Cara Kerja Mesin EDC: Ngambil Duit Gak Perlu ke ATM, Cukup Gesek Kartu

4 menit
cara kerja mesin EDC

Dulu, banyak orang bilang, “Ngapain ambil duit ke bank? Bisa lewat ATM tuh!” Sekarang banyak orang dengan hati girang bisa ngomong, “Gak perlu ke ATM, ambil duit tinggal gesek kartu di Indomaret!”

 

Betul, sekarang kita bisa ambil duit di minimarket seperti Indomaret atau Alfamart berkat mesin yang namanya Electronic Data Capture (EDC). Syaratnya, kita mesti belanja dulu biasanya senilai Rp 20 ribu dan membayar dengan kartu debit di sana.

 

Tapi ingat, gesek tunai dengan kartu kredit itu ilegal. Kalau pakai kartu debit harus belanja dulu dengan jumlah minimal tertentu untuk tarik tunai. Bedakan ya, antara gesek tunai kartu kredit dan tarik tunai kartu debit.

 

Tapi manfaat mesin EDC gak cuma itu. Dalam buku Bijak Ber-E-Banking yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan secara gratis, dijelaskan apa itu dan cara kerja mesin EDC.

 

Dengan menggunakan mesin EDC, kita bisa misalnya:

  • Bayar belanjaan
  • Bayar tol
  • Bayar tiket pesawat
  • Bayar listrik

 

Definisi

Mesin EDC didefinisikan sebagai perangkat yang bisa dipakai untuk bertransaksi dengan kartu debit/kredit/e-money di merchant atau toko. Mesin ini terhubungan dengan jaringan komputer bank.

 

Kalau kamu pernah belanja di minimarket dan ngelihat mesin yang bentuknya besar dengan kabel dan tombol serta layar di meja kasir, itulah mesin EDC. Tapi ada juga mesin EDC dengan bentuk lain, seperti yang ada di gerbang tol yang bisa dipakai dengan menempelkan kartu, bukan menggeseknya.

 

cara kerja mesin EDC

Ternyata mesin EDC nggak cuma dipake di minimarket, di gardu tol pun juga make 

 

 

Setiap bank memiliki mesin EDC yang diterbitin sendiri dan disediakan bagi merchant dengan syarat mengajukan permohonan ke bank itu. Ketentuan bank untuk memberikan EDC berbeda-beda, jadi kita harus hubungi langsung bank untuk dapat kepastian syarat dan ketentuannya. Mesin EDC bisa dibedakan jadi 3 jenis, yaitu:

 

1. Fixed Line/Line Telepon

EDC ini menggunakan line telepon dari Telkom. Jadi, merchant juga harus membayar biaya langganan line ini ke Telkom.

 

2. GPRS Power

EDC ini bekerja dengan memanfaatkan sinyal seluler. Jadi, memakai SIM card layaknya hape. Mesin ini harus tercolok ke stop kontak sebagai daya karena gak pakai baterai.

 

3. GPRS Mobile

EDC ini mirip dengan GPRS Power, yaitu pakai sinyal seluler. Tapi sumber energinya adalah baterai yang bisa diisi ulang. Jadi, gak perlu selalu nyolok ke listrik dan bisa dibawa ke manapun.

 

Cara Kerja Mesin EDC

Cara kerja mesin EDC ini mirip dengan mesin ATM mungil. Untuk menggunakannya, kita harus memasukkan PIN kartu kita, kecuali kalau pakai e-money atau uang elektronik. Kalau pakai e-money, cukup tempelkan kartu itu pada mesin EDC, otomatis saldo terpotong.

 

Kalau pakai kartu di mesin EDC gesek, tahap penggunaannya yaitu:

 

  1. Menyerahkan kartu ke kasir
  2. Kasir akan memasukkan jumlah uang yang dibayarkan
  3. Kita memasukkan PIN pada mesin
  4. Jika transaksi berhasil, akan keluar struk bukti transaksi dari mesin itu
  5. Nasabah tanda tangan pada struk transaksi
  6. Duit di saldo rekening langsung terpotong (kartu debit)
  7. Tagihan bertambah (kartu kredit)

 

cara kerja mesin EDC

Pake PIN menjamin keamanan bertransaksi dengan mesin EDC, sayangnya baru BCA yang punya jaringan EDC debit

 

 

Untuk diingat, ada juga transaksi kartu debit dengan mesin EDC yang gak pakai PIN. Ini biasanya terjadi pada kartu ATM non-BCA, sebab baru BCA yang punya jaringan mesin EDC debit. Yang lain pakai mesin EDC kredit.

 

[Baca: Aji Gileee, Masak Bisa Transaksi Kartu Debit Tanpa PIN]

 

Sama seperti transaksi di ATM, ada biaya yang dikenakan kalau kita pakai mesin EDC dari bank yang beda dengan bank penerbit kartu kita sebesar 2,5-3%. Tapi biaya ini dikenakan ke toko yang pakai EDC itu, bukan customer. Kebanyakan mesin EDC bisa dipakai buat kartu kredit dan debit, tapi ada juga yang cuma kartu debit.

 

Mesin EDC sering disalahgunakan buat gestun alias gesek tunai di merchant oleh nasabah. Sebab mereka menghindari biaya dari bank yang lebih gede kalau tarik tunai di ATM. Padahal praktek ini udah dilarang.

 

[Baca: Gesek Tunai Kartu Kredit: Apa Itu dan Kenapa Harus Berhati-hati?]

 

Cara kerja mesin EDC dengan kartu debit yaitu transaksi yang digesek pakai kartu debit di mesin EDC otomatis tercatat di jaringan bank. Sehingga bank bisa langsung motong saldo di rekening tabungan asal kartu debit itu.

 

 

Nah, kalau gesek pakai kartu kredit, saldo itu akan dibebankan ke tagihan bulanan pemegang kartu. Nantinya, nilai dari penggunaan mesin EDC itu akan terakumulasi dengan transaksi kartu kredit lainnya. Total transaksi itu harus dibayar lunas sebelum jatuh tempo biar gak terkena bunga.

 

Tips Bertransaksi Aman

Bertransaksi dengan mesin EDC gak berarti terhindar dari ancaman pencoleng. Ada sejumlah tip aman bertransaksi dengan melihat cara kerja mesin EDC.

 

  1. Tutupi mesin EDC saat memasukkan PIN
  2. Lihat nominal uang pada mesin sebelum memasukkan PIN, pastikan tidak kelebihan
  3. Jika memberikan kartu kepada petugas merchant, ikuti petugas itu sampai ke meja kasir
  4. Jika transaksi ditolak, segera hubungi bank penerbit kartu
  5. Jangan lupa minta kartu kembali setelah transaksi

 

cara kerja mesin EDC

Nggak perlu repot bawa segepok cash kalo mau belanja, asalkan merchant pake mesin EDC 

 

 

Mesin EDC amat bermanfaat baik buat merchant maupun konsumen. Khusus buat konsumen, gak perlu repot bawa duit cash banyak kalau mau beli barang dengan nominal besar, misalnya TV seharga Rp 10 jutaan.

 

Kalau buat merchant, gak perlu ribet cari duit kembalian ke konsumen. Tinggal gesek, tuntas semua transaksi.

[Baca: Alasan Logis Merchant Tetap Pungut Biaya Surcharge Kartu Kredit Tiap Gesek]

 

 

 

Image credit:

  • http://cdn-2.tstatic.net/jateng/foto/berita/2014/11/7/GARDU_TOL_OTOMATIS_SUL.jpg
  • http://file.mic.ac.id/mesin_debit_bca-f0b07-2084_100.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2012/07/09/2042410621p.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong