Gak Pakai Ribet! Jualan Pulsa Kini Semakin Praktis dan Menguntungkan

5 menit
Cara jualan pulsa
Cara jualan pulsa pakai aplikasi (Shutterstock)

Cara jualan pulsa bisa dibilang sangat mudah, dan praktis. Tapi, masih banyak saja yang belum mengetahui bagaimana caranya.

Berjualan pulsa merupakan salah satu usaha yang menjanjikan saat ini. Mungkin kamu gak bakal mendapatkan penghasilan yang besar hanya dari berjualan pulsa, tapi paling enggak bisa memberikan sedikit tambahan buat biaya hidup sehari-hari.

Karena pada dasarnya, semua orang membutuhkan pulsa untuk tetap terhubung dengan dunia maya atau sanak saudara yang jauh di daerah lainnya. Jadi, jangan takut sepi peminat!

Selain itu, jualan pulsa juga menjadi usaha yang gak butuh modal besar. Kamu hanya tinggal mempersiapkan ponsel dan juga sedikit modal untuk mengisi saldo pulsamu.

Ponselnya juga gak harus yang mahal-mahal kok, cukup yang murahan aja. Bahkan, ponsel jadul yang layarnya cuma ada warna hitam putih juga bisa.

Kalau untungnya cuma sedikit terus apa kelebihannya? Dan bagaimana cara jualan pulsa bagi pemula?

Kelebihan berjualan pulsa

cara jualan pulsa
Cara jualan pulsa menjadi kelebihan jualan pulsa (Shutterstock)

Kalian mungkin sudah tahu, keuntungan yang didapat dari berjualan pulsa tidaklah banyak. Apalagi, kini sudah banyak masyarakat yang beralih ke operator online untuk membeli pulsa.

Jadi ada baiknya menjadikan jualan pulsa sebagai pekerjaan sampingan saja untuk membantu kebutuhan sehari-hari.

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang cara jualan pulsa, ada baiknya mengetahui dulu  beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari jualan pulsa.

Baca juga: Zaman Digital, Beli Pulsa Online Murah Lewat 6 Aplikasi Ini Aja

1. Modalnya kecil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bisnis jualan pulsa itu gak kaya bisnis kuliner atau jasa lainnya.

Modal yang diperlukan sangatlah kecil, hanya ponsel pintar, atau bahkan ponsel jadul, dan beberapa ratus ribu rupiah untuk dijadikan sebagai modal saldo awal.

2. Bisa dijalani di mana saja dan kapan saja

Bisnis pulsa juga terkenal fleksibel banget. Karena modalnya cuma ponsel, dan sinyal yang bagus, kamu bisa bekerja dari mana saja dan kapanpun. Bahkan, kamu tetap bisa berjualan saat jam kerja di kantor, atau bahkan di transportasi umum saat pulang kantor.

Kalau yang beli tetangga atau teman dekat, pasti mereka akan mengontakmu secara langsung melalui sms atau pesan instan, lalu tanpa berlama-lama kamu bisa segera mengirimkan pulsa untuknya.

Dengan keistimewaan ini, kamu gak perlu lagi deh gelar lapak di pinggir jalan, atau buka counter sendiri.

3. Menentukan harga sendiri

Sebagai penjual, kamu bisa menentukan sendiri harga jual pulsamu. Tapi ingat, harga yang kamu patok harus rasional ya, misalnya untuk pulsa 10.000 jangan kamu jual seharga Rp 15.000, karena pasarannya pulsa segitu rata-rata dibanderol antara Rp 11.000 – Rp 12.000.

4. Minim risiko kerugian

Karena modalnya yang kecil, dan cara jual pulsa sangat mudah, jadi jangan takut menelan kerugian yang besar.

Pulsa bukanlah barang dagangan yang bisa basi atau kadaluwarsa. Jadi kalau gak habis di hari itu, kamu juga masih bisa menjualnya di hari-hari besoknya.

Cara jualan pulsa lewat agen

cara jualan pulsa
cara jualan pulsa lewat agen (Shutterstock)

Cara jualan pulsa terbilang sangat mudah dan gak memerlukan tahapan-tahapan yang ribet. Pertama, kamu hanya perlu mempersiapkan ponsel beserta kartu simnya, kemudian mencari server penjualan pulsa terpercaya.

Saat ini, sudah banyak server pulsa atau distributor pulsa bertebaran. Masing-masing dari mereka tentu memiliki kelebihannya masing-masing, misalnya ada yang menawarkan harga paling murah, atau ada yang menawarkan kecepatan dalam bertransaksi.

Intinya, kalau kamu tertarik berjualan, telitilah dalam memilih server yang paling bisa dipercaya.

Biasanya, server yang terpercaya telah memiliki banyak agen penjualnya. Selain itu, apabila ada perubahan harga selalu memberikan pengumuman ke agen-agennya. Satu lagi yang terpenting pilihlah server yang menyediakan pulsa ke semua operator.

Percuma kan kalau misalnya kamu daftar ke server tersebut, tapi cuma bisa melayani beberapa operator saja.

Setelah menemukan server yang pas, tinggal daftarkan diri kamu dengan mengisi data diri kamu ke mereka. Setelah proses pendaftaran selesai, kamu bakalan disuruh untuk deposit atau mengisi saldo yang akan digunakan untuk berjualan.

Untuk pemula, gak perlu isi banyak-banyak, isi 100.000 sampai 200.000 saja yang penting pulsa tersebut habis.

Selesai deh, tinggal tawarkan saja ke teman-teman terdekat untuk membeli pulsa lewat kamu. Tapi, tentukan harga jual yang rasional ya, jangan terlalu tinggi juga.

Tentukan keuntungan dari setiap transaksi antara Rp 1.000 – Rp 2.000. Caranya, dengan menambahkan harga jual yang telah ditetapkan oleh server.  

Jualan pulsa lewat aplikasi

cara jualan pulsa
cara jualan pulsa lewat aplikasi (Shutterstock)

Saat ini, berjualan pulsa gak perlu ribet harus datang ke distributor atau agen untuk mengisi saldo, karena sudah banyak aplikasi jualan pulsa di ponsel pintar yang bisa kamu unduh secara gratis.

Harga jual pulsanya juga terbilang murah-murah, gak kalah lah sama agen distributor.

1. PAYFAZZ

Kamu bisa mengunduh aplikasi PAYFAZZ di perangkat ponsel pintar kamu. Dengan aplikasi ini, memungkinkan kita menjajakan pulsa dengan sistem prabayar maupun pascabayar.

Semua operator ada, mulai dari Telkomsel, Indosat, Tri, Axis, XL, hingga Smartfren.

Tersedia pulsa dari nominal terkecil 5.000 sampai yang paling besar 500.000. Harganya juga terbilang murah, untuk yang 10.000 hanya Rp 10.000, kalau dijual Rp 11.000, kamu bisa dapat untung Rp 1.000. Lumayan kan!

Cara jualan pulsa lewat PAYFAZZ, tinggal unduh saja aplikasinya di ponsel pintarmu.

2. KUDO  

KUDO sudah berdiri sejak tahun 2014, kini mereka menjadi salah satu agen pulsa online terpercaya di Indonesia.

KUDO mengklaim bisa memberikan banyak keuntungan selain dari hasil jualan pulsa, tapi mereka juga kerap membagikan komisi untuk para agennya.

Sama dengan PAYFAZZ, cara jualan pulsa lewat KUDO tinggal unduh aplikasinya di Google Play Store, lalu mengisi form pendaftaran dengan menyertakan data diri.  

3. BroPulsa

Gak cuma lewat aplikasi, BroPulsa juga bisa dijajakan hanya melalui website resminya saja. Mereka menyediakan transaksi isi pulsa online, token listrik, paket data, hingga voucher game selama 24 jam.

Syarat untuk berjualan pulsa lewat BroPulsa juga gampang kok, kamu cukup deposit atau isi saldo awal sebesar Rp 100.000.

Harganya juga murah-murah banget, contohnya saja, Indosat yang 10.000 dijual Rp 11.250, 25.000 dijual Rp 24.975, sementara yang 50.000 dijual Rp 49.275.

4. Sepulsa

Buat kamu yang cari aplikasi jualan pulsa yang menyediakan semua operator, Sepulsa salah satunya. Sepulsa juga memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi jual beli selama 24 jam. Jadi jangan takut kalau ada yang minta beli pulsa di tengah malam!

Harga yang ditawarkan juga murah, contohnya pulsa Telkomsel. Telkomsel dijual sama dengan jumlah nominalnya, misal untuk pulsa 10.000 dijual Rp 10.000, 25.000 dijual seharga Rp 25.000 dan seterusnya sampai terbesar Rp 1.000.000.

Setelah mengetahui selak beluk tentang bisnis jual pulsa ini, tinggal kumpulkan niat kamu deh. Bisnis ini bisa dijalankan kapan saja, meskipun seorang karyawan kantoran, kamu tetap bisa berjualan.

Tinggal pilih deh mau cara jualan pulsa lewat server. Artinya, cara lama seperti tukang pulsa pada umumnya, atau menggunakan cara baru dengan aplikasi online. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan