Anti Gagal dan Mudah Banget, Gini Cara Menabung Rp 1 Juta per Bulan!

4 menit
cara menabung yang benar
Cara menabung yang benar biar dapat Rp 1 juta per bulan. (Shutterstock)

Tak sedikit orang yang belum menemukan cara menabung yang benar. Hal ini membuat mereka kerap gagal menyisihkan uang setiap bulan untuk ditabung.

Padahal tanpa disadari cara menabung yang benar sudah diajarkan oleh orangtua kita sejak kecil lho. Salah satunya adalah dengan membelikan celengan dan meminta kamu untuk memasukkan sisa uang saku ke dalam celengan. Jika sudah penuh, hasil uang yang ada di dalam digunakan untuk membeli keperluanmu, seperti tas atau sepatu sekolah.

Terasa ringan memang saat kecil, karena kamu belum kenal nongkrong di kafe kekinian atau memakai pakaian keluaran desainer ternama.

Saat kecil uang juga hanya dikeluarkan untuk membeli mainan atau makanan kesukaanmu. Jadi, sisanya bisa dialihkan ke dalam celengan.

Kondisi tersebut tentu berbeda dengan saat ini, di mana kamu sudah memiliki banyak keperluan dan kebutuhan. Belum lagi dengan tuntutan gaya hidup yang mengharuskan kamu merogoh kocek lebih dalam setiap bulan.

Jadi, boro-boro menabung, gak ngutang pertengahan bulan aja udah syukur. Duh, tapi masa kamu mau begitu terus sih. Emang gak mau liburan ke luar negeri saat tahun baru atau berangkat umrah dengan nabung selama dua tahun?

Menjalankan cara menabung yang benar juga sebenarnya gak susah kok, dan yang terpenting gak menyiksa. Kamu juga gak perlu takut pos keuanganmu berantakan, karena sebenarnya hanya ada beberapa hal yang harus kamu ubah agar tujuan kamu tercapai.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa cara menabung yang benar supaya kamu bisa menyimpan Rp 1 juta per bulan. Gimana caranya? Berikut empat di antaranya:

Baca juga: 5 Jurus Nabung Super Jitu Buat Si Boros yang Pengin #MerdekaFinansial

1. Cara menabung yang benar: sisihkan di awal

cara menabung yang benar
Sisihkan langsung uang Rp 1 juta usai gajian. (Shutterstock)

Saat gajian, tak sedikit orang yang merasa tajir mendadak. Nah, biasanya mereka langsung jalan-jalan ke mall untuk makan di restoran mahal atau berbelanja.

Memang enak pegang uang banyak, tapi kamu tentu harus tahan diri dong agar di tengah bulan uang gak ludes karena terlalu sering menghambur-hamburkan uang saat gajian.

Kalau begitu terus sih, bisa-bisa nantinya gajimu habis cuma buat bayar utang yang terus menumpuk.

Biar kondisinya gak seperti itu, sebaiknya langsung sisihkan uang sebesar Rp 1 juta saat gajian. Agar sukses, kamu harus memiliki rekening yang memang khusus untuk ditabung yang memang gak bisa diganggu gugat.

Dengan begitu, lama-lama kamu juga akan terbiasa kok. Selain itu, kamu mau gak mau juga akan mengubah gaya hidupmu jadi lebih berhemat. Mau coba jalanin cara menabung yang benar ini saat gajian akhir bulan ini?

Baca juga: Siapa Bilang Nabung Gak Bikin Kaya? Ikuti 3 Cara Ini Kalau Mau Tajir Melintir

2. Bawa bekal

cara menabung yang benar
Bawa bekal makan dari rumah. (Shutterstock)

Cara menabung yang benar di atas tentunya harus didukung dengan perubahan kebiasaan. Contohnya adalah bawa bekal dari rumah untuk santap siang di tempat kerja. 

Bawa bekal dari rumah ke kantor terbukti dapat menghemat uangmu cukup besar lho. Gak cuma lebih hemat, makanan yang dikonsumsi juga lebih sehat karena buatan orang rumah yang memang sudah terjamin kebersihannya.

Misalnya, dalam satu hari kamu keluar uang sekitar Rp 20 ribu untuk beli makan siang. Berarti dalam satu bulan, kamu harus menyiapkan bujet Rp 20 ribu x 22 hari kerja yakni Rp 440 ribu. Dengan membawa bekal dari rumah, berarti kamu menghemat uang hampir setengah juta kan?

Baca juga: 5 Tips Menabung yang Simpel Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian

3. Naik transportasi umum

cara menabung yang benar
Naik transportasi umum. (Shutterstock)

Mengubah kebiasaan dari membawa kendaraan sendiri ke transportasi umum memang terasa sulit. Banyak orang yang gak mau ribet menunggu lama hingga berdesakan karena memang kondisi transportasi umum di jam-jam kerja itu sangat padat.

Tapi kalau kamu mengetahui triknya, misalnya jalan lebih pagi dari biasanya, pasti kamu bakal merasakan nikmatnya naik transportasi umum. Selain gak perlu terburu-buru ke kantor, kamu juga akan merasa lebih sehat dan segar karena menghirup udara pagi.

Lagipula, kamu juga gak capek karena harus mengendarai kendaraan sendiri. Uang bensin dan parkir juga gak perlu pikirkan. Karena memang tanpa disadari, kamu bisa menguras kantong cukup besar untuk membayar parkir dan bensin.

4. Kurangi nongkrong di kafe

cara menabung yang benar
Jangan sering-sering nongkrong di kafe. (Shutterstock)

Sadar gak sih kamu kalau kebutuhan gaya hidup kerap kali lebih besar ketimbang kebutuhan pokok. Salah satunya bujet buat nongkrong di kafe.

Sebenarnya hangout ke kafe bareng teman-teman itu ya sah-sah aja, malah perlu untuk mempererat tali silaturahmi. Tapi kalau keseringan, misalnya setiap weekend kamu nongkrong di kafe, ya siap-siap aja dompet kebobolan.

Gimana gak, untuk nongkrong di kafe aja kamu bisa-bisa mengeluarkan uang minimal Rp 200 ribu untuk beli minuman dan snack. Kalau begitu terus sih yang ada uang Rp 1 juta melayang buat ke kafe doang. Duh, sayang banget gak sih?

Nah, itu dia empat cara menabung yang benar agar bisa terkumpul Rp 1 juta setiap bulan. Gampang dan gak menyiksa kan? Kunci penting menabung itu adalah konsisten. Jadi, asal konsisten, tujuan menabungmu dijamin akan tercapai kok. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.