Pakai Cara-Cara Ini Kalau Gak Mau Hidup Selalu Dibayang-bayangi Utang

3 menit
Cara mengelola keuangan
Cara mengelola keuangan (Shutterstock)

Kondisi keuangan yang baik tergantung bagaimana cara kita mengelola keuangan. Kalau dikelola benar, dijamin gak akan membuatmu kekurangan uang. Lain cerita kalau pengelolaannya gak beres, kamu selalu berutang demi bisa memenuhi kebutuhan.

Punya utang sejujurnya gak mengenakkan. Pasalnya, keuangan setiap bulan akan terbebani karena harus membayar tagihan.

Akibatnya, banyak kebutuhan atau rencana yang gagal terwujud. Selain itu, membuat hidup gak tenang karena dibayang-bayangi utang.

Nah, buat kamu yang pengin jalani hidup tanpa utang, ikuti deh cara mengelola keuangan berikut ini. Dikutip dari Finimize, begini cara-caranya.

1. Masih punya utang? Fokus buat melunasinya

Fokus melunasi utang
Fokus melunasi utang

Jangan biarkan utang masih membayang-bayangi keuangan kamu. Fokuslah melunasi utang yang ada.

Kamu bisa menunda keperluan yang kurang penting demi fokus untuk melunasi utang. Kemudian, sisihkah 30 persen dari penghasilan bulanan untuk melunasi utang.

Semakin besar jumlah uang yang disisihkan, makin mempercepat pelunasan utang kamu. Asalkan kamu juga rela mengorbankan beberapa kebutuhan atau keperluan.

Kedisiplinan menjadi kunci cepat atau lambatnya pelunasan utang. Kamu bisa langsung menyisihkan penghasilan lalu menyetornya buat pembayaran utang begitu gajian. Dengan begitu, gak ada lagi cerita kelupaan bayar utang.

Baca juga: Pantes Susah Kaya! Ini 4 Biang Kerok yang Jadi Kendala Mengatur Keuangan  

2. Belanja dengan harga diskon

Belanja dengan harga diskon
Belanja dengan harga diskon

Harga diskon sering ditawarkan buat mereka yang menggunakan kartu kredit. Selain itu, bank terkadang menawarkan promo cashback bagi pengguna kartu kredit.

Dengan diskon atau cashback, tentu membuat pengeluaran jadi lebih hemat. Ditambah, riwayat kredit diberi skor kredit menjadi bagus. Asalkan tagihan kartu kredit selalu dibayar penuh atau full, dan gak pernah telat.

Pemakaian kartu kredit agar dapat menikmati diskon atau cashback bisa menjadi tips untuk kamu mengelola keuangan yang bagus. Apalagi, kalau tips ini dijalankan untuk belanja rutin bulanan, tiap bulan selalu berasa untungnya.

Baca juga: Tokcer Habis! Pakai Cara Ini Bikin Keuangan Pribadi Maksimal

3. Habiskan uang seperlunya saja

Habiskan uang seperlunya
Habiskan uang seperlunya

Setop kegemaran menghambur-hamburkan uang. Kamu harus membuat bujet, dan mematuhinya supaya pengeluaran lebih tepat dan berguna.

Hingga saat ini, masih ada aja yang belum mau bikin bujet keuangan. Gak heran kalau baru beberapa hari lalu terima gaji, uangnya udah habis.

Padahal, membuat bujet keuangan tidak sulit. Cukup memakai rumus 50/30/20, bujet yang kamu bikin sudah benar.

Alokasi 50 persen dari gaji buat kebutuhan rutin bulanan, 30 persen buat kebutuhan pribadi atau utang, dan 20 persen buat dana darurat atau investasi.

Menghabiskan uang sesuai bujet menghindarkan kamu dari pemborosan. Dengan begitu, kondisi keuangan kamu tetap sehat.

4. Mulai gunakan aplikasi pengatur keuangan

Aplikasi pengatur keuangan
Aplikasi pengatur keuangan

Adanya aplikasi pengatur keuangan bisa membantumu mengawasi uang yang dikeluarkan. Cukup memasukkan besaran penghasilan tiap bulan dan apa aja pengeluaran yang kamu lakukan.

Dari catatan pemasukan dan pengeluaran itulah kamu bisa tahu sampai di mana batas menggunakan uang. Bisa dibilang, adanya aplikasi pengatur keuangan bikin pengeluaran jadi terkontrol.

5. Manfaatkan dompet digital buat transaksi

Manfaatkan dompet digital
Manfaatkan dompet digital

Sekarang ini banyak dompet digital bermunculan. Sebut aja, Go-Pay atau Ovo yang penggunaannya begitu populer di tengah-tengah masyarakat.

Enaknya pakai dompet digital ini adalah, banyaknya promo yang ditawarkan. Kamu bisa menikmati diskon kalau bertransaksi dengan gunakan dompet digital.

Ditambah lagi kamu merasakan keuntungan efisiensi pembayaran karena penggunaan dompet digital. Hitung-hitung dengan dompet digital, kamu bisa hemat pengeluaran.

Nah, itu tadi cara-cara mengelola keuangan yang bisa kamu lakukan. Selama cara-cara tersebut dilakukan secara disiplin, kamu pasti gak bakal deh terdorong buat berutang.

Pasalnya, uang yang kamu miliki cukup buat memenuhi kebutuhan. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan