan uang THR yang mereka terima. Ujung-ujungnya, setelah selesai Lebaran, mereka mengalami kesulitan keuangan.

Makanya kamu perlu tahu apa aja yang perlu dilakukan begitu menerima uang THR. Berikut ini Moneysmart informasikan hal-hal yang baik dilakukan demi keuangan yang sehat.

Baca juga: Gak Perlu Bingung! Gini Cara Menghitung THR Karyawan Sesuai Peraturan Pemerintah

1. Bikin bujet alokasi pengeluaran

uang thr
Bikin bujet pengeluaran. (Shutterstock)

Keuangan yang sehat tergantung dari seberapa baiknya kamu dalam mengatur pengeluaran. Kunci dalam mengatur alokasi pengeluaran itu adalah kamu harus tahu mana pengeluaran yang prioritas dan mana yang gak.

Perlu diingat, kamu gak cuma menerima THR aja di bulan ini, tetapi juga gaji bulanan. Itu berarti pemasukan yang kamu terima dobel di bulan ini.

Nah, biar gak kebablasan menghabiskannya, kamu atur aja pengeluaran pakai rumus 50/30/20. Rumus ini digunakan buat mengatur alokasi gaji bulananmu ya.

Sekitar 50 persen buat kebutuhan sehari-hari, 30 persen buat bayar utang atau kebutuhan pribadi, dan 20 persen lagi buat ditabung.

Begitu semua alokasi udah terpenuhi, kamu tinggal alokasikan aja nih uang THR ke kebutuhan belanja hari raya sebesar 50 persen. Sisanya kamu simpan dan digunakan kalau sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca juga: Dapat THR Lebaran? Ini 4 Tips Agar Gak Ludes Sekejap

2. Bereskan dulu utang yang ada

uang thr
Bereskan utang dulu. (Shutterstock)

Sebelum belanja buat kebutuhan Lebaran, ada baiknya kamu bereskan dulu utang-utang yang ada biar kamu bisa tenang saat hari raya nanti. Pasalnya, kamu bakal sibuk dan repot nih dalam mempersiapkan hari raya. Ada kemungkinan kamu bisa lupa buat bayar cicilanmu.

Kebayang kan betapa repotnya kalau sampai itu terjadi. Seharusnya cicilan kartu kredit yang bisa dibayarkan tanpa bunga justru malah kena bunga karena dibayarnya lewat dari tanggal jatuh tempo. Ini masih ditambah dengan denda keterlambatan.

Jadi, cicilan yang ada langsung dibayarkan aja ya tanpa perlu menunggu waktu jatuh tempo. Dengan begitu, kamu gak terbebani di bulan selanjutnya.

Baca juga: Pajak THR Gede! Main Saham di Bulan Puasa Biar Untung dan Ini 4 Triknya

3. Pastikan 20 persen dari gaji disimpan sebagai tabungan

uang thr
Sisihkan untuk ditabung. (Shutterstock)

Seperti yang udah disinggung di atas, sekitar 20 persen gajimu sebaiknya dialokasikan sebagai dana tabungan. Pastikan 20 persen dari gaji ini benar-benar tersimpan ya. Jangan sampai gak. Sebab setelah Lebaran nanti, kamu mungkin bakal memerlukannya untuk kebutuhan lain.

Buat menutupi pengeluaran selama libur Lebaran, kamu bisa mempergunakan sisa dana dari uang THR. Pastikan juga buat menggunakan sisa dana dengan bijak agar selama libur Lebaran gak kekurangan.

4. Jangan lupa buat berinvestasi

uang thr
Jangan lupa investasi. (Shutterstock)

Setelah bayar utang dan disisihkan sebagai tabungan, jangan lupa buat melakukan investasi ya. Ini penting banget sebagai langkah antisipatif supaya risiko-risiko yang kemungkinan terjadi bisa ditanggulangi.

Banyak pilihan investasi yang bisa kamu pilih selama bulan Ramadan ini. Mau yang aman, kamu bisa berinvestasi di deposito dengan bunga rata-rata 6 persen setahunnya.

Mau yang untungnya besar, kamu bisa menempatkan danamu dengan berinvestasi saham. Buat investasi saham, kamu sebaiknya melakukan sehabis Lebaran nanti. Soalnya dekat-dekat Lebaran, para investor cenderung melakukan aksi profit taking.

5. Buat yang mudik, jangan lupa ambil asuransi perjalanan, bisa pakai uang THR

uang thr
Beli asuransi perjalanan buat yang mau bepergian. (Shutterstock)

Saat mudik, asuransi perjalanan itu penting banget peranannya. Kalau terjadi apa-apa, keuangan kamu bisa terlindungi dengan dana asuransi. Sebab, itu udah menjadi ketentuan yang harus dipenuhi perusahaan asuransi dalam melindungi peserta asuransi.

Lagi pula, premi asuransi perjalanan itu gak besar-besar amat kok. Gak sampai Rp 100 ribu, kamu udah dapat perlindungan terhadap barang-barang pribadi, perawatan medis, hingga pemberian santunan.

Nah, itu tadi lima hal bermanfaat yang harus kamu lakukan dengan uang THR. Tujuannya ya apalagi kalau bukan supaya kesehatan keuangan tetap terjaga. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan