Siapa Bilang Nabung Gak Bikin Kaya? Ikuti 3 Cara Ini Kalau Mau Tajir Melintir

4 menit
Cara menabung simpel. (Shutterstock)
Cara menabung simpel. (Shutterstock)

Mencari cara menabung yang tepat memang bisa dibilang susah-susah gampang. Susahnya, karena banyak orang yang masih enggan menyisihkan penghasilannya untuk ditabung dengan berbagai alasan. Gampangnya, tinggal memindahkan uang ke tabungan, apa susahnya.

Tapi kenyataannya, tetap saja banyak orang yang selalu gagal konsisten menabung. Padahal, kamu tentu tahu kalau nabung itu penting banget untuk menjamin masa depanmu. Lagian siapa sih orang yang mau hidup susah, apalagi saat tua nanti.

Selain itu, gak sedikit orang juga yang beranggapan kalau menabung itu gak bikin kaya. Eits, siapa bilang? Pernah dengar kisah orang dapat membeli barang mewah dengan nabung? Lagipula, para miliarder yang uangnya udah gak berseri aja tetap nabung kok.

Ya, masa sih kamu yang penghasilannya masih pas-pasan malah ogah nabung cuma karena berpikir bahwa nabung gak bisa bikin kamu kaya.

Dengan menabung, kamu sudah bisa mengatur keuangan dengan baik. Secara gak langsung, kamu udah mengetahui pos-pos keuangan, mana yang prioritas dan mana yang tidak. Dengan begitu, cepat atau lambat kamu bisa mencapai kebebasan finansial yang tentu saja jadi dambaan semua orang.

Dengan merasakan kebebasan finansial, kamu gak perlu pusing lagi tuh mikirin duit atau berangkat pagi buta dan pulang tengah malam cari uang cuma buat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, mencapai kebebasan finansial itu tak semudah membalikkan telapak tangan lho. Perlu kesabaran dan kerja keras. Karena itulah, kamu disarankan untuk dapat mengelola uang dengan baik sejak dini, sehingga bisa konsisten menabung.

Untuk itu, MoneySmart.id ingin memberikan beberapa cara menabung yang simpel tapi efektif banget. Sst, bisa bikin kamu cepat kaya raya lho. Berikut ini tiga di antaranya.

Baca juga: Bisa Raup Duit Miliaran Kayak Atta Halilintar, Segini Modal Awal buat Jadi Vlogger

1. The 70 percent rule

cara menabung
Langsung tabung 70% gaji. (Shutterstock)

The 70 percent rule mengharuskan kamu untuk mengalokasikan 70 persen gaji untuk kebutuhan hidup sehari-hari, seperti tagihan, makanan, hingga kebutuhan gaya hidup.

Masih ada 30 persen lagi, 20 persennya dialihkan ke tabungan dan 10 persennya untuk investasi. Tujuannya adalah untuk membentuk kebiasaan investasi.

Berbeda dengan cara menabung lainnya yang menggabungkan pos untuk tabungan dan investasi. Aturan ini justru mengharuskan kamu menyediakan porsi khusus untuk investasi.

Dengan begitu, bukan hanya menabung aja yang konsisten, kamu juga jadi rutin investasi yang memang menjadi salah satu cara yang banyak diterapkan para miliarder untuk meraup pundi-pundi kekayaan.

Baca juga: Sepele sih, Tapi 5 Hal Ini yang Selalu Jadi Biang Kerok Gajimu Selalu Kurang Tiap Bulan

2. The 30 day rule

Bikin daftar barang keinginanmu. (Shutterstock)

Cara menabung the 30 day rule ini khusus ditujukan buat kamu yang doyan belanja alias impulsif. Pasalnya, dalam aturan menabung yang satu ini, kamu hanya diperbolehkan mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari dan sisanya harus ditabung.

Coba negosiasikan diri kamu sendiri saat ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari. Jangan salah fokus dan justru tergiur membeli barang lain. Belilah barang-barang yang sudah ada di list belanjaan kamu. Ingat, emosi saat membeli hanya akan menghasilkan penyesalan lho.

Misalnya, kamu melihat sepatu seharga Rp 1 juta. Tulis merek sepatu itu lengkap dengan harga dan toko yang menjual barang tersebut beserta tanggal kamu melihatnya. Lakukan hal yang sama untuk barang-barang yang kamu lihat dan kamu inginkan selama satu bulan.

Ketika semua barang yang diinginkan sudah selesai dicatat, coba cek kembali daftar barang tersebut dan pikirkan baik-baik apakah kamu membutuhkannya atau tidak.

Jika iya, silahkan pergi toko tersebut dan beli. Jika tidak, selamat berarti kamu sudah terhindar dari sifat impulsif alias menghambur-hamburkan uang.

Baca juga: Buat Kamu yang Usianya 20-30 Tahun, Begini Caranya Hasilkan Banyak Uang

3. The 50/20/30 rule

cara menabung
Kalau udah dimasukkin ke pos masing-masing, pasti aman. (Shutterstock)

Aturan 50/20/30 menjadi salah satu cara menabung yang kini banyak diterapkan orang untuk memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Aturan 50/20/30 itu sendiri dipopulerkan oleh Elizabeth Warren yaitu senator Amerika yang juga pakar keuangan dan menjadi profesor asal Harvard. Ia juga menulis buku dan artikel tentang keuangan.

Jadi, penghasilan kamu selama sebulan akan dibagi ke dalam tiga pos yaitu

  • 50 persen untuk kebutuhan pokok, seperti membayar cicilan kredit atau sewa rumah, belanja bulanan, cicilan kendaraan, hingga tagihan lainnya seperti listrik dan air.
  • 20 persen untuk tujuan finansial yaitu untuk investasi, asuransi serta menabung.
  • 30 persen untuk gaya hidup yaitu untuk belanja, nongkrong di kafe, jalan-jalan dan lainnya.

Cara menabung yang satu ini banyak dilakukan orang karena dianggap menyenangkan. Gimana gak, kebutuhan selama sebulan terpenuhi, cicilan lancar, tagihan gak pernah mogok, punya investasi, tabungan dan asuransi. Bahkan, kamu tetap bisa belanja dan bersenang-senang. Asyik banget kan?

Nah, itu dia tiga cara menabung simpel nan menyenangkan yang bahkan bisa bikin kamu cepat kaya raya. Tunggu apalagi, yuk mulai terapkan salah satu metode di atas untuk masa depan yang lebih baik. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan