Bikin Salad Buah Sendiri Lebih Hemat! Begini Resep dan Cara Membuatnya

6 menit
Bikin Salad Buah Sendiri Lebih Hemat! Begini Resep dan Cara Membuatnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara membuat salad buah sangatlah mudah. Cukup menggunakan potongan buah-buah segar namun dicampur dengan saus mayonaise dan aneka topping untuk menambah cita rasa. 

Meski mudah, ternyata banyak yang malas untuk membuatnya sendiri. Lagian ngapain bikin, kan sudah banyak kedai-kedai salad buah di sekitar kita. Betul sih, tapi bikin sendiri bakalan lebih hemat dan terjamin kesehatannya. 

Lantas bagaimana cara membuat salad buah kekinian dan menyegarkan? Simak ulasannya di bawah ini kamu bisa melihat resep bikin salad buah.

Baca juga: Resep Bikin Donat Kentang Empuk dengan Modal Kurang dari Rp 100 Ribu

Manfaat salad buah 

cara membuat salad buah
Segudang manfaat salad buah buat tubuh kamu, (Ilustrasi/Pixabay).

Berbagai ahli gizi menyarankan kita untuk mengonsumsi buah setiap harinya. Karena di dalam buah terdapat kandungan gizi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaatnya yang bakal kamu dapatkan ketika rajin mengonsumsi salad buah.

1. Memenuhi kebutuhan serat 

Buah-buahan sangat kaya akan kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kegunaan dari serat itu sendiri adalah untuk memperlancar sistem pencernaan kita. Jadi saat seratmu terpenuhi, buang air besarmu bisa lancar, dan menjaga tubuh lebih ideal. 

2. Buah memiliki rendah kalori 

Salah satu sumber energi dari tubuh adalah kalori. Tapi kalau kamu mengonsumsinya secara berlebih, yang ada malah kegemukan. Jadi buah-buahan bisa menjadi solusi, karena mengandung rendah kalori, namun tetap mengenyangkan. 

3. Vitaminnya bikin tubuh lebih sehat 

Buah mengandung banyak vitamin, sebut saja seperti jeruk yang mengandung Vitamin C. Vitamin C sangat penting dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan, sehingga gak mudah diserang oleh penyakit flu. 

4. Menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit berbahaya 

Makan banyak buah-buahan dan sayuran bisa mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya, termasuk serangan jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. 

5. Meningkatkan kesehatan kulit 

Buah-buahan yang berwarna cerah, seperti jeruk, apel, lemon, dan lain-lainnya mengandung banyak antioksidan. Berdasarkan penelitian antioksidan sangat baik untuk kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas. Mereka yang rajin makan buah kulitnya bakal terlihat lebih cerah dan sehat! 

Baca juga: Donny Pramono, Pria Dibalik Kesuksesan Sour Sally dan Gulu-Gulu

Buah yang cocok untuk salad 

cara membuat salad buah
Ini pilihan buah yang pas buat bikin salad buah, (Ilustrasi/Pixabay).

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat salad buah, penting untuk mengetahui buah apa saja yang cocok untuk dibuat salad. Meski bergizi, sayangnya gak semua buah cocok dijadikan bahan salad, contohnya seperti durian. Penyebabnya, karena durian mengandung kalori yang tinggi. 

1. Strawberi 

Buah strawberi mengandung banyak Vitamin C dan antioksidan. Buah ini sangat bermanfaat dijadikan bahan salad karena bisa melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Jeruk 

Sama dengan strawberi, jeruk juga diperkaya dengan Vitamin C dan kalium. Kalium dalam jeruk sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

3. Pepaya

Kalau sistem pencernaan lancar, mendapatkan tubuh ideal rasanya bisa mudah dicapai. Nah di situlah manfaat pepaya yang utama, membuat BAB lancar, jadi cocok untuk ditambahkan ke dalam bahan-bahan salad buah. 

4. Semangka 

Buah segar satu ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Kandungan airnya yang banyak bisa mencegah dehidrasi serta menjaga kelembaban kulit. 

5. Pir 

Pir merupakan buah yang cocok untuk diolah menjadi salad. Tekstur dan kandungan gizinya sama dengan apel. Pir tinggi serat dan juga mengandung senyawa anthocyanin. Senyawa tersebut menurut penelitian bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes dan kanker lho! 

6. Anggur 

Baik anggur merah atau anggur ungu sama-sama memiliki kandungan antioksidan. Jadi kalau dikonsumsi sangat bagus untuk menangkal radikal bebas yang berkeliaran di sekelilingmu. 

7. Mangga 

Buah tropik yang satu ini memiliki manfaat yang besar untuk mengurangi risiko kanker. Ini merupakan kontribusi dari kandungan pektin atau serat di dalamnya. Pektin sangat mudah dilarutkan di dalam darah, sehingga juga berperan aktif untuk menurunkan kadar kolesterol. 

8. Kiwi 

Kiwi mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti Vitamin A, B6, B12, dan E. Kandungan-kandungan ini berguna banget untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan mata. 

9. Melon 

Melon memiliki kandungan kalium dan serat yang sangat tinggi. Dua kandungan tersebut diyakini bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi, dan menjaga jantung tetap sehat. 

10. Buah naga 

Buah naga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kandungan lycopene yang terdapat di dalamnya dipercaya mampu menurunkan risiko berbagai macam penyakit kanker. 

Baca juga: Gak Perlu Jauh ke Pulau Dewata, 4 Kafe di Jakarta Ini Mirip Beach Club Bali

Resep salad buah mayo 

cara membuat salad buah
Ini lho cara mudah bikin salad buah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara membuat salad buah gak cuma bermodalkan potongan buah saja, tapi butuh bahan lain untuk menambah kenikmatannya, seperti mayonaise dan keju. Berikut ini bahan-bahan dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan untuk membuat salad. 

1. Bahan-bahan 

  • Potongan buah-buah segar, bisa apel, anggur, semangka, melon, buah naga, dan lain-lainnya sesuai dengan selera. 
  • Mayonaise
  • Susu kental manis 
  • Yoghurt rasa strawberi atau plain
  • Keju

2. Perlengkapannya

  • Mangkok kecil
  • Pisau
  • Mangkok berukuran sedang 

Cara membuat salad buah mayo

cara membuat salad buah
Begini cara membuat salad buah dari mayonaise, (Ilustrasi/Shutterstock).

Langkah-langkah untuk membuat salad buah gak terlalu sulit kok, bahkan kamu gak perlu menyita banyak waktu kayak bikin kue. Simak langkah-langkah cara membuat salad buah kekinian berikut ini, 

  1. Pertama adalah potong buah-buahan yang kamu gunakan ke dalam ukuran-ukuran kecil. Mengenai porsi dan besaran potongan disesuaikan dengan selera masing-masing, tapi biasanya dipotong sesuai dengan ukuran dadu. 
  2. Setelah itu masukkan buah-buah tersebut ke mangkok kosong berukuran sedang
  3. Buat saus mayonaisenya, dengan cara menuangkan mayonaise ke mangkok kecil. Campurkan bersamaan dengan 250 gram yoghurt dan susu kental manis secukupnya. 
  4. Aduk campuran mayonaise, yoghurt, susu kental manis agar tercampur merata. 
  5. Lalu tuangkan saus mayonaisenya ke mangkok besar yang sudah terisi dengan potongan buah. Jangan lupa diberi topping parutan keju di atasnya. 
  6. Masukkan salad ke dalam kulkas. Karena mengonsumsinya dalam keadaan dingin akan menambah kesegaran buah. 
  7. Tinggal disantap deh! 

Cara membuat salad buah untuk diet 

cara membuat salad buah
Salad buah buat diet bisa juga lho kamu bikin, (Ilustrasi/Pixabay).

Tapi ternyata, resep salad buah di atas tidak menyehatkan untuk tubuh. Kalau buah-buahnya saja sih sehat, yang bikin gak sehat campurannya seperti mayonaise, keju, dan susu kental manis.

Mayonaise dan keju mengandung tinggi kalori, yang jelas tidak sehat untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Sementara susu kental manis mengandung banyak gula yang bisa menyebabkan risiko diabetes. 

Dalam resep salad buah untuk diet kamu bisa mengganti ketiga bahan itu dengan bahan-bahan yang lebih menyehatkan yaitu minyak zaitun, biji-bijian, dan sayuran. Berikut cara membuat salad buah untuk diet yang ternyata lebih simpel,

  1. Potong buah-buahan yang telah kamu siapkan seukuran dadu. Lalu tuangkan ke dalam mangkok berukuran sedang. 
  2. Campurkan dengan sayur-sayuran bergizi seperti selada air dan tomat merah
  3. Setelah itu, tuang secukupnya minyak zaitun dan yoghurt rendah lemak 
  4. Aduk campuran serata mungkin, dan masukkan ke dalam kulkas. 
  5. Saat hendak disantap, kamu bisa menaburkannya dengan kacang almond atau oat, agar lebih bergizi. 

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat salad buah 

cara membuat salad buah
Segini besaran biaya buat bikin salad buah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Harga salad buah di pasaran biasanya berkisar antara Rp 20-30 ribuan tergantung besaran porsinya. Tapi, sebenarnya, kamu bisa lebih hemat kalau bikin sendiri. Biasanya, satu porsi salad yang dijual di pasaran cuma menggunakan seperempat sampai setengah buah dari masing-masing bahannya. 

Kalau bikin sendiri, mungkin kamu bisa mendapatkan porsi yang lebih banyak dengan harga yang lebih murah. Berikut rinciannya, 

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT SALAD BUAH HARGA
1 buah apel Rp 3 ribu
1 buah semangka  Rp 10 ribu
1 buah jeruk Rp 3 ribu
1 buah buah naga Rp 5 ribu
1 plastik strawberi Rp 10 ribu
1 buah mangga Rp 7 ribu
1 buah kiwi Rp 8 ribu
1 Mayonaise sachetan Rp 2 ribu
Susu kental manis Rp 5 ribu
1 botol kecil yoghurt Rp 5 ribu
Keju  Rp 7 ribu
TOTAL Rp 62 ribu

Hitung-hitungan harga di atas masih kasar, karena harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Dengan total Rp 62 ribu, kamu sudah bisa membuat 3-4 porsi salad buah berukuran kecil. 

Artinya, bila dibandingkan dengan salad buah pasaran yang dijual Rp 20 ribuan, masih lebih hemat buat sendiri di rumah. Kualitas buah dan bahan-bahannya kamu juga lebih terjamin. 

Itulah beberapa informasi tentang cara membuat salad buah yang wajib kamu ketahui. Setelah dihitung secara kasar, ternyata kamu bisa berhemat sedikit bila membuat sendiri di rumah ketimbang beli. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.