Begini Cara Lunasi Utang yang Menumpuk Selama Satu Tahun

3 menit
Cara membayar utang
Cara membayar utang (Shutterstock)

Punya banyak utang dan bingung gimana cara melunasinya? Jangan khawatir. Ada beberapa cara membayar utang yang bisa membantu kamu melunasinya dalam waktu kurang setahun.

Emang benar. Punya utang itu di satu sisi membantu banget, tapi di sisi lain rasanya benar-benar gak enak.

Gimana gak enak? Kepala pusing memikirkannya, dan perasaan selalu cemas begitu tiba jatuh tempo pembayaran.

Sialnya, kalau sampai utang yang dimiliki tertunggak karena satu dan lain hal. Bisa-bisa jumlahnya malah menumpuk. Ujung-ujungnya kamu bisa memasuki fase gagal bayar.

Buat kamu yang saat ini punya utang tertunggak, berikut beberapa cara membayar utang yang dapat membantumu lepas dari belenggu tumpukan tagihan kredit tersebut.

Bagaimana caranya? Begini cara-caranya seperti dikutip dari AARP:

1. Perbesar alokasi pembayaran utang jadi 50 persen

Bayar utang
Bayar utang

Di sini gak enaknya kalau sampai punya utang menumpuk. Agar cepat terlunasi, kamu harus memperbesar alokasi pembayaran utang. Awalnya 30 persen lalu diperbesar menjadi 50 persen.

Cara membayar utang yang satu ini emang cukup membebani kamu. Pasalnya, kamu harus rela mengorbankan beberapa alokasi pengeluaran, termasuk kebutuhan pribadi demi terlunasinya utang.

Meski begitu, menjalankan cara ini benar-benar efektif dalam mempercepat pelunasan utang. Asalkan kamu bersabar, cara ini sungguh terbukti.

Baca juga: Pakai Cara-Cara Ini Kalau Gak Mau Hidup Selalu Dibayang-bayangi Utang

2. Pakai tabungan kalau ada buat bayar utang

Pakai tabungan
Pakai tabungan

Inilah gunanya kalau punya dana darurat atau tabungan. Kamu bisa menggunakannya buat membantu kamu melunasi utang.

Kalau kamu punya tabungan, gak usah berpikir panjang lagi deh. Segera minimalkan utang kamu yang menumpuk dengan dana tabungan tersebut.

Daripada nilai utang terus meningkat, lebih baik diperkecil bukan? Namun, setelah utang lunas, jangan lupa buat mengalokasi pengeluaran buat kembalikan dana tabungan lagi. Siapa tahu di masa mendatang ada hal darurat lainnya yang membutuhkan dana besar.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda Dompet Kamu Terlilit Banyak Utang

3. Lakukan 3R buat lunasi utang

Lakukan 3R untuk fokus melunasi utang
Lakukan 3R untuk fokus melunasi utang

Melakukan 3R bisa bantu kamu buat melunasi utang lho. Apa itu 3R? Rescheduling, reconditioning, dan restructuring.

Ketentuan 3R tersebut telah dibuatkan peraturannya. Misalnya aja rescheduling yang diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 15/28/DPNP Tahun 2013.

Rescheduling merupakan opsi penjadwalan kembali. Dengan mengajukan opsi ini, pembayaran cicilan kredit yang mesti dibayar bakal dihitung ulang menyesuaikan waktu pembayaran cicilan yang diperpanjang.

Misalnya, tenor yang awalnya setahun di-rescheduling jadi dua tahun.

Kemudian, ada reconditioning yang diatur PBI No. 5/19/PBI/2003. Cara membayar utang yang satu ini gak cuma mengubah tenor pembayaran cicilan, tetapi juga perubahan suku bunga.

Sementara restructuring itu mencakup semuanya, baik rescheduling maupun reconditioning. Buat yang ambil pinjaman sebagai modal usaha, pakai cara ini kamu bisa mendapat tambahan dana atau kredit sebagai tambahan modal usaha.

Meski beban utang jadi bertambah, bank memberi tambahan karena melihat potensi usaha kamu yang bagus. Bank berharap dengan beri tambahan dana, keuntungan usaha kamu jadi bertambah.

4. Jual barang buat dapat dana bayar utang

Jual semua barang untuk melunasi utang
Jual semua barang untuk melunasi utang

Barang-barang yang punya nilai bisa membantu kamu buat bayar utang. Caranya, dengan menjual barang-barang tersebut agar mendapat dana.

Dana yang kamu peroleh tersebut nantinya bisa kamu gunakan buat bayar utang. Untuk mempermudah kamu, lakukan penjualan barang-barang tersebut secara online. Misalnya, menjualnya di OLX, Carousell, Prelo, hingga Jualo.

Itulah beberapa cara membayar utang yang menumpuk dalam waktu kurang dari setahun. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan