Pengin Punya Duit Rp 1 Miliar? Gini Cara Menabung yang Gak Ribet

4 menit
Mau punya duit sampai Rp 1 miliar? Ikuti cara menabung ini aja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara menabung itu sebenarnya banyak kok caranya. Tapi yang terpenting itu ya gak menyusahkan aja. Maksudnya gak bikin kamu keki sendiri karena dipaksa buat menabung.

Misalnya, gaji kamu sebesar Rp 5 juta. Gak mungkin kan kamu nabung Rp 3 juta setiap bulannya. Kamu juga harus memikirkan, biaya buat kebutuhan sehari-hari. Jadi, intinya menabung itu sah-sah aja asal gak bikin kamu susah sendiri.

Lalu, gimana cara menabung biar bisa punya tabungan Rp 1 miliar?

Cara menabung ini bisa kamu manfaatkan biar bisa mendapatkan Rp 1 miliar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat ini siapa sih orang yang gak pengin punya duit Rp 1 miliar. Lalu pertanyaannya apakah bisa punya uang sebesar itu dalam jangka waktu lima tahun dan penghasilan masih kecil? Gak perlu khawatir, itu bukan hal yang mustahil kok.

Caranya gampang kok, kamu hanya perlu mengumpulkan uang dalam jangka waktu tertentu dan membiarkannya di instrumen investasi tertentu juga.

Jadi tinggal gimana caranya aja kamu mengelola penghasilan dengan baik. Selain menabung ya juga dengan berinvestasi.

Namun, kenyataannya adalah bagi sebagian orang menabung itu terasa sangat sulit dilakukan karena jumlah pengeluaran sehari-hari lebih besar dari pemasukan. Lho kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti susah menahan keinginan buat belanja yang berujung bikin kamu susah mengatur keuangan. Buat makan enak aja mikir ribuan kali apalagi menyisihkan uang menabung dan investasi.

Daripada berkelanjutan dan bikin hidup kamu susah di kemudian hari. Mending mulai sekarang, mulai pikirkan masa depanmu agar bisa hidup lebih nyaman terutama buat kamu yang pengin punya uang Rp 1 miliar dalam jangka waktu tertentu.

Gimana caranya? Berikut empat cara menabung yang simpel dan gak ribet buat kamu yang ingin punya duit Rp 1 miliar. Ini beberapa cara yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id.

1. Memiliki rekening lebih dari satu

Memiliki lebih dari satu rekening bank juga bisa memudahkan kamu buat menabung, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara pertama yang harus kamu lakukan agar tujuanmu memiliki uang Rp 1 miliar dalam jangka waktu tertentu dapat tercapai adalah memulainya dengan membuat rekening terpisah.

Jadi, rekening buat kebutuhanmu mesti dipisahkan dengan rekening tabungan. Pasalnya, kalau gak dipisah maka kamu bakal sulit mengontrol pengeluaranmu.

Maksudnya di sini adalah kamu akan merasa ada uang lebih di rekening dan percaya atau gak ternyata hal tersebut dapat menciptakan keinginan buat menghabiskannya lho.

Kalau udah punya rekening lebih dari satu, akan lebih kalau rekening tabungan kamu itu gak difasilitasi dengan kartu ATM. Hal itu bertujuan buat menghindari keinginan tarik tunai saat uang di rekening kebutuhan sehari-harimu udah menipis.

2. Konsisten

Konsisten dalam menabung memudahkan buat kamu yang pengin mendapatkan hasil memuaskan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah kamu memiliki rekening lebih dari satu, kamu juga harus konsisten buat menabung setiap bulan dan kalau bisa tentukan berapa jumlah uang yang harus kamu tabung.

Namun, sebelum menentukan berapa jumlah uang yang harus kamu tabung perlu menghitungnya terlebih dahulu dan pastikan gak membuatmu tercekik.

Nah, kalau kamu tipikal orang yang sulit konsisten menabung. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas autodebet yang biasanya ditawarkan oleh bank.

Dengan begitu, mau gak mau uangmu setiap bulan akan ditarik otomatis oleh bank sesuai dengan jumlah dan waktu yang udah ditentukan, salah satunya adalah produk tabungan berjangka.

Gak hanya jumlah dana, kamu juga bisa memilih berapa jangka waktu yang kamu inginkan untuk menabung. Biasanya mulai dari satu tahun hingga 20 tahun. Cocok banget kan buat kamu yang ingin memiliki uang dibeberapa tahun ke depan?

3. Sisihkan dana tabungan di awal

Menyisihkan duit lebih awal buat menabung salah satu cara yang benar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara menabung selanjutnya adalah dengan menyisihkan dana di awal. Sisihkan setidaknya 20 persen dari penghasilan bulananmu.

Jika penghasilanmu sebesar Rp 10 juta per bulan, maka dana yang harus kamu tabung sebesar Rp 2 juta. Namun, jika jumlah tersebut terlalu berat, kamu bisa menyesuaikannya persentase tersebut. Kamu bisa memulai dengan jumlah terkecil yaitu 10 persen dari total penghasilan.

Tujuannya adalah agar kamu dapat memanfaatkan sisa uangmu dengan bijak. Jadi, tabungan kamu tidak akan diganggu gugat.

4. Hindari jebakan lifestyle

Hindari gaya hidup yang berlebihan biar gak kesulitan dalam menabung, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat gaji naik, harapannya bisa punya uang lebih buat ditabung. Tapi kenyataannya kok masih tetap boros ya? Hayo siapa yang mengalami hal seperti itu?

Ya, gimana gak tetap boros kalau saat gaji naik tapi kamu juga menaikkan standar hidup. Padahal banyak banget lho miliarder yang duitnya udah gak berseri tetap memilih buat hidup sederhana. Contohnya saja, Mark Zuckerberg.

Nah, hidup sederhana itu bisa kamu jadikan contoh untuk memulai karier dan juga menyimpan uang. Hindarilah gaya hidup yang dapat menguras dompetmu.

Lagipula buat apa sih hangout sana sini atau pakai barang mahal cuma buat pamer di depan teman-temanmu. Kalau keren bikin kamu punya utang, itu mah namanya cari penyakit.

Nah, itulah empat cara menabung yang gak ribet buat kamu yang ingin punya uang di beberapa tahun ke depan. Tapi selain menabung, kamu juga harus imbangi dengan investasi.

Apalagi kini udah banyak banget instrumen investasi dengan modal kecil tapi bisa kasih kamu return yang besar. Contohnya aja investasi emas atau reksadana.

Karena itu, mumpung masih muda dan masih sangat produktif cari duit. Yuk, mulai peduli dengan masa depanmu salah satu caranya dengan menabung dan investasi tentunya. (Editor: Mahardian Prawira).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.