Khusus Kamu yang Usianya 20 – 30 Tahun, Begini Caranya Hasilkan Banyak Uang

4 menit
Gimana cara mendapatkan banyak uang? (Shutterstock)
Gimana cara mendapatkan banyak uang? (Shutterstock)

Berangan-angan punya banyak uang saat usia 20 tahunan atau 30 tahunan? Kenapa gak? Kamu bisa kok mewujudkannya. Harus diakui bahwa gak ada cara mendapatkan banyak uang secara instan. Namun, ada cara-cara yang bisa membantu kamu merealisasikannya.

Satu hal nih yang perlu kamu tahu. Mendapatkan banyak uang itu bukanlah perkara gampang. Cara apa pun yang kamu lakukan bakal sia-sia aja selama dilakukannya gak sungguh-sungguh.

Makanya, kalau kamu benar-benar pengin punya banyak uang, mulailah jalankan secara serius cara-cara mendapatkan banyak uang berikut ini. Seperti yang dikutip dari Inc., inilah cara-cara yang kalau diterapkan, bisa terwujud di usia 20 – 30 tahun.

Baca juga: Pengin Cepat Kaya dan Punya Banyak Uang, Lakukan 6 Cara Sederhana Ini Aja

1. Begitu tahu caranya, segera dilakukan dan jangan ditunda-tunda

cara mendapatkan banyak uang
Begitu tahu caranya, segera lakukan. (Pixabay)

Cukup banyak orang yang udah tahu gimana cara mendapatkan banyak uang. Sayangnya, kebanyakan dari mereka suka menunda buat melakukannya.

Hasilnya udah bisa ditebak. Keinginan punya banyak uang gak terwujud, selalu kekurangan uang itu udah pasti.

Makanya, begitu kamu tahu gimana caranya agar memiliki banyak uang, segera realisasikan. Gak usah lama-lama lagi mempertimbangkannya ataupun berpikir hal itu bisa dilakukan besok, bulan depan, atau tahun depan.

Baca juga: Mengenal Profesi Personal Shopper yang Datangkan Banyak Uang

2. Berinvestasilah ke dirimu sendiri

cara mendapatkan banyak uang
Berinvestasilah dengan pendidikan. (Pixabay)

Sebenarnya, uang yang kamu miliki bisa banyak atau sedikit tergantung pada dirimu sendiri. Maksudnya, kamulah yang menjadi sumber daya terbaik dalam mengumpulkan kekayaan. Karena itu, fokuslah pada pengembangan dirimu.

Caranya gimana? Berinvestasi pada dirimu sendiri menjadi cara mendapatkan banyak uang yang sesungguhnya. Berinvestasi di sini bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk pendidikan yang bisa meningkatkan keahlian atau memperluas kemampuanmu.

Asal tahu aja nih, semakin kamu menguasai keahlian yang kamu miliki, kamu punya daya jual yang tinggi di mata perusahaan. Dengan begitu, peluang mendapatkan gaji besar semakin lebar. Pastinya, uang yang kamu miliki juga makin bertambah banyak.

Baca juga: Kata Ahli Keuangan, Pakai Cara-Cara Ini Bikin Hemat dan Banyak Uang

3. Karena bujet keuangan itu penting, kamu harus memilikinya

cara mendapatkan banyak uang
Milikilah bujet keuangan. (Pixabay)

Keberadaan bujet sangat penting peranannya dalam menciptakan kondisi keuangan yang sehat. Kalau keuangan kamu sehat, udah pasti kamu memiliki banyak uang.

Oleh karena itu, bikinlah bujet keuangan kamu agar kondisinya sehat. Bikin bujet keuangan itu simpel kok caranya. Asal tahu rumusnya, kamu dengan mudah bisa melakukannya.

Rumus sederhana bikin bujet keuangan itu cuma satu, yaitu alokasikan pemasukan dengan persentase 50/30/20. Alokasikan 50 persen pemasukan buat kebutuhan rutin tiap bulan. Sekitar 30 persen buat kebutuhan pribadi atau kredit. Sisanya 20 persen buat tabungan atau investasi.

4. Selalu disiplin bayar tagihan utang

cara mendapatkan banyak uang
Jangan lupa bayar utang. (Pixabay)

Utang itu jangan disepelekan sekalipun nilainya kecil, apalagi utang kartu kredit. Andaikata jumlah utang sedikit, bukan berarti kamu bisa semaunya aja bayar utang. Entah itu telat sebulan, dua bulan, atau tiga bulan.

Sikap seperti itu bisa berakibat fatal lho buat keuangan kamu. Jumlah utang yang kamu bayarkan menumpuk, bunga utangmu pun berlipat. Kalau begitu yang terjadi, berhentilah mengharapkan dirimu bisa memiliki banyak uang.

Disiplin dalam membayar utang menjadi cara mendapatkan banyak uang yang mudah dilakukan. Kenapa bisa seperti itu? Sebab utang yang terukur gak bikin keuanganmu tergerus habis hingga menyebabkan kamu kekurangan uang.

Karena itu, mulai sekarang berutanglah sesuai bujet yang kamu buat. Alokasikan 30 persen penghasilan buat bayar tagihan utang. Selalu bayar penuh tagihan utang, khususnya kartu kredit agar terhindar dari bunga.

5. Di balik risiko besar, selalu ada untung besar, maka ambilah selagi muda

cara mendapatkan banyak uang
Kalau gak mulai investasi selagi muda, kapan lagi? (Pixabay)

Hindari menunggu tua buat mengambil keputusan besar. Sekalipun risiko yang ditanggung besar, kenapa harus takut kalau itu bisa bikin kamu untung besar?

Keputusan yang dimaksud di sini adalah keputusan berinvestasi saham. Berinvestasi di saham itu memang sangat menguntungkan. Kamu bisa meraih return hingga 20 persen tiap tahunnya. Namun, risikonya juga besar. Membeli saham yang salah bisa mendatangkan kerugian.

Walaupun begitu, janganlah takut buat berinvestasi saham. Satu dua kesalahan bisa menjadi pembelajaran buat dirimu agar bisa meraih banyak untung.

Belajar terus gimana melakukan analisis fundamental dan teknikal. Cermati gejala pasar yang terjadi barulah kemudian ambil keputusan dengan penuh pertimbangan. Dijamin deh kamu sukses mencetak cuan.

Nah, itu tadi cara-cara mendapatkan banyak uang yang bisa kamu ikuti. Selama dijalankan dengan benar-benar, meraih banyak uang bukanlah kemustahilan. Selamat mencoba! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan