Pengin Hidup Bahagia? Atur Keuangan dengan 4 Cara Ini Nih

3 menit

Banyak hal yang bisa bikin kita bahagia. Dan ternyata nih, cara mengatur keuangan juga memengaruhi kebahagiaan lho.

Coba aja kamu bayangkan, seandainya kamu gak becus atur keuangan, hidup kamu pasti bakal susah. Belum tiba waktu gajian, kamu udah kekurangan uang. Bahkan, buat makan sehari-hari pun kamu mesti makan mi instan. Sengsara banget gak sih?

Makanya, cara mengatur keuangan yang benar penting banget kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, gak ada cerita lagi tiap bulan selalu merana karena uang tinggal sedikit.

Nah, kali ini MoneySmart mau bagikan cara mengatur keuangan yang bikin hidup selalu bahagia. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Tahu mana yang menjadi prioritas

mengatur keuangan
Bedakan mana prioritas dan mana keinginan (projecttimes)

Ini penting banget. Sebab kalau kamu gak bisa bedakan mana prioritas dan mana kebutuhan bisa-bisa semuanya kamu prioritaskan. Kalau begitu jadinya, uang yang kamu punya tentu aja cepat habis.

Terus gimana menentukan mana yang menjadi prioritas? Pertama, kamu mesti tahu apa yang menjadi kebutuhanmu. Itulah prioritas yang kamu harus dahulukan.

Kedua, alokasikan uangmu buat ditabung setelah kebutuhan terpenuhi. Misalnya aja sebagai dana darurat. Ketiga, seenggaknya kamu punya pilihan investasi. Entah itu emas, reksa dana, ataupun saham. Investasi ini nantinya bakal berguna banget di masa depan nanti.

Terakhir baru deh kamu sisihkan dana buat keperluanmu sendiri. Apakah itu kamu gunakan buat hangout atau beli barang yang kamu pengin miliki.

2. Pilih karier dengan penghasilan yang bagus

mengatur keuangan
Karier bagus (projecttimes)

Semua yang udah dijelaskan di atas bakal sulit dipenuhi kalau gaji kamu sendiri aja pas-pasan buat memenuhi kebutuhan. Intinya, penghasilan yang kamu miliki juga menentukan kebahagiaan kamu nanti.

Masa iya temanmu udah bisa ambil rumah, tapi kamu gak, padahal kamu lulus bareng-bareng dari jurusan yang sama? Itu berarti ada yang salah. Kalau gak karena kamu yang ceroboh atur keuangan, atau karena gajimu yang kalah besar dengan gaji temanmu.

Kalau begitu ceritanya, mendingan kamu jangan lama-lama kerja di tempatmu yang sekarang. Begitu udah cukup dapat pengalaman misalnya satu tahun. Segera bersiap-siap buat dapatkan pekerjaan baru dengan penghasilan yang lebih bagus.

3. Alokasikan penghasilan dengan benar

mengatur keuangan
Alokasi keuangan (totaladvice)

Ini lanjutan dari poin pertama. Gimana caranya bagi penghasilan buat kebutuhan, tabungan, investasi, dan keinginan?

Kamu bisa gunakan rumus 50-30-20. Ha, itu rumus apa? Ini adalah rumus pembagian penghasilan kamu biar penghasilan cukup buat memenuhi semua pengeluaranmu.

Caranya, alokasikan 50 persen dari penghasilan buat kebutuhan sehari-hari. Alokasikan 30 persen buat dana darurat dan investasi. Sisihkan 20 persen buat keinginan.

Sebenarnya, rumus ini gak baku. Bisa berubah menyesuaikan dengan keperluan-keperluanmu nanti. Misalnya aja kamu pengin ambil KPR. Ada baiknya kamu penuhi dulu dana darurat hingga 12 kali pengeluaran buat kebutuhan. Barulah kemudian ambil KPR.

Sebab buat bayar KPR, kamu mesti alokasikan maksimal 30 persen dari penghasilan kamu. Sebisa mungkin kredit yang kamu bayarkan kurang dari 30 persen, misalnya 20 persen. Biar 10 persennya nanti bisa digunakan buat investasi.

4. Berinvestasi berapa pun nilainya

mengatur keuangan
Investasi (africabusinessclassroom)

Jangan sesekali meremehkan investasi dengan meniadakannya dari pengaturan keuanganmu. Investasi, berapa pun nilainya penting ada dalam keuangan kamu.

Kamu pernah dengar supir dan satpam yang kaya raya karena investasi? Nah, itulah bukti nyata untungnya berinvestasi.

Investasi gak sulit kok. Kamu bisa memulainya dengan investasi emas kalau gak mau ribet. Atau kamu dapat investasi saham dengan modal Rp 100 ribu.

Intinya, segera mulai berinvestasi dan jangan pernah menunda-nunda. Semakin menunda, semakin telat kamu menikmati utungnya.

Itulah tadi empat cara mengatur keuangan yang bisa bikin hidupmu bahagia. Jadi, kamu udah terapkan belum cara-cara tersebut dalam keuangan kamu? Kalau belum, terapkan deh sekarang. Selamat mencoba!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!