Cuma Perlu Menahan Diri, Begini Cara Mendapatkan Uang Rp 30 Juta dalam 1 Tahun!

4 menit
cara mendapatkan uang
Cara mendapatkan uang Rp 30 Juta dalam setahun (Shutterstock)

Cara mendapatkan uang dengan cepat tanpa ribet tentu jadi keinginan banyak orang. Bukan tanpa alasan, kebutuhan yang semakin besar tentu membuat kamu mau gak mau harus memutar otak mencari sumber penghasilan lain.

Pasalnya, tanpa disadari gaya hidup yang selama ini menjadi biang kerok uangmu terus-terusan habis entah ke mana. Gak heran kalau utang mengutang masih menjadi salah satu tradisi.

Gimana gak ngutang kalau kamu masih membakar uang untuk membeli barang yang gak dibutuhkan, dan parahnya lagi cuma buat eksis dengan nemplok sana-sini ke kafe kekinian.

Kalau terus begitu, boro-boro bisa menabung, yang ada cuma menambah tumpukan utang aja. Emang mau hidup begitu terus-terusan sampai tua? Duh, jangan deh!

Yuk, coba dalam satu tahun kamu mengubah kebiasaan burukmu selama ini. Tujuannya ya agar bisa menghasilkan uang. Mudah kok, kamu hanya perlu menahan diri dan konsisten saja.

Dengan melakukan beberapa cara mendapatkan uang di bawah ini, kamu bahkan bisa mendapatkan uang lebih dari Rp 30 juta lho hanya dalam waktu setahun. 

Penasaran pengin tahu caranya? Yuk, simak langsung di sini:

1. Kurangi buang-buang uang di mal

Cara mendapatkan uang
Cara mendapatkan uang

Sadar gak sih kamu kalau jalan-jalan ke mal cukup menguras kantong. Meski sekadar window shopping udah bikin happy, kamu mau gak mau tetap harus mengeluarkan uang saat ke mal.

Misalnya, untuk ongkos atau bayar parkir yang bisa lebih dari Rp 20 ribu. Belum lagi beli minum di kafe, karena gak mungkin kan kamu gak haus yang bisa-bisa menghabiskan uang Rp 50 ribu. 

Ditambah lagi, kalau tiba-tiba pengin nonton, mau gak mau tuh keluar lagi uang Rp 50 ribu. Itu juga gak beli minum sama popcorn ya!

Berarti, kira-kira kamu mengeluarkan uang Rp 200 ribu setiap ke mal. Kalau dalam satu bulan dua kali ke mal, sudah pasti Rp 400 ribu terbuang sia-sia.

Coba deh ditahan hanya selama satu tahun, kamu bisa mengalihkan dengan nonton di rumah atau melakukan sesuatu yang menyenangkan tanpa harus keluar uang. 

Maka, dalam satu tahun kamu bisa menyimpan uang sebesar Rp 400 ribu dikali 12 bulan yaitu Rp 4,8 juta. Lumayan, kan?

Baca juga: Bukan Hoax! Nih 7 Cara Paling Realistis Buat Dapat Duit di Internet

2. Bawa makan dari rumah

Cara mendapatkan uang
Cara mendapatkan uang

Keluar uang untuk makan siang setiap hari juga ternyata bisa menguras isi rekening lho. Coba ya kita hitung-hitung, dalam satu hari kamu keluar uang Rp 20 ribu untuk makan siang. Maka dalam sebulan, Rp 20 ribu x 22 hari kerja yakni Rp 440 ribu.

Kalau kamu bawa makan alias bekal dari rumah, maka dalam setahun kamu bisa mendapatkan uang hingga Rp 5,28 juta dengan rincian Rp 440 ribu x 12 bulan.

3. Menjual barang gak terpakai

Cara mendapatkan uang
Cara mendapatkan uang

Kini udah banyak banget cara mendapatkan uang yang mudah. Salah satunya, menjual barang yang sudah gak terpakai.

Selain bikin kamar dan lemari lebih lega dan terbebas dari sarang nyamuk, kamu juga bisa mendapatkan uang. Ya, itu lebih baik ketimbang harus menumpuknya di lemari bukan?

Kamu juga bisa menjualnya di situs jual beli khusus menjual barang bekas, kamu hanya perlu foto semenarik mungkin, dan jual dengan harga yang aman kantong. Selain itu, kamu juga bisa membuka garage sale sendiri di garasi rumah.

Kalau satu barang terjual Rp 50 ribu, dijamin jutaan rupiah udah pasti masuk ke rekening kamu. Anggap saja dalam satu bulan laku hingga Rp 1 juta. 

Maka, dalam setahun kamu bisa dapat uang Rp 12 juta hanya dari menjual barang yang selama ini numpuk di kamar dan lemari.

4. Cari freelance yang kamu banget

Cara mendapatkan uang
Cara mendapatkan uang

Di era yang udah serba-digital seperti saat ini, kamu bisa mendapatkan uang mudah hanya dengan mengandalkan kemampuanmu.

Salah satunya, menjadi freelancer yang kamu banget. Jadi gak bikin stres dan gak makan banyak waktu juga.

Buat kamu yang bisa nulis, kamu bisa jadi freelance writer. Dapat bayaran per artikel Rp 50 ribu juga udah lumayan banget kan?

Kalau dalam seminggu kamu bisa menulis lima artikel, maka dalam satu bulan kamu bisa dapat uang Rp 50 ribu x 20 yakni Rp 1 juta. Berarti dalam satu tahun, kamu menghasilkan uang hingga Rp 12 juta.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, maka dalam waktu satu tahun kamu bisa dapatkan uang sebesar Rp 34.080.000. Berikut, rinciannya:

  • Gak jalan-jalan ke mal, Rp 4,8 juta
  • Bawa bekal ke kantor, Rp 5,28 juta
  • Jual barang tak terpakai, Rp 12 juta
  • Jadi freelance, Rp 12 juta.

Asal konsisten dan bisa menahan diri selama satu tahun, sudah pasti uang puluhan juta rupiah mengalir ke rekeningmu. Yuk, lakukan mulai dari sekarang! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.