Praktis dan Murah! Begini Cara Jualan Online lewat Media Sosial dan E-Commerce

6 menit
cara jualan online
Cara jualan online (Shutterstock)

Mengetahui bagaimana cara jualan online tentu memberikan banyak keuntungan. Tapi, ternyata masih banyak yang belum tahu cara jualan secara online.

Selain minim pengeluaran, berjualan lewat media sosial atau platfrom e-commerce membuat usaha kita dikenal banyak orang dari berbagai daerah. Meski modalnya minim, omzet yang didapat juga bisa besar, asalkan produk yang dijual berkualitas. 

Nah, untuk kamu yang tertarik mengetahuinya tapi masih bingung bagaimana cara jualan online, simak ulasan MoneySmart berikut: 

Tips jualan online 

cara jualan online
cara jualan online

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara jualan online di platform media sosial, ada baiknya mengetahui dulu tips berjualan online yang baik dan benar. Karena berjualan secara online gak bisa sembarangan, yang ada nanti malah kamu terus-terusan rugi. 

Supaya jualanmu kebanjiran orderan alias laris manis, tujuh tips ini layak kamu terapkan. 

Baca juga: Tips Menghasilkan Foto Produk yang Ciamik buat Jualan Online Saat Ini

1. Cari jualan yang lagi populer

Memanfaatkan tren yang tengah terjadi di masyarakat adalah cara terjitu untuk mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya, kopi susu kekinian, produk kecantikan yang murah meriah, baju-baju streetwear

Coba kalau kamu jualan barang yang lagi gak ngetren, misalnya jualan es kepal Milo. Duh, itu sudah ketinggalan zaman banget, pembelinya pasti sedikit. Lagian es kepal Milo udah banyak yang gulung tikar lho

2. Gunakan foto produk semenarik mungkin 

Salah satu aspek terpenting dalam berjualan online adalah visualisasi. Pembeli gak bisa melihat produknya secara langsung, jadi paling tidak berikan gambaran visualisasi berupa foto detail semenarik dan seasli mungkin. 

Sewa fotografer andal untuk memotret produk yang kamu semenarik mungkin dari berbagai angle foto. Kalau perlu cari model pendukung yang memiliki penampilan menarik untuk menarik minat calon pembeli. 

3. Upload foto secara berkala dan di jam-jam yang tepat 

Setelah memiliki foto-foto menarik, jangan lupa untuk mengunggahnya secara berkala. Kalau bisa konsisten, paling tidak satu hari ada satu foto yang diunggah. Unggah foto bisa meningkatkan popularitas jualanmu juga lho.

Tapi jangan unggah saja, pikirkan juga waktu terbaik untuk mengunggahnya. Misalnya di hari kerja, bisa kamu unggah di jam-jam prime time di atas jam 7 malam, misalnya. 

4. Jangan lupa sematkan hashtag yang tepat 

Hashtag atau tanda pagar membuat produk jualanmu makin mudah ditemukan. Gunakan tanda pagar yang sesuai dengan produk yang tengah kamu jual. Misalnya kamu jualan kaos bola, kamu bisa sematkan hashtag #jersey atau #bajubola. 

5. Sesekali beri diskon 

Siapa sih yang gak doyan diskonan, semua pembeli pasti doyan! Pemberian diskon ternyata juga bisa menarik pembeli. 

Bisa dengan promo buy one get one atau potongan harga beberapa persen untuk produk tertentu. Tapi pastikan juga kalau produk yang kena promo itu berkualitas tinggi. Jangan mentang-mentang diskon, produk yang dikasih produk gagal. 

6. Endorse selebgram untuk mendongkrak popularitas

Kalau kamu punya modal lebih, jangan ragu-ragu meng-endorse para selebgram. Carilah selebgram yang tengah popular dan banyak pengikutnya. Dengan cara ini, dijamin produkmu bakalan semakin populer ke seluruh penjuru kota atau bahkan luar negeri. 

Cara jualan online tanpa modal 

cara jualan online
cara jualan online

Siapa bilang berjualan mesti punya modal yang berlebih, jualan online bisa dilakukan meski kamu gak punya modal sepeser pun. 

Inilah yang menjadi keuntungannya bila dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya. Bagaimana caranya? 

Kamu bisa melakukan tiga cara, pertama adalah dengan sistem dropshipper. Selain gak perlu pakai modal, dengan sistem ini kamu juga gak perlu menyetok barang. Dropshipper ini lebih mirip seperti agen. 

Kamu cuma bertugas memasarkan produk lewat Instagram, kalau ada pembeli, kamu tinggal menghubungi si produsen untuk mengirimkan produk tersebut ke alamat si pembeli. 

Kedua adalah, dengan sistem jasa titip (jastip), tapi bisnis kayak gini biasanya situasional. Misalnya kamu sedang jalan-jalan ke Singapura, lalu kamu membuka jasa titip produk-produk asli Singapura untuk di bawa ke Indonesia. 

Dengan cara ini, kamu bisa berjualan tanpa modal. Karena pembeli terlebih dahulu mentrasfer uangnya baru kamu belanjakan. 

Terakhir adalah dengan cara pre-order (PO). Biasanya, sistem (PO) berlaku untuk produk-produk dari luar negeri, seperti sepatu misalnya. 

Caranya mudah banget kok, kamu tinggal posting produk tertentu, lalu pasang harga dan jumlah kuota yang harus terpenuhi. Ketika kuota sudah terpenuhi baru deh kamu pesan produk tersebut dari luar negeri. 

Cara jualan online di Facebook 

cara jualan online
cara jualan online

Facebook merupakan platfrom media sosial yang paling banyak penggunanya. Jumlah penggunanya di seluruh dunia saja mencapai lebih dari 2 miliar. Sedangkan di Indonesia, pada kuartal I ini jumlah pengguna aktif FB mencapai 120 juta orang. 

Jumlah pengguna yang membludak ini bisa dijadikan potensi untuk meraup keuntungan yang lebih sebagai pengusaha. 

FB sudah digunakan beberapa pengusaha kelas menengah sampai industri besar sebagai ajang promosi dan menggaet calon pembeli. Berikut ini cara jualan online lewat FB yang bisa kamu tiru. 

  1. Pertama buat akun Facebook untuk bisnismu, dengan nama brand yang telah ditetapkan
  2. Membuat akun Facebook Business. Layanan ini memungkinkan kamu memasang foto-foto produk jualan layaknya etalase toko. 
  3. Unggah foto produk semenarik mungkin, kalau perlu yang memiliki kualitas tinggi 
  4. Rajin-rajin berinteraksi dengan menambah teman baru sebagai target pasar, atau bisa juga berbagi informasi-informasi menarik seputar produkmu, supaya banyak dikenal orang. 
  5. Jangan lupa cantumkan nomor kontak agar mudah dihubungi oleh calon pembeli.
  6. Balas setiap pesan dari calon pembeli dengan cepat dan jelas.
  7. Gunakan layanan Facebook ads untuk menjaring lebih banyak calon pembeli. 

Cara jualan online di Instagram 

cara jualan online
cara jualan online

Untuk berjualan secara online, sebenarnya saat ini lebih ampuh menggunakan Instagram dibandingkan dengan Facebook. Keunggulan Instagram adalah tampilannya yang lebih simpel layaknya katalog belanjaan. 

Belum lagi ditambah fitur-fitur seperti caption dan hashtag yang memungkinkan kamu menjangkau calon pembeli lebih luas lagi. Langkah-langkah atau cara jualan online lewat Instagram hampir sama seperti di Facebook. 

  1. Buat dulu akun Instagram, bisa yang personal atau yang bisnis. Untuk jualan disarankan membuat akun bisnis, karena ada beberapa fitur yang bisa memudahkan dalam proses penjualan. 
  2. Unduh foto-foto produkmu yang paling menarik. Jangan lupa sertakan pula dengan caption yang detail dan jelas tentang produk termasuk harganya. 
  3. Sertakan hashtag atau tanda pagar yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Tujuannya untuk membantu jualanmu mudah ditemukan oleh pengguna Instagram. 
  4. Follow akun-akun yang kira-kira cocok sebagai target pasarmu. Hal ini harus kamu lakukan karena saat pertama terjun, kamu belum memiliki follower sama sekali.
  5. Gunakan tools pendukung, seperti Social Captain yang berguna untuk meningkatkan popularitas bisnis. Kemudian ada Hootsuite yang memungkinkan kamu untuk mengatur postingan secara otomatis.  

Cara jualan online di Shopee 

cara jualan online
cara jualan online (Instagram/@shopee_id)

Kini eranya e-commerce, semua yang kamu perlukan ada di dalam genggaman. Nah memanfaatkan tren dan kemajuan zaman ini, kamu juga bisa berjualan online lewat situs-situs e-commerce. Salah satu yang patut diperhitungkan adalah Shopee. 

Cara jualan online lewat Shopee juga gak sulit-sulit banget kok, cuma bermodalkan jempol juga barangmu sudah bisa dipasarkan. Berikut, langkah-langkahnya: 

  1. Buat akun Shopee dulu, dan pastikan akun tersebut telah diverifikasi.
  2. Kemudian sentuh pilihan profile di bawah paling kanan. 
  3. Setelah itu masuk ke menu postingan, di situ kamu bisa mengunggah foto produkmu sampai sembilan foto.
  4. Tuliskan dengan detil rincian produk, jenis, stok, harga, berat, sampai ongkos kirimnya, serta hashtag yang sesuai dengan produk.
  5. Selesai deh, tinggal tunggu pesanan datang! 
  6. Jangan lupa untuk mengisi kontak nomor telepon dan juga rekeningmu. 

Cara jualan online di Tokopedia 

cara jualan online
cara jualan online (Instagram/@tokopedia)

Decacorn asal Indonesia ini juga bisa kamu jadikan ladang cuan bisnis online-mu. Dengan mengusung toko online, Tokopedia telah membantu banyak pengusaha-pengusaha kecil khususnya untuk membuka toko secara online dan gratis. 

Tata cara jualan online di Tokopedia juga terbilang simpel, cukup dua langkah saja. Pertama membuat Toko Online dahulu di pilihan menunya. 

Isi dengan jelas informasi mengenai foto tokomu, nama, slogan, dan deskripsi toko. Setelah itu tentukan pula pilihan pengiriman dan pembayaran. 

Kedua, setelah toko buka, tinggal unggah foto-foto produk yang mau dijual. Isi dengan lengkap informasi yang diperlukan seperti harga, rincian produk, berat, deskripsi, dan lain-lainnya. Selesai deh, tinggal tunggu pesanan datang menghampirimu! 

Itulah cara jualan online menggunakan berbagai macam platform media sosial dan e-commerce

Berjualan online memiliki banyak keuntungan, seperti kamu gak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa toko fisik, jangkauan pembelinya luas, dan tentunya bisa dijalankan di waktu-waktu yang fleksibel. Selamat mencoba! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.