Wajib Tahu! 5 Sarana Paling Jitu dalam Mencari Pekerjaan Buat Fresh Graduate

3 menit
Cara Mencari Pekerjaan dengan Mudah dan Cepat (Shutterstock).
Cara Mencari Pekerjaan dengan Mudah dan Cepat (Shutterstock).

Mencari pekerjaan di Indonesia saat ini bukanlah hal yang mudah buat para fresh graduate maupun yang udah berpengalaman. Terdapat banyak sarana yang mempengaruhi seseorang bisa mendapatkan kerja dalam waktu singkat atau lama.

Salah satu kendala yang banyak dialami oleh para angkatan kerja dalam menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria dan kemampuan adalah informasi yang terbatas. Sebab walau udah di posting di segala media sosial, belum tentu kamu atau orang lain membaca tentang iklan tersebut.

Melimpahnya jumlah portal lapangan kerja di Tanah Air sekarang ini juga menambah PR para pencari kerja guna menemukan yang tepat.

Selain akibat faktor eksternal kamu juga harus memaksimalkan faktor internal yang dimiliki oleh diri sendiri dalam menemukan posisi yang pengin diincar selama bekerja nanti.

Kalau kamu masih bingung dan merasa kesulitan ada baiknya menyimak 5 sarana mencari pekerjaan yang efektif dan efisien berikut ini:

Baca juga: 6 Profesi yang Cocok Dijalani oleh Sarjana Ilmu Komunikasi

1. Mencari pekerjaan lewat media sosial

Mencari pekerjaan
Sosial Media (Shutterstock).

Mengutip dari Career Addict, seperti yang udah sempat disinggung di atas kalau di zaman teknologi seperti sekarang ini media sosial udah hampir menyentuh sebagian besar kebutuhan masyarakat, termasuk dalam urusan lapangan pekerjaan.

Kebiasaan orang yang sering membuka handphone untuk sekedar mengecek status teman serta postingan di Instagram membuat banyak pihak memanfaatkan hal tersebut dalam menyebarkan informasi tentang lowongan kerja.

Jika kamu masih belum memanfaatkan metode tersebut ada baiknya untuk segera mencoba karena hampir setiap hari ada bursa kerja terbaru yang mungkin sesuai dengan keinginan kamu nih!

2. Manfaatkan informasi dari organisasi kemahasiswaan

Mencari pekerjaan
Manfaatkan informasi dari organisasi (Shutterstock).

Selain dari media sosial kamu juga harus mencari pekerjaan lewat organisasi kemahasiswaan yang pernah dijalani selama kuliah. Semakin aktif kamu dalam berorganisasi maka semakin banyak pula koneksi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan lowongan kerja.

Gak hanya dari organisasinya aja nih, tapi kamu juga bisa menanyakan langsung kepada teman atau alumni yang sedang bekerja di sebuah perusahaan. Biasanya dengan begitu kamu bisa mendapatkan akses serta informasi secara lebih cepat dan up to date.

Umumnya tips seperti ini bakal sangat ampuh jika kamu berpartisipasi dalam himpunan mahasiswa yang sesuai sama jurusan yang kamu tempuh selama jenjang perguruan tinggi.

3. Portal lowongan kerja

Mencari pekerjaan
Portal lowongan kerja (Shutterstock).

Kalau dulu orang mencari pekerjaan melalui job fair atau sebagainya maka hari ini kebiasaan itu udah mulai bergeser dimana kamu cukup membuat akun dalam sebuah portal lowongan kerja lalu mengisi data diri dan bisa langsung melamar via website.

Selain banyak posisi yang diiklankan pada situs tersebut terdapat juga berbagai perusahaan besar dari berbagai industri yang rutin mengupdate lowongan terbaru. Ini membuat kamu lebih leluasa dalam memilih bidang yang pengin dijalani selama berkarier kedepannya.

Di Indonesia sendiri ada paling gak 3 portal lowongan kerja yang udah banyak digunakan yakni Jobstreet, Kalibrr dan Glints. Tinggal cari mana yang cocok sama keinginan kamu.

4. Job fair

Mencari pekerjaan
Job Fair (Shutterstock).

Sarana keempat yang bisa kamu manfaatkan dalam mencari pekerjaan adalah dengan datang langsung ke acara job fair yang sering diadakan rutin beberapa bulan sekali. Walau udah dianggap kuno bagi sebagian milenial tapi cara ini masih patut kamu coba.

Alasannya karena para perusahaan besar yang mendaftarkan kepada EO job fair tersebut biasanya membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah yang banyak. Sehingga membuat kesempatan kamu untuk dipanggil ikut seleksi semakin besar.

Tapi ada satu kekurangan emang yang gak bisa dihindari jika kamu mencoba lewat job fair yakni butuh waktu dan tenaga guna datang langsung ke pameran. Apalagi kalau jumlah pesertanya membludak.

5. Agensi rekrutmen

Mencari pekerjaan
Agensi pekerjaan (Shutterstock).

Cara mencari pekerjaan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan diri kamu ke sebuah agensi rekrutmen. Nantinya pihak agensi akan menyeleksi posisi mana aja yang dikira cocok dengan background dan kemampuan kamu asah selama kuliah.

Lalu setelah itu dalam beberapa bulan kamu juga bakal diberikan pelatihan khusus supaya kemungkinan dalam proses seleksi perusahaan bisa lolos lebih besar.

Nah itulah 5 sarana yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan terutama yang masih fresh graduate. Walau belum memiliki pengalaman bukan berarti kamu gak bisa bersaing dengan angkatan kerja lain yang udah bertahun-tahun. (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1