Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Makin Susah, Nih 4 Penyebabnya

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Sebagian dari kamu mungkin udah tahu gimana cara mendapatkan uang dari Youtube. Tapi dengan adanya aturan baru, peluangmu mengeruk keuntungan dari situs streaming video itu makin sulit.

Buat kamu yang emang jago dalam urusan bikin konten video, peraturan ini mungkin gak jadi masalah besar. Tapi jika kamu baru pengin belajar cari duit lewat situs ini, mendingan cari cara lain deh. Kamu bisa mencoba mencari klien baru yang membutuhkan jasa pembuatan konten video dengan memanfaatkan situs-situs freelance.

Kok gitu? Apa benar-benar udah gak nguntungin? Bukan gak nguntungin lagi, kamu juga bakal butuh waktu lama buat bisa mendapatkan uang dari sana.

Pengin tahu apa yang jadi biang kerok munculnya peraturan ini? Dan seperti apakah aturannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Video harus ditonton selama 4 ribu jam dan punya 1.000 subscriber

cara mendapatkan uang dari youtube
Apakah ini tandanya bahwa impianmu jadi seperti mereka bakal kandas? (Kompas)

Baiklah, peraturan ini yang jadi penyebab cara mendapatkan uang dari Youtube jadi gak efektif. Tepat pada Januari 2018, Youtube udah memiliki peraturan baru buat YouTube Partner Program (YPP).

Sejatinya, jadi YouTuber adalah impian bagi generasi milenial. Karena dengan bikin video aja, mereka bisa mendapat uang dari iklan yang dipasang sebelum video mereka diputar.

Namun biar bisa mendapatkan iklan, kamu sekarang harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam jumlah penayangan video dalam 12 bulan terakhir. Gak cuma sampai sana aja, kamu juga harus punya minimal 1.000 subscriber.

Menurut para petinggi Youtube, cara ini dinilai bisa mencegah monetisasi dari video yang gak pantas tayang. So, bila emang baru tertarik nyari duit di situs ini, kamu tentunya harus memutar otak buat bikin konten yang viral dulu. Kerja keras banget deh pastinya.

Tapi sebenarnya, apa sih yang jadi pemicu munculnya aturan ini? Penjelasannya ada di poin selanjutnya.

[Baca: 5 Situs Video buat Cari Uang di Internet Selain YouTube]

Video Logan Paul

cara mendapatkan uang dari youtube
Dia, iya betul.. Dia salah satu biang kerok kenapa Youtube memberlakukan kebijakan ini (The Jakarta Post)

Pemicu munculnya aturan ini adalah video Youtuber Logan Paul yang cukup kontroversial dan bersifat negatif. Hal ini bikin para pemasang iklan jadi kurang nyaman, dan bikin Youtube bebenah.

Logan Paul mengunggah video yang menampilkan mayat korban bunuh diri di Hutan Aokigahara, Jepang, tanpa empati. Belum lagi, ada video-video yang kontennya berbau terorisme dan pelecahan anak.

Munculnya, peristiwa ini bikin Youtube menutup ratusan akun penggunanya pada November 2017. Ada kurang lebih 150 ribu video yang dianggap melanggar peraturan.

Buat kamu yang emang udah atau pengin jadi Youtuber, jangan tiru kelakuan Logan deh. Itu bisa merugikan banyak orang.

Youtuber makin banyak

cara mendapatkan uang dari youtube
Bahkan anak Presiden RI pun jadi Youtuber (Kumparan)

Hal lain yang bikin cara mendapatkan uang dari Youtube ini jadi susah adalah kompetisi yang cukup ketat. Menurut data dari SocialBlade, dari 250 Youtuber top di Indonesia, subscriber terendahnya aja 280 ribuan.

Berapa jumlah Youtuber yang subscriber-nya masih puluhan ribu atau ribuan? Tentu bejibun, dan mereka juga pengin bersaing jadi yang paling top.

Pertanyaannya adalah, berapa subscriber kamu saat ini? Apakah udah di angka ratus ribuan? Atau belum ada sama sekali?

[Baca: 4 Channel Youtube Ini Ngasih Kamu Pelajaran Keuangan Gratis Lho]

Kamu harus jadi beken dulu

cara mendapatkan uang dari youtube
Harus ngetop dulu ya, kalau belum ngetop ya sabar-sabar deh (Liputan 6)

Ketika kamu memutuskan buat jadi Youtuber, maka tugas pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun audience. Dengan adanya aturan baru ini, channel-channel kelas teri alias yang cuma punya subscriber kecil gak bakal diperhitungkan.

Gimana caramu membangun audiens di channel Youtube milikmu sendiri? Apakah dengan bikin video keren doang bakal berhasil? Tentu aja gak.

Bisa jadi kamu harus tampil layaknya publik figur atau influencer dulu. Baru deh setelah itu kamu bisa memperkuat eksistensimu di Youtube.

Sebut aja seperti Fitra Eri deh yang punya subscriber 159.772 terhitung pada bulan Maret 2018. Dia adalah seorang pembalap yang juga merangkap sebagai jurnalis di media otomotif. Dan jangan lupa, om Fitra ini juga punya Instagram yang aktif banget. Interaksi followers-nya juga cukup intensif lho.

Jadi, gak wajib aktif di dunia online aja kalau pengin ngetop, dunia offline juga harus aktif.

Kebayang gak, berapa lama waktu yang kamu butuhkan buat jadi beken? Tapi kalau kamu pede sih ya silakan aja.

Udahkah kamu terapkan cara mendapatkan uang dari Youtube yang efektif?

Kalau kita bicara soal cara mendapatkan uang dari Youtube, mungkin kamu bakal diminta melakukan hal-hal seperti ini:

– Pandai-pandai bicara atau presentasi
– Bisa bikin script video atau storyboard yang bagus
– Menentukan ciri khas konten di channel-mu
– Bisa ngedit video
– dan sebagainya.

[Baca: Penghasilan YouTuber Ini Mencapai Miliaran Setahun, Siapa Dia?]

Apakah kamu udah menerapkan seluruh cara yang dimaksud? Bila emang udah, lantas apa hasilnya?

Intinya adalah, meskipun kelihatannya gak lagi efektif karena adanya peraturan baru dari Youtube, cara-cara tersebut masih harus kamu lakukan. Karena itu semua adalah kemampuan dasar seorang Youtuber.

Gak ada yang tahu nasib seseorang. Bisa jadi kamu mendadak beken dan kamu akhirnya bikin channel Youtube dan mendapatkan banyak subscriber dengan cepat.

Ingat lho, ada Youtuber yang penghasilannya miliaran. Kalau emang kamu bisa menghadapi aturan baru ini, kenapa harus nyerah di tengah jalan. Betul, gak?

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560