Demi Masa Depan yang Lebih Baik, ini 4 Cara Hidup Hemat Orang Jepang yang Wajib Ditiru

3 menit
Cara hidup hemat ala masyarakat Jepang bisa bikin kamu kaya raya (Shutterstock).

Hingga kini masih banyak orang yang bingung bagaimana cara hidup hemat agar cepat meraih kemerdekaan finansial yang menjadi impian semua orang.

Sebenarnya hidup hemat itu gak susah kok, pasalnya yang membuat kamu kerap gagal itu karena tidak mampu menahan keinginan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup yang kalau dipikir-pikir gak ada faedahnya dan justru malah bikin hidup kamu susah sendiri.

Itulah mengapa, hidup hemat perlu banget dilakukan demi masa depan yang lebih baik. Lagipula kamu gak mau kan kalau di saat tua nanti masih pusing mikirin uang dan bahkan harus kerja keras hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Gak perlu khawatir, karena kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa tips cara hidup hemat orang Jepang yang wajib banget nih kamu tiru. Mengapa?

Pasalnya, biaya hidup di Jepang itu terbilang sangat tinggi. Makanya sampai beredar kabar kalau hanya orang kaya saja yang bisa memiliki rumah.

Gak cuma itu aja, biaya parkir di sana aja bisa mencapai 800 yen atau sekitar Rp 100 ribu per jam. Itulah mengapa, orang Jepang lebih memiliki bepergian menggunakan transportasi umum.

Gak usah berlama-lama lagi, mending langsung aja yuk simak empat cara hidup hemat ala orang Jepang di bawah ini:

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Selalu membawa bekal dan botol minum

Cara hidup hemat
Membawa bekal (Pexels).

Cara hidup hemat ala orang Jepang yang bisa banget kamu tiru dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan selalu membawa bekal dan botol minum.

Jadi, di Jepang itu ada tradisi membawa bento alias bekal yang telah disiapkan oleh orangtua untuk anaknya, atau istri kepada suaminya.

Nah, tradisi itu bisa kamu lakukan juga untuk menekan biaya pengeluaran. Pasalnya, percaya atau tidak, kalau membawa bekal itu sangat ampuh memangkas pengeluaran lho.

Kalau gak bawa bekal dari rumah, kamu bisa mengeluarkan uang sekitar Rp 30 ribu untuk sekali makan. Berarti dalam sehari kamu harus menyiapkan bujet sekitar Rp 60 ribu hingga Rp 90 ribu.

Padahal kalau masak sendiri, uang  Rp 100 ribu sudah bisa buat makan beberapa orang di rumah. Lebih hemat banget kan?

Baca juga: Baru Gajian Udah Miskin Lagi, Yuk Tiru Tips Hemat ala Ibu Rumah Tangga di Jepang

2. Menggunakan transportasi umum

Cara hidup hemat
Naik kendaraan umum (Pexels).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau biaya parkir di Jepang itu sangat mahal, bahkan bisa mencapai Rp 100 ribu per jamnya. Hal itulah yang membuat mereka lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum.

Lagipula transportasi umum yang Negeri Sakura tersebut juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang layak. Jadi, mereka pun juga nyaman bepergian menggunakan transportasi umum.

Selain biaya parkir yang mahal, beredar kabar kalau biaya pembuatan SIM di Jepang itu bisa mencapai 350 ribu yen atau sekitar Rp 40 juta. Itulah sebabnya, kendaraan umum jadi pilihan tepat untuk berhemat.

Kamu bisa nih, meniru cara hidup hemat ala orang Jepang yang satu ini. Selain lebih hemat karena gak harus bayar parkir dan bensin, kamu juga gak perlu ribet mencari parkiran dan stres berkutat dengan kemacetan. Setuju gak?

3. Gaya hidup minimalis

Cara hidup hemat
Hidup sederhana (Pexels).

Tahukah kamu kalau ada warga Jepang bernama Fumio Sasaki yang menjalani hidup dengan sangat minimalis, seperti hanya memiliki tiga kemeja, empat celana panjang, dan empat pasang kaos kaki.

Gaya hidup minimalis ala falsafah Zen tersebut memang banyak dilakoni oleh warga Jepang karena dapat memberikan ketenangan pikiran.

Selain hanya memiliki beberapa potong pakaian, mereka juga hanya memiliki kebutuhan sehari-hari secukupnya lho, mulai dari peralatan mandi hingga perlengkapan makan. Wah, jika menerapkan gaya hidup hemat yang satu ini, pasti udah banyak sekali uang yang kamu miliki.

4. Selalu membuat daftar belanja

Cara hidup hemat
Membuat daftar belanja (Unsplash).

Masih banyak orang yang enggan membuat daftar belanja saat akan pergi ke supermarket untuk membeli kebutuhan bulanan.

Padahal kalau seperti itu yang ada kamu nekat dan bisa-bisa kantong jebol karena membeli barang yang ternyata gak dibutuhkan.

Karena itu, sebelum belanja bulanan, sebaiknya buatlah daftar barang belanjaan yang harus dibeli. Jadi, sesampainya di toko, kamu bisa hanya berfokus menuju rak produk yang diperlukan.

Lagipula cara tersebut juga sangat efektif agar belanjaan tidak over bujet dan juga memastikan kalau semua barang kebutuhanmu terpenuhi.

Itu dia empat cara hidup hemat ala orang Jepang yang bisa banget kamu tiru demi masa depan yang lebih baik. Mudah banget kan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.