Pengin Liburan Mewah Tapi Gak Menguras Kantong? Begini Caranya

4 menit
Travelling (Shutterstock).

Libur panjang kembali tiba. Siapa nih diantara kamu yang sudah menyiapkan agenda untuk liburan Nyepi esok? Atau kamu malah pilih liburan di dalam rumah aja? Gak apa-apa sih asal tetap bisa rileks ya guys. Menurut kamu, bagaimana sih cara liburan murah?

Lalu, pengertian liburan murah tetap mewah seperti apa sih menurutmu? Apakah mengeluarkan banyak dana untuk bisa pergi ke objek wisata menarik di dunia? Atau justru kamu malah bisa tetap hemat? Pasti kamu penginnya liburan mewah tetap hemat dong ya. Mana ada sih yang mau bokek setelah berlibur.

Dan ternyata hal itu sebetulnya bisa kok kamu lakukan. Asal jeli melihat peluang dan pintar memanfaatkan bujet liburan mewah tetap murah meriah bukan sekedar impian. Tentu, hal ini gak bisa dilakukan secara mendadak, semua perlu perencanaan yang matang.

Melansir dari laman Traveloka, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika ingin liburan mewah tanpa menguras tabungan. Simak yuk ulasannya berikut ini.

Baca juga: 5 Shio yang Paling Mujur di Tahun 2019 Ini, Kamu Salah Satunya?

1. Jeli pilih tanggal

Jeli pilih tanggal untuk liburan (Shutterstock).

Ini poin penting yang harus kamu lakukan. Jeli melihat tanggal merah, terutama saat long weekend seperti besok. Kalau ingin mendapatkan tiket murah, kamu harus mencarinya sejak enam bulan sebelum, atau malah setahun. Memang sih kelihatannya kelamaan, tetapi kan kamu bisa tetap hemat anggaran.

Atau sederhananya lagi, kamu perlu bersabar sebentar. Jangan bepergian di saat high season seperti besok ya. Pasalnya gak cuma harga tiket maskapai saja yang akan melonjak, tetapi akomodasi seperti hotel dan yang lainnya juga pasti akan naik. Jadi, tak ada salahnya merencanakan liburan di saat low season untuk bisa merasakan kemewahan dengan harga terjangkau.

2. Datang ke destinasi yang tidak biasa

Pulau Macan, Kepulauan Seribu (Shutterstock).

Liburan kali ini kenapa enggak kamu mencoba destinasi wisata yang tidak biasa. Agar tidak menelan biaya cukup besar, lebih baik kamu tentukan ingin pergi mengunjungi pantai atau pegunungan. Atau bahkan pulau?

Gak harus kamu pergi ke Bali kok kalau hanya ingin melihat laut. Kamu bisa datang ke Pulau Seribu dan pilih sendiri mau berkunjung ke pulau yang mana. Disana ada beberapa pulau seperti Pulau Bidadari, Pulau Pari, Pulau Tidung atau bisa ke Pulau Macan yang suasananya lebih privacy.

Kalau di Jakarta menurutmu terlalu dekat, coba bepergian ke pantai di daerah Jawa atau Nusa Tenggara. Daerah itu memiliki pesona pantai yang gak kalah menariknya dari Bali.

Kamu juga gak perlu khawatir akan sarana dan fasilitasnya. Meski belum terlalu populer, beberapa destinasi wisata justru sudah didukung oleh hotel maupun akses transportasi yang memadai. Tak tanggung-tanggung, penginapan taraf internasional pun bisa dengan mudah ditemukan. Jika beruntung, kamu juga bisa mendapat harga sesuai kantong!

Baca juga: Gaya Traveling Turis Indonesia Ternyata Lebih Suka Meluangkan Waktu untuk Bersantai

3. Berangkat ramai-ramai

Jalan-jalan bersama teman lebih hemat ketimbang seorang diri (Shutterstock).

Kalau ingin hemat jangan pernah melakukan perjalanan seorang diri ya. Karena kamu bakalan menanggung seluruh akomodasi selama di perjalanan. Ada baiknya berbagi dengan teman atau kerabat yang juga ingin pelesiran.

Selama perjalanan, segala bentuk pengeluaran gak kamu tanggung sendiri lho. Tetapi patungan dengan mereka yang ikut rombonganmu. Cara ini tentu berguna jika kamu berniat untuk liburan mewah, sehingga bisa menekan pengeluaran akomodasi dan biaya lain.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan promo atau penawaran menarik lain saat pergi secara rombongan. Mulai dari potongan harga wahana rekreasi, hingga mencicipi paket hemat rombongan makanan mewah tentu bisa kamu manfaatkan. Tertarik mencoba?

4. Cicil tiket pesawat

Tiket pesawat ke Johannesburg, Afrika Selatan (Shutterstock).

Kalau mau menghemat biaya lagi kamu bisa mencicil tiket pesawat sebelum hari H. Kamu juga bisa menggunakan promo tiket kalau mau lebih hemat lagi. Tetapi meski kemunculan promo tidak bisa diperkirakan, kamu bisa gunakan cara lain.

Beberapa travel agent online salah satunya Traveloka menyediakan fitur PayLater yang bisa kamu gunakan. Melalui fasilitas pembayaran ini, kamu bisa mengajukan cicilan tiket pesawat yang sudah kamu idamkan. Tips ini juga bisa kamu gunakan saat ingin menggunakan pesawat business class maupun first class. Jadi, kamu bisa segera berlibur dan membayarnya kemudian.

Baca juga: Pengin Wajah Bersih dan Bebas Kerutan, Ini 7 Make up Remover Murah yang Bisa Kamu Pakai

5. Pilih bermalam di penginapan baru

Penginapan (Shutterstock).

Dari jauh-jauh hari cobalah mencari penginapan di tempat yang akan kamu kunjungi. Perhatikan dengan seksama penginapan-penginapan tersebut. Kalau kamu jeli, kemungkinan menemukan penginapan yang baru saja dibuka terbuka lebar.

Umumnya, penginapan baru akan menawarkan promo kamar dengan harga yang cukup terjangkau. Asyiknya lagi, kamu pun berkesempatan untuk menikmati berbagai fasilitas yang tentunya masih serba baru.

Untuk memulai pencarian, kamu bisa lebih dulu aktif dalam grup traveler. Biasanya, segala informasi terbaru mengenai tempat wisata bisa kamu dapatkan di sana. Selain itu, cobalah bertanya dengan saudara ataupun teman yang tinggal di destinasi incaran kamu. Nah, apa kamu pernah mencobanya?

Nah kan? kata siapa liburan mewah itu identik dengan mahal? Kalau kamu pandai mensiasatinya impian untuk liburan mewah minim bujet pasti segera terwujud kok. Asal direncanakan dengan matang dan kalau bisa jangan bepergian seorang diri ya. Bukan malah hemat, yang ada justru boros! Semoga cara liburan murah tadi bermanfaat ya! Selamat berlibur! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan