Begini Cara Mengelola Keuangan yang Sehat Menurut Financial Planner Mada Aryanugraha

4 menit
Cara Mengelola Keuangan untuk Milenial Ala Mada Aryanugraha.
Cara Mengelola Keuangan untuk Milenial Ala Mada Aryanugraha.

Untuk sebagian milenial tentu menemukan cara mengelola keuangan yang tepat bukanlah perkara mudah, apalagi untuk kamu yang sebelumnya gak pernah mengatur duit pribadi secara langsung. Seringkali isi rekening tiba-tiba menipis tanpa tahu kemana perginya aja.

Kejadian seperti itu bisa dipastikan juga pernah dialami oleh semua orang bahkan penasihat keuangan sekalipun lho. Seperti Mada Aryanugraha yang kini berprofesi sebagai financial planner sekaligus CEO dari portal website SiPundi yang memberikan informasi dan strategi kepada masyarakat mengenai industri keuangan.

Pria yang lahir pada tanggal 17 Maret 1984 di Bogor, Jawa Barat ini memiliki background kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti dan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi. Setelah lulus ia menggeluti bidang yang bisa dikatakan gak nyambung dengan pekerjaan yang dijalani sekarang ini.

“Dari sisi background pendidikan dan pengalaman kerja awal itu saya berada di bidang supply chain, lebih ke logistik. Bahkan saya setelah lulus langsung kerja di perusahaan minyak dan gas selama 4 tahun,” terangnya saat diwawancarai tim Moneysmart pada tanggal 26 Oktober 2019 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Namun setelah itu barulah Mada Aryanugraha mencoba untuk lebih mendalami tentang dengan dunia finansial dengan mengikuti beberapa pendidikan yang berkutik di bidang keuangan.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih cara mengelola keuangan yang tepat khususnya untuk para generasi milenial berikut ini:

1. Seimbangkan antara gaya hidup dan kemampuan

Cara mengelola keuangan
Gaya hidup mewah (Shutterstock).

Cara mengelola keuangan pertama yang paling penting dan mendasar adalah dengan mengetahui berapa pendapatan kamu dan seberapa banyak uang yang dikeluarkan untuk memenuhi gaya hidup sehari-hari.

Sebab pada kenyataannya masih banyak anak muda termasuk milenial yang sulit dalam mengatur keuangan karena semata-mata hanya pengin memenuhi gaya hidupnya yang tinggi. Selain karena hasrat dari diri sendiri, faktor eksternal seperti lingkungan juga berperan besar dalam ongkos kamu memenuhi gaya hidup.

Untuk itu perlu bagi kamu untuk mengetahui nih seberapa besar sih uang yang kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Jangan mudah tergoda belanja online shop

Cara mengelola keuangan
Belanja online (Shutterstock).

Masih berhubungan dengan cara mengelola keuangan nomor 1, selanjutnya kamu juga perlu membatasi pengeluaran belanja online shop yang belakangan ini melanda netizen.

Apalagi melihat perkembangan teknologi dan e-commerce yang semakin pesat. Walaupun banyak promo, diskon maupun cashback yang diberikan banyak perusahaan, perlu untuk kamu untuk gak gampang tergoda.

Karena kadang barang yang sebetulnya gak dibutuhkan terbeli hanya karena tergoda strategi marketing tersebut.

3. Boleh menggunakan kendaraan pribadi, asalkan…

Cara mengelola keuangan
Mengendarai mobil (Shutterstock).

Cara mengelola keuangan ketiga yang penting kamu perhatikan adalah jangan menggunakan kendaraan pribadi apabila jarak pulang-pergi dari rumah ke kantor setiap harinya lebih dari 40 Kilometer jauhnya.

Sebab kalau lebih dari angka tersebut maka udah gak efisien lagi memperhatikan dari sisi biaya bensin, perawatan hingga servis bulanan. Solusinya kamu bisa memanfaatkan transportasi umum seperti MRT, busway ataupun ojek online yang tentunya jauh lebih hemat karena gak perlu mengeluarkan bensin dan biaya servis kendaraan.

Tapi yang penting diketahui bahwa tips ini gak selalu berlaku dalam semua kondisi, kamu juga harus melihat faktor lainnya yang bisa mempengaruhi biaya secara keseluruhan ya.

4. Membedakan antara uang pribadi dan usaha

Cara mengelola keuangan
Tabungan (Shutterstock).

Banyak generasi milenial zaman sekarang memiliki hasrat untuk menjalankan bisnis. Namun keinginan yang positif tersebut kadang gak dibarengi dengan perencanaan keuangan yang matang.

Akibatnya uang pribadi habis dan bisnis juga gak berjalan sesuai harapan. Untuk mencegah hal itu kamu bisa mulai dengan memisahkan antara dana pribadi dengan kebutuhan operasional usaha.

Cara mengatur keuangan yang satu ini berguna agar uang yang udah dialokasikan gak berpindah ke salah satu tempat. Karena banyak kasus dimana milenial menggunakan salah satu anggaran untuk keperluan lainnya.

Kebiasaan seperti itu menyebabkan pengelolaan uang yang kurang sehat dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

5. Catat pengeluaran harian dan laporan keuangan

Cara mengelola keuangan
Rekening tabungan (Shutterstock).

Cara mengelola keuangan yang terakhir dari Mada Aryanugraha adalah dengan mencatat pengeluaran sehari-hari. Walaupun terdengar ribet, tapi hal ini bisa kamu lakukan dengan mendownload aplikasi yang ada di playstore maupun Appstore sehingga lebih memudahkan.

Gak lupa juga untuk selalu membuat laporan keuangan dalam periode tertentu supaya aliran uang jelas kemana perginya.

Nah itulah sedikit informasi tentang cara mengelola keuangan dari pakar penasihat financial Mada Aryanugraha. Dari kelima poin tersebut mana aja nih yang udah kamu terapkan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1